D.I.Y bikin kabel busi hand made euy....
- dhemilencok
- GC Enthusiast
- Posts: 826
- Joined: Thu May 22, 2008 7:19 pm
- Location: naek angkot 1 kali turun depan rumah
- Contact:
- saitama
- GC Whore
- Posts: 4056
- Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
- Location: AKDP Surabaya-Madiun
- Contact:
Re: D.I.Y bikin kabel busi hand made euy....
nah makanya itu kalo di masukan ke negatif cdi yang ke negatif koil kan listriknya semakin lama semakin besar tooh sedangkan kalo positif nya cdi yang ke positif koil kan listriknya konstan stabil tetep sama 12 volt tapi kalo langsung dari cdi ke koil tuh kan resistansi nya besar jadi ampere yang masuk ke koil kecil kalo di cangkok pake relay kan kasarannya jalur yang dari cdi cuma buat saklar nyalain relay aja sedangkan listriknya masuk langsung dari akionta wrote:nah klo rpm tinggi perintah cdi jd tambah cepet, ntu relay apa ga jebol klo digeber 7000rpm??
logika 10 mobil jalan barengan di jalan dalam kota sama 10 mobil jalan barengan di jalan tol kan lebih lancar n lebih cepet lewat jalan tol toohh nah relay tuh sebagai besarnya jalan tol gituuu
Re: D.I.Y bikin kabel busi hand made euy....
kok jadi tambah bingung
sebenernya yg ditriger ama cdi tuh negatifnya apa positifnya???
listrik negatif kok bisa tambah besar??
Kan kerjanya cdi cm on off sesuai TMA piston, klo 4 piston brarti satu rotasi crankshaft, 4 kali perintah on off.
lah klo 7000rpm, berarti ada 7000x4 kerja relay on off dalam semenit.
Apa relay di desain sampe segitu???
titik kontaknya lama2 bisa abis, jadinya mirip kerjanya pengapian model platina.
bener gitu ga yah?
sebenernya yg ditriger ama cdi tuh negatifnya apa positifnya???
listrik negatif kok bisa tambah besar??
Kan kerjanya cdi cm on off sesuai TMA piston, klo 4 piston brarti satu rotasi crankshaft, 4 kali perintah on off.
lah klo 7000rpm, berarti ada 7000x4 kerja relay on off dalam semenit.
Apa relay di desain sampe segitu???
titik kontaknya lama2 bisa abis, jadinya mirip kerjanya pengapian model platina.
bener gitu ga yah?
- saitama
- GC Whore
- Posts: 4056
- Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
- Location: AKDP Surabaya-Madiun
- Contact:
Re: D.I.Y bikin kabel busi hand made euy....
hayoooo pasti binun yaaaaaaa
gini aja coba ndiri di tes jadi biar yakin ambil tespen yang ada lampunya trus lepas soket yang nyambung ke delcomodel bulet panjang nah tuh kan ada 2 kabel kamu cek aja pasang tes pen ke negatif aki trus ujung satunya di colokin ke salah satu kabel delco tadi lihat mana yang nyala
oya jngan lupa tuh harsu kondisi di kontak lho yaa
pada saat lampu di tespen nyala tuh berarti positipnya cdi
kalo udah sekarang pindah kabelnya yang di negatif aki pindahin ke positif aki terus kabel yang di solokin ke soket delco tadi di pindahin ke sisi laennya nah kalo ga nyala coba suruh 1 orang untuk nyetater mobil perhatikan pada saat di stater lampu di tespen bakal nyala ngikutin putara mesin
nah tuh berarti negatif cdi, gini yaaa sebenarnya dari cdi/platina masuk ke koil tuh arus nya searah positp cdi ke positip koil, negatip cdi ke negatip koil gituu
gimanaaa.... apa ada yang masih di binunkan
oya itu bukan 4 kali perintah on off, tapi 4 kali momentum ledakan dia selalu on terus tapi besaran ledakan tuh tergantung dari banyaknya putaran
pengen nge cek jugaa
giniiii pas posisi mesin nyala copot salah satu cop busi dari businya langsung tarik aja ingat pake sandal ataw sepatu n tangan pake sarung tangan langsung tarik aja gpp kok tapi jangan terlalu tinggi cukup lepas n bisa denger suara loncatan listriknya trus di gas ntar pasti suara loncatan listriknya lebih cepet tapi jumlah listrik yang loncat tuh tetep sama gituuuu
besarnya jumlah listrik yang keluar bisa di cek dari kabel busi di copot trus di arahin ke ground body ntar keliatan deeeh seberapa besar listrikya koil nah semakin besar listriknya maka kemampuan membakar bahan bakar akan semakin baik kalo listrik udah besar maka gap kerenggangan busi bisa di renggangkan lagi maksimal 2 mili gituuuuu
gini aja coba ndiri di tes jadi biar yakin ambil tespen yang ada lampunya trus lepas soket yang nyambung ke delcomodel bulet panjang nah tuh kan ada 2 kabel kamu cek aja pasang tes pen ke negatif aki trus ujung satunya di colokin ke salah satu kabel delco tadi lihat mana yang nyala
oya jngan lupa tuh harsu kondisi di kontak lho yaa
pada saat lampu di tespen nyala tuh berarti positipnya cdi
kalo udah sekarang pindah kabelnya yang di negatif aki pindahin ke positif aki terus kabel yang di solokin ke soket delco tadi di pindahin ke sisi laennya nah kalo ga nyala coba suruh 1 orang untuk nyetater mobil perhatikan pada saat di stater lampu di tespen bakal nyala ngikutin putara mesin
nah tuh berarti negatif cdi, gini yaaa sebenarnya dari cdi/platina masuk ke koil tuh arus nya searah positp cdi ke positip koil, negatip cdi ke negatip koil gituu
gimanaaa.... apa ada yang masih di binunkan
oya itu bukan 4 kali perintah on off, tapi 4 kali momentum ledakan dia selalu on terus tapi besaran ledakan tuh tergantung dari banyaknya putaran
pengen nge cek jugaa
giniiii pas posisi mesin nyala copot salah satu cop busi dari businya langsung tarik aja ingat pake sandal ataw sepatu n tangan pake sarung tangan langsung tarik aja gpp kok tapi jangan terlalu tinggi cukup lepas n bisa denger suara loncatan listriknya trus di gas ntar pasti suara loncatan listriknya lebih cepet tapi jumlah listrik yang loncat tuh tetep sama gituuuu
besarnya jumlah listrik yang keluar bisa di cek dari kabel busi di copot trus di arahin ke ground body ntar keliatan deeeh seberapa besar listrikya koil nah semakin besar listriknya maka kemampuan membakar bahan bakar akan semakin baik kalo listrik udah besar maka gap kerenggangan busi bisa di renggangkan lagi maksimal 2 mili gituuuuu
- saitama
- GC Whore
- Posts: 4056
- Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
- Location: AKDP Surabaya-Madiun
- Contact:
Re: D.I.Y bikin kabel busi hand made euy....
relay tuh tuh tujuannya cuma sebagai pengmesar arus positip dalam koil aja kok kalo dari kabel aslinya delco kan kecil jadi arus yang keluar juga kecil sesuai dengan std mobil kalo di doping pake relay jadi lebih gede arus nya 1 relay arus nya 30A
untuk mobil std pake 1 relay ajah udah cukup kok kalo mau extreme ya max 4 relay jangan lebih nyoba nya bertahap yaaa biar tau hasil perbedaan nya oya efek relay tuh baru kerasa di rpm mulai 3500 keatas
untuk mobil std pake 1 relay ajah udah cukup kok kalo mau extreme ya max 4 relay jangan lebih nyoba nya bertahap yaaa biar tau hasil perbedaan nya oya efek relay tuh baru kerasa di rpm mulai 3500 keatas
Re: D.I.Y bikin kabel busi hand made euy....
ternyata eh salah persepsi.
relay dipasang sebelum delco ya?
kirain dipasang after CDI sebelum coil.
Pantesan klo dipikir2 kok malah mundur hehehehe.
Ok bos, entar diterapin.
tararengkyu
relay dipasang sebelum delco ya?
kirain dipasang after CDI sebelum coil.
Pantesan klo dipikir2 kok malah mundur hehehehe.
Ok bos, entar diterapin.
tararengkyu
- saitama
- GC Whore
- Posts: 4056
- Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
- Location: AKDP Surabaya-Madiun
- Contact:
Re: D.I.Y bikin kabel busi hand made euy....
om ontaaaa.....
ralaatttt....
relay di pasang after cdi sebelum coil tapi cuma di kutub plus nya ajah kutub minus nya jangan yaaaa
ralaatttt....
relay di pasang after cdi sebelum coil tapi cuma di kutub plus nya ajah kutub minus nya jangan yaaaa
Re: D.I.Y bikin kabel busi hand made euy....
lho salah lagi
kabel yg kuning item ??
kabel yg kuning item ??
- dhemilencok
- GC Enthusiast
- Posts: 826
- Joined: Thu May 22, 2008 7:19 pm
- Location: naek angkot 1 kali turun depan rumah
- Contact:
- saitama
- GC Whore
- Posts: 4056
- Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
- Location: AKDP Surabaya-Madiun
- Contact:
Re: D.I.Y bikin kabel busi hand made euy....
bukan oomm
buka deh tutup delco disitu ada cdi sama koil kan
nah kabel positip yang dari cdi ke koil itu yang di kasih relay
kenapa harus kabel positip karena kabel positip arus listriknya stabil ga mungkin naik ataw turun
buka deh tutup delco disitu ada cdi sama koil kan
nah kabel positip yang dari cdi ke koil itu yang di kasih relay
kenapa harus kabel positip karena kabel positip arus listriknya stabil ga mungkin naik ataw turun