Page 1 of 3

Aki drop

Posted: Wed Aug 05, 2009 8:52 am
by pauluspaska
Wah lagi pusing nih,
Aki kok tiba-tiba ngedrop beberapa hari ini...padahal gak ada perubahan kelistrikan.
Kebetulan ada aki cadangan dan power supply yang bisa charge aki itu...

sudah diperiksa pengisian dari alternator bagus.
waktu mesin nyala idle, kabel positif aki saya cabut, mesin masih tetep nyala. berarti alternator okey.

Apakah alarm menyedot listrik kuat ya?
Tadi pagi juga ngedrop, padahal itu aki udah dicharge malam sebelumnya dan mobil dipake sampe sore.

Kalo ada kabel yang short ke bodi, pastinya kabel udah terbakar. tapi ini kok gak ada yang gosong ya...
BTW aki masih relatif baru

Re: Aki drop

Posted: Wed Aug 05, 2009 9:22 am
by ariphrp
Cek dulu Oom.. switch lampu rem di pedal rem tetap ON nggak waktu diam semaleman.. Saya pernah gitu Oom.. pagi kok akinya loyo.. ternyata masalahnya cuma di situ doang..

Re: Aki drop

Posted: Wed Aug 05, 2009 9:47 am
by pauluspaska
Kalo switch itu on berarti lampu belakang juga nyala? semaleman gak ada lampu yang nyala, kecuali lampu led indikator alarm.

Re: Aki drop

Posted: Wed Aug 05, 2009 9:53 am
by meneer
listrik ada yg bocor kali om...jadi listrik tetep jalan ketika kontak dicabut
pengalaman gw dulu kebocoran listrik ternyata ada di headunit :)

Re: Aki drop

Posted: Wed Aug 05, 2009 9:56 am
by batman
mungkin aki nya om pp yg sudah kurang bagus untuk nyimpan strum...

Re: Aki drop

Posted: Sun Aug 09, 2009 12:02 pm
by irwans85
Numpang tny dthread om pp y..kalo aki normal voltase pas stlh dpake sm pas mati brapa y? Pnyae saya kok cm mentok 13,56 pas hbs jalan n 12,4 pas mati...td smpt g bs dstater pdhl voltase 12,3..kira2 knapa y?

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Aki drop

Posted: Mon Aug 10, 2009 9:22 am
by pauluspaska
Nah tuh mulai sama kasusnya hehehe...

Kalo voltage 12 V tidak menunjukan bahwa otomatis bisa menyulut dinamo stater.
Yang menentukan adalah arus yang tersimpan di dalamnya. Dinamo stater itu menyedot arus yang besar sekali.
Kalo di tukang Aki yang baik, ada alat yang memeriksa "Cranking" dari aki. Kekuatan aki menanggung beban.

Memang benar setelah mobil dipakai jalan, arus aki bisa lebih dari 13 V tapi tidak pernah sampai 14 V.

Semoga membantu.
PS: sampai sekarang kasus saya masih belum solved, solusi paling murah: cabut aki kalau parkir lama.
Solusi ribet: ganti semua kabel. Ini bisa berhari-hari.

Re: Aki drop

Posted: Mon Aug 10, 2009 9:26 am
by ariphrp
pauluspaska wrote:Nah tuh mulai sama kasusnya hehehe...

Kalo voltage 12 V tidak menunjukan bahwa otomatis bisa menyulut dinamo stater.
Yang menentukan adalah arus yang tersimpan di dalamnya. Dinamo stater itu menyedot arus yang besar sekali.
Kalo di tukang Aki yang baik, ada alat yang memeriksa "Cranking" dari aki. Kekuatan aki menanggung beban.

Memang benar setelah mobil dipakai jalan, arus aki bisa lebih dari 13 V tapi tidak pernah sampai 14 V.

Semoga membantu.
PS: sampai sekarang kasus saya masih belum solved, solusi paling murah: cabut aki kalau parkir lama.
Solusi ribet: ganti semua kabel. Ini bisa berhari-hari.
Bikin switch cut Off khusus kabel accu aja Oom..

Re: Aki drop

Posted: Mon Aug 10, 2009 9:32 am
by pauluspaska
saya periksa pakai ammeter sewaktu parkir, ternyata listrik yang tersedot oleh Alarm, jam, mobil, dan tape hanya 0,7A saja, tapi kenapa bisa drop di pagi hari ya?

Re: Aki drop

Posted: Mon Aug 10, 2009 9:33 am
by pauluspaska
ariphrp wrote:
Bikin switch cut Off khusus kabel accu aja Oom..
Nah saya kepikiran itu juga tuh om, thanks inpo nya..