AC on RPM malah turun!!!

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
Post Reply
User avatar
dody
GC Lover
GC Lover
Posts: 203
Joined: Mon Sep 20, 2010 9:26 pm
Location: Tuban jatim

AC on RPM malah turun!!!

Post by dody » Mon Oct 25, 2010 6:09 pm

Untuk om om semua ada yg pernah ngalamin gak?trus kira2 apanya yg harus di benerin?

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5561
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: AC on RPM malah turun!!!

Post by Pa'de Gung » Tue Oct 26, 2010 1:21 am

Saat AC on, solenoid valve (sebelah kiri motor wipper) akan membuka, selanjutnya membran vacum akan terhisap dan menarik tuas gas sehingga rpm naik.
Periksa apakah membran vacum ini bekerja saat ac di hidupkan. Jika ya, setel pegatur idle di ujung membran pada tuas karbu. jika tidak, mungkin selang penghubung bocor, ato solenoid valve tidak bekerja.
Keknya ke tukang AC lebih gampang ya.... :D :D

User avatar
dody
GC Lover
GC Lover
Posts: 203
Joined: Mon Sep 20, 2010 9:26 pm
Location: Tuban jatim

Re: AC on RPM malah turun!!!

Post by dody » Tue Oct 26, 2010 6:57 am

Klu tanpa ac tapi lampu di on semua, rpm juga turun?kira2 seloidnya juga apa ada komponen yg lain om?

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
adeindra
Site Admin
Site Admin
Posts: 13967
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: AC on RPM malah turun!!!

Post by adeindra » Tue Oct 26, 2010 8:24 am

Udah sering banget kita bahas hal ini, mungkin sebaiknya bisa menggunakan fasilitas search om...jadi bisa cepet terjawab. Cek dulu di karbu sisi kanan (kalo kita lagi menghadap mesin) ada setelan ketinggian gas kalo ac lagi on, pake obeng untuk meninggikanya. Kalo gagal, mungkin idle up ac nya yang ada di firewall yang perlu diganti. Terkait lampu hidup, ya memang karbu kita engga ada autochoke yang bikin gas lebih tinggi kalo lampu nyala, kemungkinan penggunaan lampu tuh nyedot listrik yang besar sehingga gas turun. Cek kabel2 ke lampu deh. Sekalian cek semua selang selenoid yang ke karbu apa ada kebocoran engga

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
choElo98
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1610
Joined: Thu Jan 14, 2010 1:46 pm
Location: Padang-Pariaman-Bukittingi

Re: AC on RPM malah turun!!!

Post by choElo98 » Tue Oct 26, 2010 2:30 pm

kalo gitu musti diLocked ya om momod?
:D
" ...ciek,,duo,,,tigo,,,gooooooooooo ... "


Mari Rame_in Forum

User avatar
dody
GC Lover
GC Lover
Posts: 203
Joined: Mon Sep 20, 2010 9:26 pm
Location: Tuban jatim

Re: AC on RPM malah turun!!!

Post by dody » Tue Oct 26, 2010 4:45 pm

Klo AC dinyalakan pas RPM diatas 1500/2000,harusnya RPM nambah ke atas apa turun.klo di GC saya kok turun om,normal g ya?

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
cutemaster
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 700
Joined: Thu May 20, 2010 2:45 pm
Location: Cibinong - Bogor - Jambi
Contact:

Re: AC on RPM malah turun!!!

Post by cutemaster » Tue Oct 26, 2010 7:27 pm

Coba membantu, CMIIW ya om.

Setau saya, prinsip kerja vacum AC itu untuk menjaga idle RPM pada kondisi putaran mesin yg ideal seiring dengan penambahan beban kerja enjin saat AC dinyalakan.

Itu sebabnya kebanyakan Idle RPM akan naik di range 300-400 RPM dari kondisi awal saat AC dinyalakan.

Dan akan kembali turun ke kondisi awal bila AC di Non - aktivkan.

Smoga membantu

[Post made via Mobile Device] Image

Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests