MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
christian hadinata
GC Noob
GC Noob
Posts: 191
Joined: Thu Nov 21, 2013 8:20 pm
Location: situbondo
Contact:

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Post by christian hadinata » Mon Aug 24, 2015 2:51 pm

mhon pencerahannya om lx sya klo start awal normal rpm 900 tp jika maen lampu bwh dihidupin tuh rpm ngedrop kisaran 800 rpm apalg ditmbah ngidupin lampu dim ngedrop bs smpek 750 rpm..knpa ya om apa mkn membutuhkan strom yg besar sehingga pengaruh thd putran mesin ? mhon pncerahannya trima ksh

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Post by Pa'de Gung » Tue Aug 25, 2015 1:39 am

Sebenarnya itu hal wajar om..., betul.., karena tambahan beban mesin jadi sedikit drop.

viewtopic.php?style=21&f=7&t=6764

Tapi seharusnya tidak sebanyak itu turunnya..., mungkin itu disebabkan alternator yg kurang bagus, ato seting mesin yg kurang pas sehingga kurang tenaga.

Mungkin bisa diceritakan sejak kapan kejadian begitu?

christian hadinata
GC Noob
GC Noob
Posts: 191
Joined: Thu Nov 21, 2013 8:20 pm
Location: situbondo
Contact:

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Post by christian hadinata » Tue Aug 25, 2015 8:37 pm

Pa'de Gung wrote:Sebenarnya itu hal wajar om..., betul.., karena tambahan beban mesin jadi sedikit drop.

viewtopic.php?style=21&f=7&t=6764

Tapi seharusnya tidak sebanyak itu turunnya..., mungkin itu disebabkan alternator yg kurang bagus, ato seting mesin yg kurang pas sehingga kurang tenaga.

Mungkin bisa diceritakan sejak kapan kejadian begitu?
mkn krn usia ya om..pkek lx udah lama om hmpir 5th an..bru nyadar aja om pas cb ngidupin lampu dim kok ngedrop..

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Post by Pa'de Gung » Wed Aug 26, 2015 1:46 am

Coba tune up dulu om, mungkin power mesin yg sedikit menurun.

christian hadinata
GC Noob
GC Noob
Posts: 191
Joined: Thu Nov 21, 2013 8:20 pm
Location: situbondo
Contact:

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Post by christian hadinata » Wed Aug 26, 2015 1:24 pm

Pa'de Gung wrote:Coba tune up dulu om, mungkin power mesin yg sedikit menurun.
udah tune up om kmren abis lebaran meliputi carbon cleaner,servis karburator plus carb cleanny disuntikkan lwt selang vakum,cek pengapian pkek timing light normal semua om bersihin busi..cm selama pegang ni mobil blum pernah stel klep..kta sibengkel gk perlu ktanya msih oke..biasany stel klep itu tiap brpa km om?

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14021
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Post by adeindra » Wed Aug 26, 2015 3:07 pm

kalo kayak saya pas tune up yah setahun sekali :D

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Post by Pa'de Gung » Wed Aug 26, 2015 3:42 pm

Kalo mesin oke brarti tinggal alternator aja kemunkinannya.., ato lampunya terlalu besar mungkin?
Kalo lampu dekat yg nyala..., drop sampai berapa?

Yg saya tau..., menyalakan lampu memang rpm jadi turun..., tp tidak banyak. (lampu low dan rpm diatas 500).
Menurunkan idle sampai dibawah 500, justru ga turun sama sekali.

Ihhii
GC Noob
GC Noob
Posts: 9
Joined: Wed Oct 12, 2016 11:38 am

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Post by Ihhii » Fri Dec 01, 2017 9:42 pm

Pak de. Mau tanya kalo indikator aki nyala redup krnapa ya. Kejadian pas ngidupin lampu depan ato ngidupin ac

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Post by Pa'de Gung » Sat Dec 02, 2017 8:34 pm

Lampu chg menyala jika tegangan listrik dari alternator/dinamo ampere lebih rendah dari tegangan listrik aki.
Jadi pada saat indikator menyala, bisa dipastikan aki tidak di isi, tapi sedang digunakan.
Mungkin brush udah tipis, coba bawa ke tukang dinamo untuk dicek kondisinya.

Post Reply