dulu jg sy ngalamin gitu om, tiap digeber di kecepatan tinggi di tol kadang2 temp naek, ada benernya yg opa Ade bilang, bagusnya coba diganti dulu tutup radiatornya, sy dulu jg coba ganti tutup radiator dulu, tp ternyata masalah naek tempraturnya di mobil sy bukan gara2 itu, tp krn condesnser AC mobil sy udah jelek/bumpet, terakhir malah jebol selang AC ke condenser meledak (pas lg macet2an), stlh benerin selang AC dan ganti condenser ACnya sekalian, ga pernah lg naek tempraturnya pas di kecepatan tinggi..samir_AB4929 wrote:Siap Opa, terimakasih pencerahannya, noted Aseli ND
Waktu servis radiator sempet penasaran sama tutup itu, tapi kata mas nya kalo masalahnya di tutup, air langsung pindah, padahal kalo gas di geber-geber dalam kondisi mobil berenti, 15 menit lebih air nggak pindah, tapi nggak ada salahnya saya coba dulu, mudah2an solve, matur nuwun Opa.
memang dari awal sy udah tau condenser sy udah krg bgs, tp krn kl di macet2an justru ga pernah naek tempraturnya pas AC idup jd sy tunda ngegantinya, sy pun sempet bingung koq block mesin udah rapih, air radiator jg normal ga ada yg kurang/bocor koq pas digeber di rpm tinggi di tol suka tau2 naek tempraturnya, begitu selang ac ke condenser jebol baru sy yakin ini pasti gara2 condenser makanya jebol, dan logikanya pun masuk di rpm tinggi compressor AC pun muternya makin cepet, tp keluar masuk freon ke condensernya bumpet maka condenser ngga ngebuang panas yg harusnya kebuang, panas itulah yg nyumbang naeknya tempratur di rpm tinggi pas digeber di tol..
coba aja cek condenser ACnya om, gampang koq ngetestnya, lagi panas2/terik2nya sambil berhenti AC hidupin terus siram air condensernya, trus rasain ACnya didalem lebih dingin ato ngga, kl setelah disiram AC jd lebih dingin, itu tanda awal condenser udah minta diganti..