Page 1 of 1

Re: Mesin Panas

Posted: Fri May 01, 2009 11:48 am
by iphoer
Nova wrote:om2...ada kasus baru neh..mohon pencerahan..
tadi pagi perjalanan ke kantor temperatur GC tiba2 naik dan mesin mati...setelah 2 menit untuk distart lagi..nyala...dalam ngelanjutin perjalanan temperatur kembali ke posisi 1/2....nyampe kantor cek air radiator maupun air cadangan masih dalam kondisi normal...kap mesin emang jadi panas tidak seperti biasa setelah mesin dimatikan...pertanyaannya..why??..please para Master & Mister...pimp my ride...
kipas nyala normal semua om?

Re: Mesin Panas

Posted: Fri May 01, 2009 1:38 pm
by ichwan
sy pernah alami, penyakitnya termostat tidak buka saat temperatur tinggi dan sdh waktunya ganti, stlh diganti langsung ok

Re: Mesin Panas

Posted: Fri May 01, 2009 2:24 pm
by ichwan
sy sdh 4 bln yg lalu servis radiator tp krn penasaran masalah temp yg naek kemarin sy servis radiator lagi dan ada yg mampet 6 lubang trs dilanjutin dgn cek water pump sekalian ternyata hrs bk timing belt...eee ada masalah baru lagi baut tensioner sudah oblak ..dan diakali di buat drat baru ga bisa terpaksa turun mesin hanya untuk tutup lubangnya pake las dan buat drat baru tensioner...jadinya ga ikut dehh gathering besuk.... O ya termostat saya copot tp katanya lebih baik dipasang . jadinya sdh bener blm mobilnya?

Re: Mesin Panas

Posted: Fri May 01, 2009 2:28 pm
by abah
wah, thermostat tuh kudu dipasang om... kalo kaga, bisa berabe... dulu pernah naek kaya gitu, waktu baru beres ganti mesin dulu.. hampir marah-marah ama bengkelnya.. taunya sambungan kabel fannya bermasalah. akhirnya di bypass deh tuh kabel, alhamdulillah ga bermasalah lagi ampe sekarang. anteng terus di setengah kurang dikit..

Re: Mesin Panas

Posted: Fri May 01, 2009 5:23 pm
by abah
ya engga... tetep aja kipas nyala kalo udah panas mesinnya.. makanya thermostat sama otomatis fannya jangan dicopot.. itu kan cuma sambungan kabel aja yang berrmasalah..

Re: Mesin Panas

Posted: Sat May 02, 2009 10:33 am
by ariphrp
Pengen juga sih pasang thermostat lagi.. meskipun selama ini gak ada masalah.. itu komponen kan dibikin karena ada manfaatna yak.. :D
BTW yang punya thread dah solved belom problemna nih? kok malah jadi pada curhat di warung orang? :D :-D

Re: Mesin Panas

Posted: Sat May 02, 2009 12:07 pm
by saitama
mmmm
itu biasanya ada masalah di aliran air radingatornya..

entah mampet buntet, ataw water pump nya udah waktunya ganti, ataw sensor termostat buat otomatis fannya ga mau nyala jadi dia ga mbaca suhu sama sekali sehingga meski sampe temperatur lewat dari garis merah tetep aja ga nyala


kalo di suzuku tuh termosthatnya ada 2 jadi dia bisa lebih baik, pada saat di temperatur setengah kurang dikit nyala deh kipasnya, pada saat temperatur nek lagi sampe 3/4 putaran fan jadi 2 kali lebih kenceng

Re: Mesin Panas

Posted: Fri May 15, 2009 3:19 pm
by badooy
SuPeRNoVa wrote:ada yg punya dinamo kipas radiator yg masih layak gak?
beli baru aja 300rb ori

Re: Mesin Panas

Posted: Fri May 15, 2009 4:06 pm
by ariphrp
Nova wrote:kipasnya nyala...bete2 jd g bisa ikut gath kmren...termostat harganya berapa si? om...bawaan standardnya GC udah pake termostat? or hrs di modif dlu....o ya om2..ciri yang lain..saat temperatur tinggi..kadang cepat turun lg..terus naik lagi...(dlm perjalanan jarak 10 km hal ini kadang terjadi 2 kali)...kalo bengkel recomend. di jkt (kalo bisa JakTim) untuk masalah ini tolong di info dong om..
Thermostat kalo gak ada mah karena dicopot oom.. aslinya sih ada.

Re: Mesin Panas

Posted: Mon May 18, 2009 8:45 pm
by krisnadew
sependapat dng temen2 smua,.yg ptg :
1. pastikan radiator mesti bersih / sdh dikorok (bahasa belanda nih.,) ,
2. pastikan swicth thermostat msh berfungsi dng baik, krn part tsb yg mjd saklar otomatis pd suhu tertentu agar fan jd muter ,
3. pastikan relay yg berhubungan dng fan tsb pd kondisi baik / bekerja sesuai fungsiny ,
4. pastikan juga smua kabel yg behubungan dng itu smua (fan, relay) terkoneksi / tersambung dng benar .

he3,.jd bingung sendiri nulisny., #-o