Saat itu karena Budget juga terbatas, sehingga mobil yang di dapat, kondisinya pas-pasan, bahkan mungkin memprihatinkan, spt: Interior berantakan, kondisi mobil yang kotor dan mulai keropos dibeberapa bagian. Namun apapun kondisinya keluarga saya tetap cinta terhadap mobil ini, pada akhirnya kami beri nama Noubita (Nouva Black Metalic). Mungkin ada yang nanya:
Q : Warnanyakan hitam Solid kok dibilang Hitam Metalic
A : Iya betul, kalau ada dana mau diganti jadi Hitam Metalic
Q : Terus 46 itu apa, umur kamu ya?
A : Sabar ya, setelah selesai restorasi, biar gambar yang berbicara... Hhihihihihi
Lanjuutt yaa..
Setelah sampai dirumah, mobil langsung masuk bengkel untuk Tune Up, ganti oli, kuras radiator, service AC, ganti shockbreaker (karena tll ceper), ganti Velg & Ban (biar lebih freshh), ganti jok dan pasang Power Steering. Setelah selesai mobil dipakai sehari-hari sekitar 2 bulan, dan selama pemakaian normal, ditemukan beberapa masalah yang sebelumnya tidak muncul, spt: air radiator sering kurang, konsumsi BBM yang boros, suhu mesin yang mudah naik, Fan radiator yang bekerja tidak standart, starting dan electrical system yang terkadang bermasalah.
Pada bulan Juni, dengan berbagai pertimbangan akhirnya Noubita siap masuk ruang operasi, yang pertama dipilih adalah operasi bagian mesin (Restorasi Step#1) dimana semua fungsi dan komponen akan dibuat Standart kembali. Karena masih pemula dan pertimbangan lainnya, sehingga belum berani untuk Swap Engine... hehehehe. Setelah dapat beberapa advise, akhirya Noubita dirawat oleh Mas Hery EF Garage di Jl. Gadang, Malang – Jatim.
And then, Restoration Step#1 begin:
Mandi dulu ya sebelum ke rumah sakit
![Happy :)](./images/smilies/1.gif)
Setelah turun mesin didapati beberapa komponen sudah aus, spt:
1. Pin, ring dan piston yang oblak dan sudah lecet
2. Rocker Arm kocak
3. Oli masuk ke ruang bakar
4. Clutch aus
5. Waterpump aus
6. Engine Mounting pecah.
7. Ada bagian chasis dan body yang crack/kropos
8. Selang/Hose Radiator beberapa sudah rusak
9. Karbuartor pecah dibagian pinggir
10. Dll
Setelah semua komponen komplit, engine dirakit kembali , . Engine siap diinstall kembali, tapi enginbay dan body sekitarnya, banyak yang keropos, sehingga sekalian di check dan diperbaiki bagian yang keropos. .
Waahh... panjang sekali ceritanya, yang baca pasti bosen ya... sedikit lagi selesai kok...wkwkwkwkw. Oh iya, sekedar berbagi ini saya cantumkan beberpa part yang saya ganti, mungkin bisa jadi referensi buat rekan-rekan yang membutuhkan estimasi budget jika mau turun mesin:
1. Ganti Liner/ Buring = Rp. 1.500.000 (jika kondisi liner tidak bias diselamatkan)
2. Piston + Ring = Rp. 1.700.000
3. Metal Jalan+Duduk = Rp. 435.000
4. Seal Cranks Shaft = Rp. 150.000
5. Seal Klep = Rp. 175.000
6. Gasket Calter = Rp. 50.000
7. Gasket Knalpot = Rp. 35.000
8. Water Pump = Rp. 350.000
9. Seal Noken As = Rp. 50.000
10. Timing Belt = Rp. 300.000
11. Mugen Radiator Hose Set = Rp. 750.000 (Optional)
12. Coil Blue Fire 90000 = Rp. 650.000 (Optional)
13. Kabel Busi Hurricane = Rp. 450.000 (Optional)
14. Busi Irridium = Rp. 450.000 (Optional)
Tidak ada perubahan signifikan yang dilakukan, hanya porting polish dan upgrade pengapian, yang lainnya spek standart.
Terima kasih atas kesempatan yang diberikan, sementara sekian dulu, para suhu pasti sudah ketiduran yaaa
![Sleepy i-)](./images/smilies/28.gif)