Pernah kuras radiator sendiri????

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
garfield

Re: Pernah kuras radiator sendiri????

Post by garfield » Wed May 05, 2010 8:59 pm

air accu yg tutup biru tu air murni om, jadi gak ada campuran kimianya sama sekali, itu air hasil suling kok. kalo air defreeze kulkas itu sama spt air AC, sama2 hasil kondensasi, cuma kalo di kulkas dia ngumpul, beku dan numpuk2 sampe akhirnya muncul bunga es, nah kalo di defreeze kan cair, itu deh di kumpulin :) imho

User avatar
cokgus
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 753
Joined: Fri Jan 15, 2010 11:01 am
Location: Gianyar-Bali
Contact:

Re: Pernah kuras radiator sendiri????

Post by cokgus » Wed May 05, 2010 10:00 pm

Stlh bc2 beberapa artikel,ternyata ad yg sdh melakukan ujicoba trhdap 4 cairn (aki ttp biru,air ac,coolant,air ledeng),pengujian dilakukan dng memasukkan paku ato logam laenny ke masing2 cairan itu direndam slm 2hr,trnyata air aki menimbulkan korosi yg pling tinggi dri air biasa dan air ac,coolant pling baik...Mungkin u/ lbh meyakinkan apkh pengujian ini beneran ato bhongan bs dicoba dng wkt yg lbh lm..
Menurut penelitian mjlah autobile thd 7 mrek coolant,prestone tutup kuning pling bgus...
Sy mendadat info jg kalo waktu kita kuras radiator terdapat endapan coklat mendingan jng pake coolant krn dpt merontokkan karat yg ada diradiator dan membentuk gumpalan yg bs saja menyumbat radiator..Tp kalo pake air lg karat nambh lg dunk..
Jd gmn teman2 menurut kalian?

[Post made via Mobile Device] Image

Zarno
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1254
Joined: Wed Mar 18, 2009 9:43 am
Location: Cilacap-Yogyakarta-Jakarta
Contact:

Re: Pernah kuras radiator sendiri????

Post by Zarno » Wed May 05, 2010 10:59 pm

cokgus wrote:Stlh bc2 beberapa artikel,ternyata ad yg sdh melakukan ujicoba trhdap 4 cairn (aki ttp biru,air ac,coolant,air ledeng),pengujian dilakukan dng memasukkan paku ato logam laenny ke masing2 cairan itu direndam slm 2hr,trnyata air aki menimbulkan korosi yg pling tinggi dri air biasa dan air ac,coolant pling baik...Mungkin u/ lbh meyakinkan apkh pengujian ini beneran ato bhongan bs dicoba dng wkt yg lbh lm..
Menurut penelitian mjlah autobile thd 7 mrek coolant,prestone tutup kuning pling bgus...
Sy mendadat info jg kalo waktu kita kuras radiator terdapat endapan coklat mendingan jng pake coolant krn dpt merontokkan karat yg ada diradiator dan membentuk gumpalan yg bs saja menyumbat radiator..Tp kalo pake air lg karat nambh lg dunk..
Jd gmn teman2 menurut kalian?

[Post made via Mobile Device] Image
suggestku sih tetep campuran aer ma coolant...40% aer dan 60% coolant..dan slama [maaf] aku punya mobil [mskipun punya ayah] dan diterapkan lbih dari 10thn klo pake aer campur coolant ga prnah ada keluhan..mengenai karat mnurutku karena faktor usia saja....
my email + FB + YM: agunk_speedgoers@yahoo.co.id [Muhammad Agung Budi Setiawan]

my twitter : AgungTheGreat

or call 085742214224

darren
GC Noob
GC Noob
Posts: 44
Joined: Mon Jan 25, 2010 5:09 pm

Re: Pernah kuras radiator sendiri????

Post by darren » Thu May 06, 2010 2:02 am

Dari milis sebelah, semoga berguna :

Saat membuka tutup radiator (sebaiknya dalam kondisi mesin dingin), jika ternyata kondisi airnya keruh alias tidak bening.
Penyebab air radiator berubah jadi begitu karena kotoran berasal dari karat. Jika dibiarkan terus, semakin lama akan menumpuk dan menyumbat jalur air. Dampaknya, sistem pendinginan bekerja tidak sempurna, membuat suhu mesin meninggi. Apalagi dihadapakan dengan kondisi jalanan yang macet.

Untuk mengganti air yang keruh dengan yang bersih (dikuras), bisa dilakukan sendiri tanpa harus membawa ke bengkel. Bisa cuma menukar air atau sekalian dibersihkan dengan cairan khusus pembersih radiator yang tersedia dalam kemasan 5 liter. Pemakaiannya dicampur air, perbandingannya tertera di kemasan itu.

Ketika hendak melakukan pengurasan, jika kondisi mesin masih dingin, "Panaskan dulu mesin selama kira-kira 10 sampai 15 menit. Atau bisa dilihat dari jarum indikator sampai seperempat," jelas Asribowo V, Wakil Kepala Seksi bengkel Srikulit, Gramedia.

Setelah itu ikuti langkah-langkah ini.
1. Buka tutup radiator. "Untuk menjaga keselamatan, pergunakan kain lap cukup tebal. Kalau sudah terbuka, angkat perlahan-lahan untuk memastikan air yang panas muncrat atau tidak," lanjut Asribowo.

2. Buka tutup pembuangan air berbentuk kupu-kupu. Posisinya berada di bagian bawah (kalau tidak disebelah kiri, adanya di kanan). Membukanya gunakan obeng dan jika sudah terbuang, tutup kembali

3.Jika tidak menggunakan radiator flush, lepas slang bagian atas di radiator. Tujuannya, supaya air kotor di dalam blok mesin terbuang.

4. Setelah itu, isi air ke mulut radiator - sementara slang bagian atas tadi masih lepas - sambil mesin dihidupkan dan putarannya antara 1.500 - 2.000 rpm selama 5 - 10 menit. Sementara slang yang mengucurkan air tetap terus di mulut radiator.

5. Perhatikan air yang keluar dari slang radaitor sudah bening. Barulah cabut slang yang mengalirkan air ke mulut radiator. Sementara mesin jangan langsung dimatikan, tunggu sekitar 1 menit sampai dua menit. Atau bisa dilihat dari slang radiatort, jika sudah tidak keluar segera matikan mesin.

6. Pasang kembali slang radiator dan isi sampai penuh. Kalau bisa pergunakan air mineral isi ulang. Jika dari PAM atau air dari tanah (disedot pakai pompa) karena zat besinya cukup tinggi.

7. Sekalian bersihkan tabung (bagian dalamnya) penampung air cadangan radiator (reservoir). kalau sulit bisa pakai pasir halur dicampur air dan dikocok-kocok.

8. Ketika melakukan pengurasan, beberapa merek mobil seperti B**, Honda, P****** dan M**** terdapat baut pembuangan angin. Jadi, usai memasukkan air baut di kendurkan sedikit dan nyalakan mesin pada putaran 1.500 sampai 2.000 rpm. Jika sudah keluar gelembung udara atau air, kencang lagi bautnya.

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: Pernah kuras radiator sendiri????

Post by meneer » Thu May 06, 2010 5:28 am

semua tips diatas sepertinya hanya berlaku kalo thermostat dah dilepas...karna aer radiator langsung bersirkulasi masuk ke water jacket...
FYI,thermostat baru membuka di angka 90 drajat atw temp hampir setengah...aer dah panas tuh....
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
cokgus
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 753
Joined: Fri Jan 15, 2010 11:01 am
Location: Gianyar-Bali
Contact:

Re: Pernah kuras radiator sendiri????

Post by cokgus » Thu May 06, 2010 7:13 am

meneer wrote:semua tips diatas sepertinya hanya berlaku kalo thermostat dah dilepas...karna aer radiator langsung bersirkulasi masuk ke water jacket...
FYI,thermostat baru membuka di angka 90 drajat atw temp hampir setengah...aer dah panas tuh....
ga jg koq om meneer.Stlah drain radiator air diisi penuh lg (drain dttp) trus buka upper hoseny,trus nyalain mesin ampe kipas nyala ato termostat buka,otomatis kan air radiator masuk ke wter jket,krn upper hose dlepas air dri water jaket ga masuk lg k radiator..Agar radiator ga kosong krn ketarik kewater jaket makanya dialiri air lwt mulut radiator..

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
cokgus
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 753
Joined: Fri Jan 15, 2010 11:01 am
Location: Gianyar-Bali
Contact:

Re: Pernah kuras radiator sendiri????

Post by cokgus » Thu May 06, 2010 7:27 am

Coolant memang sangat baik u/ radiator slain u/ melumasi logam biar ga mengkarat tp jg dpt merontokkan karat..Karena memiliki titik didih yg baik maka sngt cocok sbgai pendingin,coolant jg pny titik beku yg rendah..Pd mbil baru/radiator baru coolant dpt merawat dan menambah usia pakai radiator dibanding air biasa..Namun tdk bgtu dng radiator yg sudah terlanjur bertahun2 menggunakan air biasa,tak jarang stlh memakai coolant radiatorny jd mampet ato bocor,bgtu jg dng water pump yg tdk bkerja dng normal,ini bukan mslh coolantny yg jelek tp krn sifat coolant itu td sbgai pelindung dan perontok karat..
Oleh karena itu ktika kt menguras radiator apkah air kurasan trdpat gumpalan coklat (karat) yg bnyak kalo iya mending jng memakai coolant lebih baik pakai air ac,air ledeng yg telah didiemkan slm bbrp hari...

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: Pernah kuras radiator sendiri????

Post by pauluspaska » Thu May 06, 2010 8:36 am

Memeriksa radiator gak sampai 1 menit tiap hari, tapi memberi manfaat besar. Ibarat one apple a day make the doctor go away.
Apakah warna cairan berubah, berkurang, berubah viscositasnya, dll

Periksa juga radiator setelah perjalanan panjang dan panas dan kecepatan rendah untuk melihat kekuatan cairan dan material radiator dan sistem pendinginan.

Saya sekarang malas pakai coolant, sebab sering kuras sendiri, jadi bisa menghemat uang juga. bisa berhenti dimana saja, terus bisa dapetin air secara bebas.
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: Pernah kuras radiator sendiri????

Post by ariphrp » Thu May 06, 2010 9:00 am

pake air apa oom PP?

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: Pernah kuras radiator sendiri????

Post by pauluspaska » Thu May 06, 2010 9:28 am

air tanah, air pam, air suling bambu, tapi gak pake air kelapa om hehehe
Grandcivic Kaca Gelap

Post Reply