DIY mesin penyakit batuk2 di gc
Posted: Sun Feb 26, 2017 5:54 pm
sharing pengalaman nubi mengatasi penyakit gc yang sering batuk2 saat idle maupun jalan.
gejala : mesin batuk2 terutama saat di rpm rendah atau selesai pergantian gigi.
asumsi :
1. karbu bermasalah
2. pengapian ga bener.
3. suplai bbm tersendat.
karna ga nyaman dengan kondisi mesin yg terkadang muncul batuk2 akhirnya sy coba diy dan mencari titik masalah penyakit ini.
bagian belakang
1. sy mulai dengan mengganti filter bensin yang berada dibagian bawah tangki bbm (roda belakang kiri). test jalan beberapa hari penyakit masih muncul, tidak ada perubahan yg signifikan
2. lalu sy coba membersihkan karbu, dengan mencopot karbu seutuhnya dan dibersihkan dengan bensin dan carb cleaner. termasuk melakukan stell ulang karbu ( asupan bensin, posisi pelampung, dan spuyer angin). yakin bersih.. install kembali karbu ke tempatnya. coba jalan lagi beberapa hari.. hasilnya masih sama, batuk2 belum sembuh ditambah dengan seringnya cop busi terlepas.. duuhhh
3. cop busi sering terlepas yg mengakibatkan mesin jadi pincang dan sangat tidak nyaman. coba benerin socket busi dikecilin pakai tank berharap dpt memegang lebih kiat, tapi hasilnya nihil.. tanya sana sini akhirnya sy ganti busi tersebut dgn yang baru (k20pu). alhasil cop tidak terlepas lagi problem ini solved.
4. skalian ganti busi.. ya sekalian deh cek juga apakah semua busi mengeluarkan api yg baik, hasilnya ok. ke 4 busi berfungsi dengan baik.
5. test jalan 1 minggu, batuk masih belum sembuh juga.... pusing betmen.
6. seminggu lewat akhirnya sy coba untuk diy refresing delco, sebagai sumber pengapian.
a. bongkar cover delco
b. terlihat ada rembesan oli sedikit dari bagian dalam delco.
c. sy putuskan untuk melepas delco seutuhnya sekalian membersihkan & mencari sumber masalah masuknya oli kedalam delco.
d. terlihat rotor yg banyak jelaga hitam, sy amplas halus pakai amplas ukuran 800 sampai kuningan rotor terlihat bersih dr kotoran, dan amplas juga ke 4 pin yg menempel di cover delco. e. lanjut ke bagian belakang delco, sepertinya oli rembes masuk dr seal karet delco yg sudah mulai kendur akibat usia, karna blm ada pengganti sealnya, sy tambahin bagian seal tersebut dan bagian as delco dengan solatip pipa untuk mencegah rembesan oli dan memperkecil celah as. f. atur jarak magnet didalam delco, berhubung ga punya flyer gauge, sy menggunakan bilah pisau cutterbyg kecil untuk menjaga gap saat mengencangkan baut dengan obeng +. g. pasang kembali rotor.
h. pasang kebali delco yg sudah dibersihkan.
I. pasang kembali cover delco, dengan memastikan karetnya terpasang dgn baik.
j. selesai
7. test nyalain mesin, alhamdulillah batuknya sembuh.
maaf kalo tulisannya berantakan. semoga bermanfaat.
poto2 menyusul ya om.. ga semua terdokumentasi hehehe
bravo grandcivic.com
gejala : mesin batuk2 terutama saat di rpm rendah atau selesai pergantian gigi.
asumsi :
1. karbu bermasalah
2. pengapian ga bener.
3. suplai bbm tersendat.
karna ga nyaman dengan kondisi mesin yg terkadang muncul batuk2 akhirnya sy coba diy dan mencari titik masalah penyakit ini.
bagian belakang
1. sy mulai dengan mengganti filter bensin yang berada dibagian bawah tangki bbm (roda belakang kiri). test jalan beberapa hari penyakit masih muncul, tidak ada perubahan yg signifikan
2. lalu sy coba membersihkan karbu, dengan mencopot karbu seutuhnya dan dibersihkan dengan bensin dan carb cleaner. termasuk melakukan stell ulang karbu ( asupan bensin, posisi pelampung, dan spuyer angin). yakin bersih.. install kembali karbu ke tempatnya. coba jalan lagi beberapa hari.. hasilnya masih sama, batuk2 belum sembuh ditambah dengan seringnya cop busi terlepas.. duuhhh
3. cop busi sering terlepas yg mengakibatkan mesin jadi pincang dan sangat tidak nyaman. coba benerin socket busi dikecilin pakai tank berharap dpt memegang lebih kiat, tapi hasilnya nihil.. tanya sana sini akhirnya sy ganti busi tersebut dgn yang baru (k20pu). alhasil cop tidak terlepas lagi problem ini solved.
4. skalian ganti busi.. ya sekalian deh cek juga apakah semua busi mengeluarkan api yg baik, hasilnya ok. ke 4 busi berfungsi dengan baik.
5. test jalan 1 minggu, batuk masih belum sembuh juga.... pusing betmen.
6. seminggu lewat akhirnya sy coba untuk diy refresing delco, sebagai sumber pengapian.
a. bongkar cover delco
b. terlihat ada rembesan oli sedikit dari bagian dalam delco.
c. sy putuskan untuk melepas delco seutuhnya sekalian membersihkan & mencari sumber masalah masuknya oli kedalam delco.
d. terlihat rotor yg banyak jelaga hitam, sy amplas halus pakai amplas ukuran 800 sampai kuningan rotor terlihat bersih dr kotoran, dan amplas juga ke 4 pin yg menempel di cover delco. e. lanjut ke bagian belakang delco, sepertinya oli rembes masuk dr seal karet delco yg sudah mulai kendur akibat usia, karna blm ada pengganti sealnya, sy tambahin bagian seal tersebut dan bagian as delco dengan solatip pipa untuk mencegah rembesan oli dan memperkecil celah as. f. atur jarak magnet didalam delco, berhubung ga punya flyer gauge, sy menggunakan bilah pisau cutterbyg kecil untuk menjaga gap saat mengencangkan baut dengan obeng +. g. pasang kembali rotor.
h. pasang kebali delco yg sudah dibersihkan.
I. pasang kembali cover delco, dengan memastikan karetnya terpasang dgn baik.
j. selesai
7. test nyalain mesin, alhamdulillah batuknya sembuh.
maaf kalo tulisannya berantakan. semoga bermanfaat.
poto2 menyusul ya om.. ga semua terdokumentasi hehehe
bravo grandcivic.com