MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
HaJIIB
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 694
Joined: Wed Apr 28, 2010 9:06 am

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Post by HaJIIB » Sun Jun 13, 2010 9:41 pm

klo menurut sy ya om,...
dinamo kebakar (gosong) itu dikarenakan karena umur pemakaian sudah terlalu lama.....(bener g ya??) :mrgreen:
dl sy juga ngalamin gt om,...
pertama ganti dinamo starter, trus beli accu, tp cm bertahan seminggu aj...
trnyata dinamo ampere nya jg udah usang....

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Post by ariphrp » Sun Jun 13, 2010 10:34 pm

Sebentar.. kronologinya gini ya:

- Alternator bermasalah, karena elektroniknya (IC mungkin maksudnya ya) rusak jadi beli baru..
- Setelah beli dan pasang 1 minggu dinamonya terbakar..

bener gitu ya?

Masalahnya pertama timbul nggak dicheck dulu sama bengkel waktu ganti alternator baru?
Alternatornya yang baru bisa terbakar ingat nggak ada kejadian apa? Menerjang banjir? kena siram waktu nyuci mobil?
atau kelistrikan mobil apa sudah ada penambahan beban? Audio mungkin?

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Post by onta » Mon Jun 14, 2010 10:19 am

Di dalem alternator ada 2 bagian terpisah,
- kumparan rotor (yg muter)
- kumparan statik

yg nyedot listrik aki, komponen yg nyambung di kumparan rotor: IC CutOut + Kumparan.
yg menghasilkan listrik, kumparan statik dgn komponen Dioda penyearah + Kumparan.

Biasanya yg bikin kebakar kumparan rotor itu karena kepanasan, bisa jadi korsletting, antara lain kena cipratan air.
IC CutOut mati, biasanya karena umur/kualitas komponen. Bungkusnya sendiri sdh waterproof.

Klo dioda penyearah putus, bisa karena beban listrik di mobil terlalu besar, atau ada korslet di kelistrikan mobil.

klo ga salah di google ada artikel pdf soal alternator Grandcivic. yg bikin anak kuliahan buat thesis.
cukup lengkap tapi lupa lagi linknya :D

User avatar
b2199nb
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1346
Joined: Mon Dec 28, 2009 7:28 pm

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Post by b2199nb » Tue Jun 15, 2010 6:02 pm

klo saya mah dulu majalahnya cuma, aki gak mo ngisi, trus di servis aja ke tukang dinamo, rebes deh
FYI, kebetulan juga inner fender sempet ilang gara2 nerobos banjir (tau dah ntu kok bisa???), tp gak pernah ampe konslet begitu om...
mo selamat pelan - pelan, cari perawan cepet - cepet...GAAAASSS POOOOLLLL!!!!

User avatar
b2199nb
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1346
Joined: Mon Dec 28, 2009 7:28 pm

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Post by b2199nb » Tue Jun 22, 2010 11:58 pm

oowee wrote:alternator baru sudah terpasang,
cuman masalahnya lagi lampu aki di dashboard sering mati,...
kenapa bisa ya? mohon pencerahannya om
bukannya klo dah idup emang mati ya om indikator aki??? justru klo idup berarti ada majalah ama listrik aki, CMIIW ;)
kamsudnya mati bijimane neh om??? :-?
mo selamat pelan - pelan, cari perawan cepet - cepet...GAAAASSS POOOOLLLL!!!!

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Post by onta » Thu Jun 24, 2010 3:31 pm

Bisa jadi IC cutout di alternator sdh apkir.
coba di cek tegangan di kepala aki waktu rpm di atas 2000, apa masih spek di maksimal 14.8V
klo sdh di atas itu, berarti icnya sdh ga bekerja.
klo masih di rentang 14.8 ke bawah, IC masih bisa memutus arus ke alternator, tp ga berani jamin bakal seterusnya :shock:

User avatar
b2199nb
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1346
Joined: Mon Dec 28, 2009 7:28 pm

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Post by b2199nb » Fri Jun 25, 2010 4:56 pm

nah sang suhu berbicara tuh om :ymapplause:
mo selamat pelan - pelan, cari perawan cepet - cepet...GAAAASSS POOOOLLLL!!!!

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Post by ariphrp » Fri Jun 25, 2010 7:09 pm

pake penambahan alat apa aja oom?

User avatar
wibowo
GC Noob
GC Noob
Posts: 141
Joined: Thu Jan 28, 2010 1:22 pm
Location: Banjarmasin
Contact:

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Post by wibowo » Mon Jul 12, 2010 3:26 pm

Wah klo udah bincang perihal kompon elektrik benar sulit, saya pernah sedang jalan dengan sang ke kasih tapi tiba2 radio mate, setlah itu lampu sein mate, setelah tu ac mati jua. Sy kira batre ni dah rozak, buru-buru ke tukang batre beli baru harga 500 rb. Starter langsung jrengeneng, sambil siul2 kita jalan lagilah. Tak taunya baru satu jam jalan semua pada matilah lampu2 ni redup. Buru2 kembali pulang dan masuk workshop, ternyata alternator dah rozaklah. Disaran sama tukang bengkel beli baru ja, daripada repair biasa tak brapa bagus. Akhirnya belilah harga 800rbu, alhamdulillah sampe skrg bagus saja.
Coba cek kabel2nya om, sapa tau dah usanglah dah tak bagus hantar listrik ke batre dan lagi konsleting dan tu sebabkan kebakar.
DA8066PB

ghananto
GC Noob
GC Noob
Posts: 1
Joined: Sun Jul 26, 2015 7:09 pm

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Post by ghananto » Sun Jul 26, 2015 7:22 pm

Maaf om semua minta pencerahan nih om,GC saya indikator akinya nyalah terus kira kira kenapa ya om?udah ganti dimano ampere masih nyala terus ..apa kena ICnya ya om?mohon pencerahan.

Post Reply