D.I.Y bikin kabel busi hand made euy....

share about anything that you do-it-yourself...
Post Reply
User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

D.I.Y bikin kabel busi hand made euy....

Post by saitama » Thu Jul 03, 2008 2:27 am

siap2 nieh buat yang pengen bikin kabel busi dengan resistansi hampir 0 ohm hayooo bisa ngalahin kabel busi after market lho yaaaa

pertama bahan2 yang di perlukan :
- kabel busi std ( harus tega n lebih baik punya cadangan kalo dalam proses ada kesalahan ataw kurang sempurna bisa pake yang cadangan )

Image

- kabel power audio ukuran 8 AWG sepanjang 5 meter

Image

- siapin kabel ties ukuran paling kecil 10 biji
- obeng minus kecil
- tang potong
- cutter
- oli secukupnya ataw WD40 ( buat ngelumasin selang )

nah sekarang proses pengerjaan nya niehh
- bongkar kabel orinya sampe jadi kayak gini

Image

Image

- jangan lupa setelah kabel ori di lepas, potong kabel audio sepanjang kabel ori tapi di lebih kan sedikit sekitar 2 cm
- selang juga juga di potong seukuran kabel audio yang udah di potong tapi di kurangi 1 cm
- dengan tujuan selang ga kepanjangen pas di pasang di cop businya jadi selang bisa masuk ke dalam cop busi nya
- kabel audio dimasukkan ke dalam selang yang udah di beri pelumas biar lancaarr mak sluuuuttt hehehehehe.....
- kayak gini nieehh contonyaa....

Image

rapi kaann

- kalo udah di potong2 semua kabelnya sekarang pasang skun panjang dulu buat yang di cop busi
- kalo yang untuk skun cop busi udah ke pasang baru bikin yang untuk cop delco tujuannya biar gampang masukin selangnya ( jangan kebalik ntar susah pasang sealng nya )

( maap gambarnya kehapus ntar kalo udah tak poto lagi tak tambahin gambarnya yaaa maaapppp :D :D :mrgreen: :mrgreen: )

intinya kabel masukin dulu ke cop busi yang panjang tuh trus baru kabel dari lubang yang nancep ke busi di kupas dikit ujung nya trus di pasang skun nya trus buat masukin nya di dorong pake busi n dari sisi satunya di tarik pake tang

- kalo udah baru masukan selang trus selang masukkan ke dalem karet cop busi trus sisa selang di potong sekitar 1,5 jari jadi kabel audio keluar dari selang nya kalo kabel udah keluar dari selang kupas dikit ujung nya trus di kasih skun yang untuk cop delco

Image

Image

nah tuh kan kabelnya udah ada di dalemnya selang kaan
- kalo skun untuk delco udah kepasang, cop delco nya di kasih pelumas dikit biar gampang masukin selang n kabelnya

Image

- nah setelah itu masukan kabel yang udah di pasang skunnya untuk cop delco

Image

- tarik dari depan dorong dari belakang terus kalo udah selesai n kabel udah keluar dari cop delconya baru di kabel ties pas bagian yang ada selang nya

Image

maap nieh pas dapet proyek mobil prestige jadi model cop busi nya sama GC beda tapi intinya sama
Image

naaahh udah jadi deeehhh tinggal di pasang ke mobil n rasakan bedanya

kalo pake koil luar silahkan bikin 1 kabel lagi buat koil nya cara nya sama juga kok

masalah poto yang ga ada ntar menyusul yaaa maapin yaaaaaa

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: D.I.Y bikin kabel busi hand made euy....

Post by saitama » Thu Jul 03, 2008 3:10 am

komen are welkam lhoo silahkan di kritik n di kasih saran yaaa

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1527
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: D.I.Y bikin kabel busi hand made euy....

Post by pauluspaska » Thu Jul 03, 2008 10:01 am

Wah Keren Om..mau ikutan ah... :idea:
Tapi mau tanya dulu nih:

1. Yand disebut "Selang" itu selang apaan Om? pan gak disebutin ada "selang" diperalatan dan bahan...

2. Kalau dilihat dari gambar, Selang bernylon itu seperti selang air ya....

Image

3. Kabel busi yang lama yang telah dipotong gak dipake lagi kan? gak dioprek gitu...kabel busi yang lama kan cuma mau ambil konektornya aja gitu?

Image

Jadi yang perlu diperhatiin waktu pasang kabel Audio itu waktu pasang konektornya kan? ada yang lain?

4. Waktu motong kabel busi dari konektornya, pan ada kawat yang ketinggalan di konektornya itu ya?....gimana ngluarinnya?

5. Waktu pasang kabel Audio ke konektor busi perlu di pres (teken) pake tang gitu gak?

Wah kok jadi banyak gini petanyaannya ya?....maklum very interested niy...
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
dhemilencok
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 826
Joined: Thu May 22, 2008 7:19 pm
Location: naek angkot 1 kali turun depan rumah
Contact:

Re: D.I.Y bikin kabel busi hand made euy....

Post by dhemilencok » Thu Jul 03, 2008 12:40 pm

om,
1. bongkar kabel busi orinya di apain??di congkel sambil ditarik2 pake kabel minus, atau di apain??

2. seandainya ga pake selang gimana om??

3.emang resistansinya brp ohm??

4. trus awet ga ya omm??

5. kabel audio 1 meter brp om??
Image Image Image

User avatar
badooy
Site Admin
Site Admin
Posts: 10093
Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
Contact:

Re: D.I.Y bikin kabel busi hand made euy....

Post by badooy » Thu Jul 03, 2008 2:02 pm

nice post om angga...
just comment:

1. gak di seal tuh sambungan karet2na?

2. dites kebocorannya gak? pake test pen aja deketin saat on..

User avatar
adeindra
Site Admin
Site Admin
Posts: 13967
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: D.I.Y bikin kabel busi hand made euy....

Post by adeindra » Thu Jul 03, 2008 7:47 pm

hihihihi....itu yang bikin kabel busi apa kaga ngerasa digerecokin ye? dikit2 dipoto...
salut om...
btw...sama pertanyaan ama dhemil...itu kabel audio yang harganya berapa? jangan2 jatuhnya mahal juga....

User avatar
dhemilencok
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 826
Joined: Thu May 22, 2008 7:19 pm
Location: naek angkot 1 kali turun depan rumah
Contact:

Re: D.I.Y bikin kabel busi hand made euy....

Post by dhemilencok » Thu Jul 03, 2008 8:02 pm

adeindra wrote:hihihihi....itu yang bikin kabel busi apa kaga ngerasa digerecokin ye? dikit2 dipoto...
salut om...
btw...sama pertanyaan ama dhemil...itu kabel audio yang harganya berapa? jangan2 jatuhnya mahal juga....
ahahaha.... kembali ke haaarrgggaaaaaaa....hauhauha..... emang kantong mahasiswa ga tebel, ya ga om ade??hehehe.... eh itu tutup delko gimana??
Image Image Image

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: D.I.Y bikin kabel busi hand made euy....

Post by saitama » Thu Jul 03, 2008 10:41 pm

pauluspaska wrote:Wah Keren Om..mau ikutan ah... :idea:
Tapi mau tanya dulu nih:

1. Yand disebut "Selang" itu selang apaan Om? pan gak disebutin ada "selang" diperalatan dan bahan...

2. Kalau dilihat dari gambar, Selang bernylon itu seperti selang air ya....

Image

3. Kabel busi yang lama yang telah dipotong gak dipake lagi kan? gak dioprek gitu...kabel busi yang lama kan cuma mau ambil konektornya aja gitu?

Image

Jadi yang perlu diperhatiin waktu pasang kabel Audio itu waktu pasang konektornya kan? ada yang lain?

4. Waktu motong kabel busi dari konektornya, pan ada kawat yang ketinggalan di konektornya itu ya?....gimana ngluarinnya?

5. Waktu pasang kabel Audio ke konektor busi perlu di pres (teken) pake tang gitu gak?

Wah kok jadi banyak gini petanyaannya ya?....maklum very interested niy...

jawaban nyaaa ( kok kayak ujian aja yaa )
1. & 2. yup itu pake selang air yang ada nylon nya harga per meter 3500 rupiah doang
- alasan pake selang itu karena dia punya lapisan 3 lapis jadi tingkat ketahan isolatornya udah bener2 bisa di andelin insya allah di jamin ga bocor
- total lapisan isolator ada 4 lapis
1 lapisan karet dari kabel audionya
2 lapisan karet dari selang nya ( yang paling dalem )
3 lapisan nylon ( nih yang bagus )
4 lapisan karet dari selang terluar ( paling tebel n lumayan kaku )
gitu jadi insya allah amaann jayaaa udah pernah di tes pas mesin nyala tak pegang pake tangan gpp kok

3. & 4. kabel busi yang lama jangan di potong ntar susah buat ngeluarin kuningannya caranya ya di cukitin pelan2 sampe kabel yang lama bisa di lepas broo jadi kuningan bisa di pake lagi, bener banget yang perlu di perhatikan tuh waktu pasan kabel audio ke konektor harus rapet banget oya kabel audio nya jangan lupa di kupas dikti yaa trus di tekuk n nempel di konektornya yang bagian bawah ( bukan yang penjepit nya yang posisi ada di atas )

5. perlu bangeet kalo ga di teken gimana bisa masuk algi se rumah cop nyaa harus di teken terus sampe ngejepit banget trus di masukin pokoknya tandanya kalo yang di cop busi udah bener tuh yaa dorong masuk ke dalem cop nya pake busi harus masuk sampe pas di bautan nya kalo ga salah ujung cop busi sampe di bates stgh cm dari bautan businya

gituuuu silahkan di coba broo

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: D.I.Y bikin kabel busi hand made euy....

Post by saitama » Thu Jul 03, 2008 10:51 pm

dhemilencok wrote:om,
1. bongkar kabel busi orinya di apain??di congkel sambil ditarik2 pake kabel minus, atau di apain??

2. seandainya ga pake selang gimana om??

3.emang resistansinya brp ohm??

4. trus awet ga ya omm??

5. kabel audio 1 meter brp om??
1. yupp di congkel sambil di tarik pokoknya jangan sampu pecah karetn cop nya n cop businya yang panjang itu nariknya dari karet yang nancep di cop busi ya jangan yang nancep di kabel

2. harus pake selang coz selang itu buat isolatornya

3. resistansi terakhir seinget q antar 0 - 3 kilo ohm

4. kalo masalah awet ga nya insya allah sih awet selama ga di potong hehehehe... makanya kabelnya di panjangin dikit biar ga terlalu cekak ntar takut ketarik2

5. kabel audio semeter sekitar 10 rb - 15 rb jangan beli yang harga di abwah itu coz kualitas kabelnya jelek , kalo bisa cari yang mereknya sound stream , coz penampang luarnya bulat jadi lebih gampang di masukin ke dalam selang, kalo terlanjur beli yang penampang nya ga bulat berarti harus sedikit extra tenaga buat masukin kabel ke dalam selang n sebaiknya selang di kasih pelumas lebih banyak biar lebih licin

selang jangan beli yang besar harus yang ukuran segituu kalo lebih besar ntar ga masuk ke dalem karet nya cop delko n karetnya cop busi

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: D.I.Y bikin kabel busi hand made euy....

Post by saitama » Thu Jul 03, 2008 10:54 pm

baduy001 wrote:nice post om angga...
just comment:

1. gak di seal tuh sambungan karet2na?

2. dites kebocorannya gak? pake test pen aja deketin saat on..
1. nopeee, ga perlu pake seal, cuma sarat nya selang harus masuk ke dalam karet nya

2. insya allah ga bocor oom udah banyak tuh yang pake n ga ada masalah bocor

Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest