adeindra wrote:mmaaf jadi OOT.... kenapa dicabut om? jadi penasaran.
![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)
apa ada hubungannya dengan pake head vtec di blok yang awalnya non vtec ya?
krn utk semua blok mesin seri D yg non-VTEC mau diconvert mnjadi VTEC, supaya VTEC bisa bekerja secara ideal spt menggunakan blok mesin yg memang didesign dgn vtec head, oil jet di antara cyilinder 2 & 3 harus dilepas, krn ini vital, kl oil jet ngga dilepas, VTEC ngga akan kerja, kalo pun misalnya kerja krn solenoid udah buka salurannya supaya oli naek ke chamber vtecnya bisa membuat VTEC terlambat bekerjanya, misalnya harusnya VTEC engaged di rpm 4800, mungkin baru di rpm 7500 VTECnya engaged, kenapa?
karena pada saat soleniod hidup, utk VTEC kerja, butuh tekanan oli minimal 60 psi di chamber vtecnya, pada head P08 dirancang di sekitaran rpm 4600 tekanan oli sudah mencapai min 60 psi, pada saat ECU memerintah solenoid hidup di rpm 4800 maka VTEC otomatis engaged, pada blok mesin seri D non-vtec oil jet harus dibuka spy menghasilkan tekanan oli yg tinggi di range rpm 4600-4800 saat seharusnya VTEC kicked-in spt pada mesin D16Z6 asli bawaan P08nya..
penyebab2 VTEC ngga kerja ato terlambat kerja pada modifikasi mini-me swap:
1. Solenoid ngga kerja
2. Putaran mesin ngga menghasilkan tekanan oli utk vtec dapat bekerja
3. Oli mesin kurang
4. Oil jet tidak dibuka yg menyebabkan putaran mesin tidak menghasilkan tekanan oli yg ideal pada vtec chamber di rpm yg seharusnya VTEC kicked in.
sumber:
http://www.4guk.co.uk/viewtopic.php?t=17211
http://www.angelfire.com/creep/minimeswap/
http://www.wonderbart.com/d16z6/
catatan: pada saat VTEC kicked-in suara mesin otomatis derungnya akan berubah mnjadi kasar, utk yg menggunakan system injeksi, vtec ngga jalan kalo hanya test diam posisi gigi netral krn program ECUnya, tp tidak demikian dengan system carbu+vtec krn pengaktifan solenoidnya bisa menjadi manual, pada saat mesin kemarin mesin dihidupkan sy pikir VTEC udah jalan krn rpm cepat sekali naiknya stlh melewati titik 4500 rpm, bahkan sampe rpm lewat dari daerah merah 8000,tp tidak terdengar suara derung vtecnya, ternyata yg membuat putaran mesin naik drastis bukan krn vtec bekerja, tp lebih dikarenakan ukuran diameter klep P08 yg +/- 0.5mm lebih besar dibanding klep std head PM3 bawaan nouva