(ask) fan ac
-
- GC Noob
- Posts: 9
- Joined: Tue Apr 18, 2017 10:33 am
- Location: BANDUNG
(ask) fan ac
Misi para suhu mau tanya nih, sebelumnya sedikit cerita dulu, jadi waktu itu cuaca lagi panas banget ac di pol kan, kebetulan kena macet tau tau mesinnya brebet kaya keberatan beban dan ac ga dingin (angin doang), dicoba matiin ac mesin normal lagi pas dinyalain lagi rpm malah turun lagi bukannya naek (biasanya kan ac narik rpm naik) akhirnya pas jalanan udah agak lancar saya brenti dulu buka kap mesin nah taunya fan ac nya gajalan tapi temperatur normal. Saya coba matiin mesin coba2 aja saya stater lagi malah gabisa kaya aki soak dicoba beberapa kali masih begitu. Nah saya tunggu 10-15 menitan distater baru bisa dan pas abis itu jalanan lancar ac normal kembali sampe dirumah saya cek lagi taunya fan ac jalan.
Yang saya bingung apa yang harus diservis ya? Apakah masalah di ac (motor fan, relay sekring dll) atau dinamo pengisiannya ya? Mesin emang udah lama ga di tune up rencananya baru mau minggu depan nih, makasih sebelumnya mas mas suhu gc
Yang saya bingung apa yang harus diservis ya? Apakah masalah di ac (motor fan, relay sekring dll) atau dinamo pengisiannya ya? Mesin emang udah lama ga di tune up rencananya baru mau minggu depan nih, makasih sebelumnya mas mas suhu gc
SH4 '90 D1764IB
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: (ask) fan ac
Sepertinya yg bermasalah suhu mesinnya..
Dalam kondisi macet, pendingin radiator hanya mengandalkan kipas. Kalo kipas ga jalan, suhu mesin perlahan akan naik., mungkin jarum temperatur belum kelihatan naik, tapi piston udah mekar, putaran mesin jadi berat, rpm drop, saat mesin mati ga kuat di start.
Ini bisa terjadi jika piston ga bagus, udah muai pada suhu yg relatif rendah. Tapi ga masalah jika suhu terjaga normal.
Dalam kondisi macet, pendingin radiator hanya mengandalkan kipas. Kalo kipas ga jalan, suhu mesin perlahan akan naik., mungkin jarum temperatur belum kelihatan naik, tapi piston udah mekar, putaran mesin jadi berat, rpm drop, saat mesin mati ga kuat di start.
Ini bisa terjadi jika piston ga bagus, udah muai pada suhu yg relatif rendah. Tapi ga masalah jika suhu terjaga normal.
-
- GC Noob
- Posts: 9
- Joined: Tue Apr 18, 2017 10:33 am
- Location: BANDUNG
Re: (ask) fan ac
Oh begitu om, tapi kenapa yaa kipas ac nya bisa mati waktu itu? Tapi setelah ga macet kipas ac nya nyala dan mesin normal lagi, apa motornya udah minta diganti ya?
SH4 '90 D1764IB
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: (ask) fan ac
Ada banyak faktor om..,
1, motor fan rusak, biasanya brush habis, jadi kadang ga muter, tapi kalo disenggol baling2nya langsung muter.
2. Relay mulai aus, kadang mau sambung kadang gagal sambung.
3. Soket kabel longgar/ kotor.
4. Kalo instalasi sudah diubah, ada faktor lain sesuai ubahannya.
1, motor fan rusak, biasanya brush habis, jadi kadang ga muter, tapi kalo disenggol baling2nya langsung muter.
2. Relay mulai aus, kadang mau sambung kadang gagal sambung.
3. Soket kabel longgar/ kotor.
4. Kalo instalasi sudah diubah, ada faktor lain sesuai ubahannya.
-
- GC Noob
- Posts: 9
- Joined: Tue Apr 18, 2017 10:33 am
- Location: BANDUNG
Re: (ask) fan ac
Soketnya itu yang dimana yah pakde? Hehe maaf nih saya baru pake gc 4 bulanan, waduh saya gatau juga instalasinya udah diubah ubah apa belum nih
SH4 '90 D1764IB
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: (ask) fan ac
Soket itu colokan/sambungan kabel om.., ada di dekat kipas.
Jangan sedih dulu om.., itu masalah biasa, semua pemilik mobil lawas pasti pernah ngalami.
Kalo lagi longgar, coba cek.
Kontak on dan hidupkan AC, lihat apakah kipas muter.?
Coba matikan sampai kipas berhenti berputar, lalu coba hidupkan lagi.
sampai beberapa kali kalo nemui kipas ga muter padahal seharusnya muter,
1. coba dorong baling2 kipasnya, kalo begitu bisa muter..berarti arang/brash habis. (Bisa diganti)
2. Coba cek soket / sambungan/ colokan kabel hijau di samping kipas, mungkin longgar.
3. Coba cek relay yg nggantung di depan aki.
Kalo bener2 merasa awam, coba minta bantuan teman, ato cari bengkel.
Jangan sedih dulu om.., itu masalah biasa, semua pemilik mobil lawas pasti pernah ngalami.
Kalo lagi longgar, coba cek.
Kontak on dan hidupkan AC, lihat apakah kipas muter.?
Coba matikan sampai kipas berhenti berputar, lalu coba hidupkan lagi.
sampai beberapa kali kalo nemui kipas ga muter padahal seharusnya muter,
1. coba dorong baling2 kipasnya, kalo begitu bisa muter..berarti arang/brash habis. (Bisa diganti)
2. Coba cek soket / sambungan/ colokan kabel hijau di samping kipas, mungkin longgar.
3. Coba cek relay yg nggantung di depan aki.
Kalo bener2 merasa awam, coba minta bantuan teman, ato cari bengkel.
-
- GC Noob
- Posts: 9
- Joined: Tue Apr 18, 2017 10:33 am
- Location: BANDUNG
Re: (ask) fan ac
Wah ternyata betul kadang waktu ac dinyalakan kipas ga muter, saya coba toel sedikit baling2 nya eh muter. Berarti mesti ganti brush motornya ya, terimakasih banyak bantuannya pakde ;)
SH4 '90 D1764IB
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: (ask) fan ac
Sama2 om..,
-
- GC Noob
- Posts: 150
- Joined: Mon Mar 27, 2017 11:33 am
- Location: Tasikmalaya
- Contact:
Re: (ask) fan ac
berarti punyaku normal ya pak de. klw pun kipas gk lgsung muter ps ac di on soalnya ngikutin termoswitch.
| SH4red | D1085YTL | Ciamis-Tasikmalaya
0813 1251 3976
0813 1251 3976
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: (ask) fan ac
AC on harus langsung muter 2 2nya om.., intinya kompresor on, kipas harus muter. Pas mesin panas juga begitu, thermoswitch on muter 2 2nya.