Aki drop
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: Aki drop
Meneruskan informasi tentang kekuatan menyimpan arus dalam baterai
Kalau sebuah aki tertulis mempunyai spesifikasi 60AH itu artinya jika aki tersebut diberi beban 60A hanya bisa bertahan 1 jam saja.
Kalau sebuah aki tertulis mempunyai spesifikasi 60AH itu artinya jika aki tersebut diberi beban 60A hanya bisa bertahan 1 jam saja.
Grandcivic Kaca Gelap
Re: Aki drop
saya ngecek arus dari kapasitor bank unt audio om..dulu bisa sampe 14,2 om ngisinya kalo sekarang kok digas2 cuma mentok di 13,5..pauluspaska wrote:Nah tuh mulai sama kasusnya hehehe...
Kalo voltage 12 V tidak menunjukan bahwa otomatis bisa menyulut dinamo stater.
Yang menentukan adalah arus yang tersimpan di dalamnya. Dinamo stater itu menyedot arus yang besar sekali.
Kalo di tukang Aki yang baik, ada alat yang memeriksa "Cranking" dari aki. Kekuatan aki menanggung beban.
Memang benar setelah mobil dipakai jalan, arus aki bisa lebih dari 13 V tapi tidak pernah sampai 14 V.
Semoga membantu.
PS: sampai sekarang kasus saya masih belum solved, solusi paling murah: cabut aki kalau parkir lama.
Solusi ribet: ganti semua kabel. Ini bisa berhari-hari.
PS : sekarang dah ganti aki kering delkor bisa ke 14,2 lagi.....
GrayaxX n Ga3ul Lovers...Black Black Black Vorever
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: Aki drop
Problem solved.
diagnosa didapat setelah tadi malam uji coba GC dibawa jalan isi bensin, di pom bensin mogok lagi. Indikator aki menunjukan listrik habis.
Klakson gak mau nyala, lampu rem LED, gak nyala (ini artinya lampu LED yang arusnya super kecil aja gak ngangkat). TEtapi mendadak mesin menyala.
GC dibawa pula dengan pelan-pelan.
Sewaktu balapan sama bajaj (hehehehe balapan kok sama bajaj ) terpaksa injek gas dalem2..eh mendadak lampu LED menyala terang banget.
GW curiga carbon brush alternator habis, dia gak mau supply listrik kalau RPM rendah berhubung matik gak pernah RPM tinggi, tapi dia supply di RPM tinggi.
Tadi pagi mau bongkar alternator, ternyata menemukan kabel positif alternator ke aki kendor, Dikencengin deh. trus aki diganti dengan cadangan. Coba dijalankan mesinnya.
Ternyata semua bekerja bagus kembali.
Jadi lesson learned. Kabel positif alternator ke aki kudu kenceng.
diagnosa didapat setelah tadi malam uji coba GC dibawa jalan isi bensin, di pom bensin mogok lagi. Indikator aki menunjukan listrik habis.
Klakson gak mau nyala, lampu rem LED, gak nyala (ini artinya lampu LED yang arusnya super kecil aja gak ngangkat). TEtapi mendadak mesin menyala.
GC dibawa pula dengan pelan-pelan.
Sewaktu balapan sama bajaj (hehehehe balapan kok sama bajaj ) terpaksa injek gas dalem2..eh mendadak lampu LED menyala terang banget.
GW curiga carbon brush alternator habis, dia gak mau supply listrik kalau RPM rendah berhubung matik gak pernah RPM tinggi, tapi dia supply di RPM tinggi.
Tadi pagi mau bongkar alternator, ternyata menemukan kabel positif alternator ke aki kendor, Dikencengin deh. trus aki diganti dengan cadangan. Coba dijalankan mesinnya.
Ternyata semua bekerja bagus kembali.
Jadi lesson learned. Kabel positif alternator ke aki kudu kenceng.
Grandcivic Kaca Gelap
Re: Aki drop
wah,, hebat!!! ternyata kabel kurang kenceng aja bisa bikin pusing berhari2 ya... sya juga cek kabel ah,,,
Re: Aki drop
cek alternatornya om.. kali aja ga ngisi...
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: Aki drop
Periksa Alternatornya om.
Coba pakai aki yang sehat dan nyalakan mesin.
Trus waktu mesin nyala cabut kabel aki yang positif, kalau mesin mati berarti gak ada listrik dari alternator.
Kalo nyala berarti alternator sehat
Coba pakai aki yang sehat dan nyalakan mesin.
Trus waktu mesin nyala cabut kabel aki yang positif, kalau mesin mati berarti gak ada listrik dari alternator.
Kalo nyala berarti alternator sehat
Grandcivic Kaca Gelap
- badooy
- Site Admin
- Posts: 10094
- Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
- Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
- Contact:
Re: Aki drop
Gw kmrn mw ngomong cek kabel alternator ga jadi krn:
- dah tes mati mesin
- dah cek pengisian
Tp emg gw jg pernah masalah gitu, kabel putus terkelupas, aki soak
Jd mending kabel pengisian dobel aja... Gpp..
[Post made via Mobile Device]
- dah tes mati mesin
- dah cek pengisian
Tp emg gw jg pernah masalah gitu, kabel putus terkelupas, aki soak
Jd mending kabel pengisian dobel aja... Gpp..
[Post made via Mobile Device]
Re: Aki drop
kale engga, pake kabel yang lebih tebel bisa juga kali ya om??
Re: Aki drop
mending di dobelin bah
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat
Re: Aki drop
emang ngaruhnya apa om kalo diganti ama kabel yang gede?? bukannya sama aja?? itu mah pendapat saya lho...