DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

share about anything that you do-it-yourself...
User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Post by pauluspaska » Wed Nov 26, 2008 9:56 am

Untuk mendiagnosa mesin dan menyekolahkan kaki kanan ada cara yang lumayan efektif dan murah yaitu memasang vacuum meter di intake manipol.

Untuk diagnosa mesin nanti saya siapkan parameternya, sedangkan untuk sekolah kaki kanan maksudnya supaya kita bisa belajar irit secara alamiah dengan menjaga kevacuuman mesin terhadap bukaan throtle/gas, yang artinya kaki kanan kudu sekolah gitu.

1. SIAPKAN VACUUM METER
merek terserah, bisa pakai AUTO GAUGE, kisaran Rp. 250 K
Vacuum.jpg
2. PIPA CABANG BAWAAN VACUUM DIPASANG DENGAN MEMOTONG SALAH SATU SELANG VACUUM.

pipa ini kudu dipasang sebab dia yang mengontrol jarum penunjuk, jika tidak jarum akan bergerak cepat bolak-balik, jadi kita tidak bisa dapat good reading.

Cabang pipa yang mengontrol jarum adalah cabang yang mempunyai lubang kecil, saya sambungkan pakai selang bawaan vacuum itu ke alat penunjuk.
DSC00126.JPG
DSC00128.JPG
PARAMETER VACUUM
1. IDLE
Idle yang baik itu berkisar di 17 inHg. kalau ketinggian atau kerendahan coba periksa settingan timing, karbu, dan businya...

2. BERKENDARA

- kalau bisa menjaga vacuum diatas 15 inHg waktu berkendara, kita bisa ngirit banget. cruising bisa 17 inHg in ngirit banget!!

- 10 - 15 InHg ini dikatakan sebagai normal, biasanya kalau AC nyala ada dikisaran ini.

- di bawah 10 inHg kaki kanan kudu digampar tuh....boros....

Saat berkendara usahakan waktu mulai maju untuk mencapai kecepatan yang diinginkan dengan tidak terlalu terburu-buru, ini bisa kelihatan di meter. Kalau kaki kanan perlahan-lahan menginjak pedal gas, vacuum meter akan menunjukan pembacaan yang justru malah gak turun tapi naik. Berbeda kalau pedal mendadak dihajar habis, vacuum malah drop ke angka 3 InHg.

Ini tandanya katup karbu terbuka lebar, tekanan di dalam silinder dan di udara terbuka hampir sama, artinya bensin ngocor dahsyat!.

Kalau vacuum menunjukkan angka tinggi artinya katup karbu hanya terbuka sedikit sehingga bensin gak ngocor banyak.

Nanti dilanjut kembali ya....back to work dulu.

Lihat variasi penunjukan vacuum di bawah ini. Lihat RPM dan kecepatan.

A. Diam
DSC00131.JPG
B. IDLE (DINGIN)
DSC00132.JPG
C. JALAN
DSC00134.JPG
DSC00133.JPG
DIAGNOSA MESIN DENGAN VACUUM DIAMBIL DARI AUTOSPEED.COM.AU

Normal Engine at Idle
When the engine is healthy and working correctly, at idle the needle of the gauge should be steady and within the range of 17 – 22 inches of mercury.
Normal.jpg
Normal Engine when Throttle Snapped Open and Closed
Vacuum should drop to 3 and then momentarily climb to 25 – 28 before settling back at the previous value. This indicates that the valves and rings are OK.
Normal - snap.jpg
Poor Rings or Oil at Idle
The needle will be steady but the reading will be lower than normal.
rings.jpg
Poor Rings or Oil when Throttle Snapped Open and Closed
Vacuum will drop to near zero and then momentarily climb to about 22 before settling back to previous value.
rings -snap.jpg
Sticky Valve
The needle will drop occasionally about 4 inches of mercury from its normal idling reading.
Sticky valve.jpg
Burnt Valve
The needle will regularly drop by a greater amount than with a sticky valve – eg 6 inches of mercury.
Burnt.jpg
Leaky Valve
The needle rapidly drops two or more inches each time the valve should be closed. May also indicate a misfire.
Leaky.jpg

Loose Valve Guides

Fast vibration of the needle between 14 and 19 inches of mercury.
Loose.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by pauluspaska on Thu Nov 27, 2008 9:29 am, edited 3 times in total.
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
bisatyo
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 829
Joined: Tue Jul 08, 2008 1:08 pm
Location: Yogyakarta - Jakarta
Contact:

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Post by bisatyo » Wed Nov 26, 2008 10:06 am

manstab,, :D
klo ngikutin 17 InHg trus bs brp tu FC-na om,?

btw, speedony om PPP kok ada indikator posisi tuas matik y,? punya ane gak ada,, ntu uda diganti ato emank aslinya,? ato jgn2 beda tahun speedony beda y khusus matic,?

maap OOT :oops: :oops:

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Post by meneer » Wed Nov 26, 2008 12:14 pm

pinjem om vacuummeternya :D
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
arie aja
GC Lover
GC Lover
Posts: 222
Joined: Tue Jul 22, 2008 1:27 pm

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Post by arie aja » Wed Nov 26, 2008 12:50 pm

buat mesin injection bisa gak?

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Post by pauluspaska » Wed Nov 26, 2008 1:19 pm

bisatyo wrote:manstab,, :D
klo ngikutin 17 InHg trus bs brp tu FC-na om,?

btw, speedony om PPP kok ada indikator posisi tuas matik y,? punya ane gak ada,, ntu uda diganti ato emank aslinya,? ato jgn2 beda tahun speedony beda y khusus matic,?

maap OOT :oops: :oops:
Itu bawaan IDM om...Indonesian Domestik Market

FC tergantung mesin sodare-sodare....tapi akan lebih baik daripada kaki kanan gak kenal aturan hehehehe :shock:
Last edited by pauluspaska on Wed Nov 26, 2008 1:38 pm, edited 1 time in total.
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Post by pauluspaska » Wed Nov 26, 2008 1:35 pm

meneer wrote:pinjem om vacuummeternya :D
Buat mengukur kekuatan 'sedotan' ya Nyah?.... :mrgreen:
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Post by pauluspaska » Wed Nov 26, 2008 1:37 pm

arie aja wrote:buat mesin injection bisa gak?
Bisa aja Om Arie...yang penting ada selang vacuum di throtle body, dicabang ke meter ini.
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
bisatyo
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 829
Joined: Tue Jul 08, 2008 1:08 pm
Location: Yogyakarta - Jakarta
Contact:

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Post by bisatyo » Wed Nov 26, 2008 1:45 pm

pauluspaska wrote:
Itu bawaan IDM om...Indonesian Domestik Market

FC tergantung mesin sodare-sodare....tapi akan lebih baik daripada kaki kanan gak kenal aturan hehehehe :shock:
klo dulu pas sebelum pke HHO n kaki kanan kagak sekolah FC dalkot brpaan om,?

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Post by onta » Wed Nov 26, 2008 1:51 pm

Mumpung ada gambarnya, mo tanya klo strip rpm sebelum angka 1 itu nunjukin berapa sih???
500rpm apa 750rpm sesuai spek??

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Post by meneer » Wed Nov 26, 2008 4:59 pm

pauluspaska wrote:
Buat mengukur kekuatan 'sedotan' ya Nyah?.... :mrgreen:
ya...ya...sedotan vacuum dual carb :P :mrgreen:
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

Post Reply