WTA karbu berubah terus setelanya

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
zulindra
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1108
Joined: Tue Mar 02, 2010 8:16 pm
Contact:

Re: WTA karbu berubah terus setelanya

Post by zulindra » Wed Sep 01, 2010 7:11 am

kayaknya gak masalah deh om. GC saya juga gitu..kondisi idle RPM 750..kalo pagi/mesin dingin kisaran 200-300, bertahap naik ke 750.

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: WTA karbu berubah terus setelanya

Post by pauluspaska » Wed Sep 01, 2010 9:56 am

Wah, untuk bisa kasih tunjuk masalahnya dimana, harus analisa menyeluruh seperti om Arip bilang.
Biasanya kalau karbu kit sudah ganti, bisa lebih baik.

Analisanya biasanya banyak nih:
1. apakah pengapian bagus? Delko gak bocor? Koil bagus
2. Apakah kompresi bagus dan rata? gak ada kerak?
3. Busi gak mati?
4. Vacuum di karbu gak bocor? Idle controller gak rusak?

Kalau yang di atas itu normal semua, biasanya karbu gak masalah juga tuh.

Dulu, saya ngalamin delko bermasalah, Idle gak pernah stabil. Setelah delko di ganti, idle manteng terus di 700.
Pengapian yang gak tepat juga bikin setelan karbu lari.

Semoga membantu

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
4disk
GC Noob
GC Noob
Posts: 74
Joined: Wed Jan 13, 2010 9:53 am
Contact:

Re: WTA karbu berubah terus setelanya

Post by 4disk » Wed Sep 01, 2010 10:25 am

ganti karbu kit hbs berapa om?

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: WTA karbu berubah terus setelanya

Post by Koboy » Wed Sep 01, 2010 11:57 pm

ariphrp wrote:kelistrikan mobil sehat nggak oom? kalau karbu dah dioverhaul dan dah ganti repair kit, coba check masalah kelistrikan mobil.. filter bensin kapan terakhir ganti? fuel pump sehat?
o ya om arif, filer bensin udah ganti blum ada 2 mgg, fuel pump udah di cek gak masalah, masalah kelistrikan mbl gimana tuch om ngeceknya....aku sampe bingung..., sampe test kompresi udah, kata bengkel msh ok, cm 1 tok yg agak2 mulai lemah, tp msh gak papa kata bengkel....kemaren2 aku pikir apa ada hubungannya kalo mesin panas.... jadi rpm drop... ( maksudnya cuaca smg panas ) sampe2 aku cek water pump. katanya jg ok. memang suka nglitik2 sih.... apa ada hubungannya tuh om.....

[Post made via Mobile Device] Image

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: WTA karbu berubah terus setelanya

Post by Koboy » Thu Sep 02, 2010 12:02 am

zulindra wrote:kayaknya gak masalah deh om. GC saya juga gitu..kondisi idle RPM 750..kalo pagi/mesin dingin kisaran 200-300, bertahap naik ke 750.
kalo rpm dropnya cuma pagi doang sih... normal kan.... tapi ini kondisinya mesin abis kita pake dan brenti paling cuma 30 mnt, trus jalan lagi...kalo tiap kali brenti selalu drop. kalo pas jalan turun hrs injek rem, repot..... sampe kadang ngeremnya pake hand brake, trus kaki kanan ngegas......hahahahahahaha....darurat.....

[Post made via Mobile Device] Image

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: WTA karbu berubah terus setelanya

Post by Koboy » Thu Sep 02, 2010 12:10 am

pauluspaska wrote:Wah, untuk bisa kasih tunjuk masalahnya dimana, harus analisa menyeluruh seperti om Arip bilang.
Biasanya kalau karbu kit sudah ganti, bisa lebih baik.

Analisanya biasanya banyak nih:
1. apakah pengapian bagus? Delko gak bocor? Koil bagus
2. Apakah kompresi bagus dan rata? gak ada kerak?
3. Busi gak mati?
4. Vacuum di karbu gak bocor? Idle controller gak rusak?

Kalau yang di atas itu normal semua, biasanya karbu gak masalah juga tuh.

Dulu, saya ngalamin delko bermasalah, Idle gak pernah stabil. Setelah delko di ganti, idle manteng terus di 700.
Pengapian yang gak tepat juga bikin setelan karbu lari.

Semoga membantu

[Post made via Mobile Device] Image
ok deh omm paska, paling bisa cek hari sabtu nih...., waktu om paska ganti delco apa hanya krn mslh rpm lari2 mlulu? apa ada gejala yg lain? sekalian ciri2 delko hrs ganti gmn nih.....apa seal kop delko yg patah pengaruh.... sorry ya om tanyanya banyak bgt..... hihihihi...

[Post made via Mobile Device] Image

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: WTA karbu berubah terus setelanya

Post by Koboy » Thu Sep 02, 2010 12:16 am

4disk wrote:ganti karbu kit hbs berapa om?
murah kok omm cuma 170rb an... soalnya cr yg ori gak ada di smg... katanya yg ori kalo ada sampe 500 rb. mobil dah umur, toko pada gak mau stok. kadang sampe pingin jalan2 ke jkt, ke atrium beli ini itu. bisa pesen per telpon gak yah... hahahahaha......

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
b2199nb
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1352
Joined: Mon Dec 28, 2009 7:28 pm

Re: WTA karbu berubah terus setelanya

Post by b2199nb » Thu Sep 02, 2010 1:24 am

bantu jawab nih, waktu itu pernah ngalamin kyk gini persiis, karena binun akhirnya, ganti delco segelundung, sekalian vakum delconya, karbu ganti koinnya, soalnya dah lemah, alhamdullilah sih jadi normal om
mo selamat pelan - pelan, cari perawan cepet - cepet...GAAAASSS POOOOLLLL!!!!

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: WTA karbu berubah terus setelanya

Post by pauluspaska » Thu Sep 02, 2010 3:41 pm

"Suka nglitik" ya? kok bisa? kalau nglitik berarti pengapian gak pas. Coba atur maju atau mundurin delko deh, bisa DIY kok. cobain ini dulu.
Kalau RPM suka drop kalau panas, cobain pakai pertamax deh. saya sudah coba, pakai pertamax, saat siang hari panas, atau mobil kena macet parah siang hari, RPM idle mampu bertahan di 700 terus.

Coba lihat jarum RPM saat mesin sudah jalan, apakah dia naik turun?
Gejala delko bermasalah biasanya, waktu dingin stel karbu RPM bisa stabil di 700 tapi kalau sudah dipake bisa berubah naik atau turun, terus kalau udah dingin bisa stabil di 700 lagi...

[Post made via Mobile Device] Image

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: WTA karbu berubah terus setelanya

Post by Koboy » Thu Sep 02, 2010 11:02 pm

b2199nb wrote:bantu jawab nih, waktu itu pernah ngalamin kyk gini persiis, karena binun akhirnya, ganti delco segelundung, sekalian vakum delconya, karbu ganti koinnya, soalnya dah lemah, alhamdullilah sih jadi normal om
ganti delco segelundung ya om....... padahal cdi ama koilnya gak mslh tuh.... lagian kayanya gak pengaruh ama larinya.... cuma staternya agak susah..... kira2 brp tuh om deldo segelundung? trus yg dimaksud koin di karbu dua2 nya?

[Post made via Mobile Device] Image

Post Reply