WTA Swap Engine dari standar ke VTec

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
PapaEmy
GC Noob
GC Noob
Posts: 122
Joined: Mon Mar 07, 2011 1:59 am

Re: WTA Swap Engine dari standar ke VTec

Post by PapaEmy » Sat Mar 08, 2014 7:33 pm

samir_AB4929 wrote:Siap Opa, terimakasih pencerahannya, noted Aseli ND

Waktu servis radiator sempet penasaran sama tutup itu, tapi kata mas nya kalo masalahnya di tutup, air langsung pindah, padahal kalo gas di geber-geber dalam kondisi mobil berenti, 15 menit lebih air nggak pindah, tapi nggak ada salahnya saya coba dulu, mudah2an solve, matur nuwun Opa.
dulu jg sy ngalamin gitu om, tiap digeber di kecepatan tinggi di tol kadang2 temp naek, ada benernya yg opa Ade bilang, bagusnya coba diganti dulu tutup radiatornya, sy dulu jg coba ganti tutup radiator dulu, tp ternyata masalah naek tempraturnya di mobil sy bukan gara2 itu, tp krn condesnser AC mobil sy udah jelek/bumpet, terakhir malah jebol selang AC ke condenser meledak (pas lg macet2an), stlh benerin selang AC dan ganti condenser ACnya sekalian, ga pernah lg naek tempraturnya pas di kecepatan tinggi..

memang dari awal sy udah tau condenser sy udah krg bgs, tp krn kl di macet2an justru ga pernah naek tempraturnya pas AC idup jd sy tunda ngegantinya, sy pun sempet bingung koq block mesin udah rapih, air radiator jg normal ga ada yg kurang/bocor koq pas digeber di rpm tinggi di tol suka tau2 naek tempraturnya, begitu selang ac ke condenser jebol baru sy yakin ini pasti gara2 condenser makanya jebol, dan logikanya pun masuk di rpm tinggi compressor AC pun muternya makin cepet, tp keluar masuk freon ke condensernya bumpet maka condenser ngga ngebuang panas yg harusnya kebuang, panas itulah yg nyumbang naeknya tempratur di rpm tinggi pas digeber di tol..

coba aja cek condenser ACnya om, gampang koq ngetestnya, lagi panas2/terik2nya sambil berhenti AC hidupin terus siram air condensernya, trus rasain ACnya didalem lebih dingin ato ngga, kl setelah disiram AC jd lebih dingin, itu tanda awal condenser udah minta diganti..

User avatar
indra trisna
GC Lover
GC Lover
Posts: 353
Joined: Mon May 03, 2010 4:41 pm
Location: kudus
Contact:

Re: WTA Swap Engine dari standar ke VTec

Post by indra trisna » Mon Apr 21, 2014 7:02 pm

nice info,, :D

samir_AB4929
GC Noob
GC Noob
Posts: 11
Joined: Wed Apr 27, 2011 10:31 pm

Re: WTA Swap Engine dari standar ke VTec

Post by samir_AB4929 » Sun Jun 01, 2014 9:37 pm

PapaEmy wrote:
samir_AB4929 wrote:Siap Opa, terimakasih pencerahannya, noted Aseli ND

Waktu servis radiator sempet penasaran sama tutup itu, tapi kata mas nya kalo masalahnya di tutup, air langsung pindah, padahal kalo gas di geber-geber dalam kondisi mobil berenti, 15 menit lebih air nggak pindah, tapi nggak ada salahnya saya coba dulu, mudah2an solve, matur nuwun Opa.
dulu jg sy ngalamin gitu om, tiap digeber di kecepatan tinggi di tol kadang2 temp naek, ada benernya yg opa Ade bilang, bagusnya coba diganti dulu tutup radiatornya, sy dulu jg coba ganti tutup radiator dulu, tp ternyata masalah naek tempraturnya di mobil sy bukan gara2 itu, tp krn condesnser AC mobil sy udah jelek/bumpet, terakhir malah jebol selang AC ke condenser meledak (pas lg macet2an), stlh benerin selang AC dan ganti condenser ACnya sekalian, ga pernah lg naek tempraturnya pas di kecepatan tinggi..

memang dari awal sy udah tau condenser sy udah krg bgs, tp krn kl di macet2an justru ga pernah naek tempraturnya pas AC idup jd sy tunda ngegantinya, sy pun sempet bingung koq block mesin udah rapih, air radiator jg normal ga ada yg kurang/bocor koq pas digeber di rpm tinggi di tol suka tau2 naek tempraturnya, begitu selang ac ke condenser jebol baru sy yakin ini pasti gara2 condenser makanya jebol, dan logikanya pun masuk di rpm tinggi compressor AC pun muternya makin cepet, tp keluar masuk freon ke condensernya bumpet maka condenser ngga ngebuang panas yg harusnya kebuang, panas itulah yg nyumbang naeknya tempratur di rpm tinggi pas digeber di tol..

coba aja cek condenser ACnya om, gampang koq ngetestnya, lagi panas2/terik2nya sambil berhenti AC hidupin terus siram air condensernya, trus rasain ACnya didalem lebih dingin ato ngga, kl setelah disiram AC jd lebih dingin, itu tanda awal condenser udah minta diganti..

samir_AB4929
GC Noob
GC Noob
Posts: 11
Joined: Wed Apr 27, 2011 10:31 pm

Re: WTA Swap Engine dari standar ke VTec

Post by samir_AB4929 » Sun Jun 01, 2014 9:52 pm

Papa Emy, maap baru baca sharing nya nih, waktu overhead, air pindah ke reservoir tank seperti kejadian saya juga nggak,

Sepertinya iya nih, masalahnya di condensor, karena beberapa waktu abis Swap, selang AC saya sempet jebol juga, yang dari condensor, tapui waktu itu saya pikir pemasangannya bermasalah, jadi kembali ke tukang Ac yang waktu itu pasang, dan di benerin, dia nggak juga komen tentang condensor,

Masukan Opa Ade sudah di laksanakken, ganti Radiator cap, 0.9 malah coba yang 1.1, masalah tetep sama, saya ganti sekalian Radiator, pake Denso; belum sembuh juga, coba cek kemungkinan bocor mesin, nihil, juga, jadi penasaran sama condesor nih, atau ada kemungkinan lain yang perlu juga saya cek ? maksud saya sebelum ganti condensor,

Mohon info nya sekalian papa Emy, waktu itu dapet kondensor di mana, yang Ori merk dan kodenya apa ya, kalo boleh tau harganya berapa waktu itu ? Tks a lot sharingnya.

User avatar
PapaEmy
GC Noob
GC Noob
Posts: 122
Joined: Mon Mar 07, 2011 1:59 am

Re: WTA Swap Engine dari standar ke VTec

Post by PapaEmy » Tue Jun 03, 2014 10:34 pm

samir_AB4929 wrote:Papa Emy, maap baru baca sharing nya nih, waktu overhead, air pindah ke reservoir tank seperti kejadian saya juga nggak,

Sepertinya iya nih, masalahnya di condensor, karena beberapa waktu abis Swap, selang AC saya sempet jebol juga, yang dari condensor, tapui waktu itu saya pikir pemasangannya bermasalah, jadi kembali ke tukang Ac yang waktu itu pasang, dan di benerin, dia nggak juga komen tentang condensor,

Masukan Opa Ade sudah di laksanakken, ganti Radiator cap, 0.9 malah coba yang 1.1, masalah tetep sama, saya ganti sekalian Radiator, pake Denso; belum sembuh juga, coba cek kemungkinan bocor mesin, nihil, juga, jadi penasaran sama condesor nih, atau ada kemungkinan lain yang perlu juga saya cek ? maksud saya sebelum ganti condensor,

Mohon info nya sekalian papa Emy, waktu itu dapet kondensor di mana, yang Ori merk dan kodenya apa ya, kalo boleh tau harganya berapa waktu itu ? Tks a lot sharingnya.
Maap baru bales, udah lama ga mampir kmari..

Iyaa om.. sy 2x soalnya pengalaman condenser bermasalah, pertama dulu waktu masih maen accord dan terakhir di civic kmrn, dari situ ternyata bisa disimpulkan masalah condenser AC ngadat ga harus dgn indikasi tempratur naek..

Pada waktu di accord jaman kuliah dulu, temperature pasti naek kl sirkulasi udara rada terhambat terutama pada saat macet, tp pada kejadian terakhir di civic kemaren sblum dijual, perilakunya beda, tempratur ngga naek sama sekali dipake macet2an.. justru naeknya pada saat digeber di rpm tinggi waktu di tol dgn kondisi AC hidup..

terakhir.. waktu macet kemaren, temperature tetep normal ga naek tapi tau2 jebol aja selangnya, stelah dicek bawa ke tukang AC sy suruh bongkar condensernya, cek tekanannya dan bumpet ngga, ternyata emang condenser sumber masalahnya.., anehnya dibanding accord (prestige 87) dulu, digeber keq gimana jg pake AC tempratur tetep normal ga naek, dia cuma ngadat kl pas macet.. mau siang ato malem keq.. macet.. naek aja tempraturnya

kalo masalah air pindah ke reservoir, memang pasti pindah airnya om kl terjadi over heating apa pun penyebab overheatingnya.. termasuk dari condenser ini, krn tekanan tinggi akibat panas otomatis air akan cai jalan keluar makanya sebagian pasti masuk ke reservoir..

kalo semua udah dicek spt kata om di atas dan semua nihil.. yaa hampir bisa dipastikan tinggal condenser yg bisa nyebabkan over heating baik macet2an ato pas geber2an :D

Bengkel AC langganan sy di Jatiwaringin Raya deket radar/jembatan tol sebelah kanan kl dari arah pangkalan jati ke pondok gede, nama bengkelnya Denso, kl sy kemaren ganti yg KW bukan ori, ori udah ga ada soalnya om kecuali copotan ato mau import sendiri, hrg yg KW kmrn kena 500 ato 600rb sy lupa diluar pasang Freon dll, tapi bagus jg koq om walopun ga ori, yg penting kan fungsionalnya dan ga bikin masalah lg.., tips: kl ganti condenser bagusnya drier jg diganti, evap jg dicek, gnt kl perlu, yg KW jg bagus hrg jg sekitar segitu 500-600rb (dan kl 2 ini condenser dan evaporator udah bebas masalah, compressor AC awet biasanya dan umurnya jg relative lebih panjang)

tapi kalo misal om tetep mau pake yg ori (tp copotan), sy jg ada langganan wkt dulu gnti condenser accord, bagus koq barangnya ga diboongin kualitasnya walopun copotan, lokasinya (Hayam Wuruk) jl Pekapuran III no.1, engkoh Aki nama yg punya junkyardnya, kl hrg ga tau skrg brp, dulu aja th 97 beli copotan ori buat accord 500rb hrgnya X(

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: WTA Swap Engine dari standar ke VTec

Post by adeindra » Wed Jun 04, 2014 10:56 am

xixixi aki songsi udah bubar om

tutup tuh tempat

User avatar
PapaEmy
GC Noob
GC Noob
Posts: 122
Joined: Mon Mar 07, 2011 1:59 am

Re: WTA Swap Engine dari standar ke VTec

Post by PapaEmy » Thu Jun 05, 2014 12:58 am

adeindra wrote:xixixi aki songsi udah bubar om

tutup tuh tempat
waah.. yg bener om, kpn tutupnya? tp ga tau jg sih sy, terakhir kesana 2011 kmrn soalnya :D
sayang jg dia kl tutup.. , msh bnyk tuh blok mesin seri B nya, sayang ecu dan wiring harnessnya kbnyakan matic dia punya

Post Reply