Oli Matic

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
Haris Reski
GC Noob
GC Noob
Posts: 14
Joined: Wed Oct 27, 2010 5:47 pm

Oli Matic

Post by Haris Reski » Sun Dec 26, 2010 9:28 am

Yth senior grandcivic semua...

Mengenai oli matic untuk grandcivic thn 90.
1. Oli matic yg bagus / biasa dipake buat grandcivic merk apa ya?
2. Kisaran biaya yg dibutuhkan?
3. Bengkel rekomendasi untuk kuras oli matic dimana ya??.

Mohon pencerahan dari senior semua, maklum masih newbie nih, mau ke bengkel asal2an takut ditipu...
Sebenernya gak ada masalah serius sama transmisi matic grandcivic ane, cuman katanya kalo abis kuras dan ganti oli matic maka tarikan akan jauh lebih enteng makanya jadi pengen.

User avatar
realidhed
GC Noob
GC Noob
Posts: 51
Joined: Mon Dec 20, 2010 12:10 pm

Re: Oli Matic

Post by realidhed » Mon Dec 27, 2010 6:00 pm

Hallo Oom Haris, salam kenal yaa..
Sesama pemakai metik kita.. ;-)

Sedikit share, :
GC newbie, perdana jalan jkt-bdg weekend kemarin. Alhamdulillah gakda masalah berarti! :-)
Di jalan yg panjang dan paling nanjak sedikiiit bgt, kickdown pada posisi tuas d4, rpm bertahan konstan di 3000-3200, dan top speed hanya 110-115km/h. Penumpang 4 orang..
Nafas mesin sepertinya masih ada, mungkin transmisi matiknya GC newbie enggak bisa mentransmisikan torsi mesin lebih banyak lagi ke roda. Gak berani kickdown lebih lama lagi karena kondisi radiator belum dikuasai dan engine temp. udah manteng di skala 1/2.
Newbie juga belum kuras oli metik, karena belum dapet bengkel referensi daerah jaksel.. :-(
Beberapa postingan senior (Oom Fieldz dan Oom Paulus) menyatakan bahwa kuras/maintenance saluran oli metik bisa menjaga performa transmisi metik.

Ikut tunggu wangsit dari para senior disini, supaya bisa optimalkan performa GC metik newbie.

Salam,
Image
----- idhed -----
..is joyriding an EF..

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: Oli Matic

Post by Koboy » Tue Dec 28, 2010 1:00 am

wah...sorry om....kalo matic buta sama sekali....

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: Oli Matic

Post by pauluspaska » Tue Dec 28, 2010 3:36 pm

Welcome Om,
Selamat datang pemakai matic!
saya biasa kuras di Sinar Kalimantan Pecenongan Jakarta Pusat.
Pakai oli STP sahaja, sebab saya suka kuras jadi sayang uangnya, yang penting Dextron III
Top speed yang berani digenjot cuma 140 km/j walau masih bisa lagi.
konsumsi BBM 1:10 dalkot
luar kota lebih lagi
btw saya sudah ganti matic yang ex-singapore, yang pertama jebol karena sering dipake buat sprint.

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
Fieldz
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1223
Joined: Thu Aug 28, 2008 9:52 am
Location: j.a.k.a.r.t.a
Contact:

Re: Oli Matic

Post by Fieldz » Wed Dec 29, 2010 4:28 am

Haris Reski wrote:Yth senior grandcivic semua...

Mengenai oli matic untuk grandcivic thn 90.
1. Oli matic yg bagus / biasa dipake buat grandcivic merk apa ya?
2. Kisaran biaya yg dibutuhkan?
3. Bengkel rekomendasi untuk kuras oli matic dimana ya??.

Mohon pencerahan dari senior semua, maklum masih newbie nih, mau ke bengkel asal2an takut ditipu...
Sebenernya gak ada masalah serius sama transmisi matic grandcivic ane, cuman katanya kalo abis kuras dan ganti oli matic maka tarikan akan jauh lebih enteng makanya jadi pengen.
ikutan sharing..
1. rata2 mekanik si bilang paling bagus ya yg dari merek pabrikan mobil kita tentunya, tp ga tau jg deh, saya sendiri beda2.. terakhir kali mekanik bengkel langganan bilang ga perlu itu.. pake merk "atas satu" udh cukup and so far fine2 aja
2. ongkos jasa kuras oli matic yg pake "mesin"nya itu antara 100-150rb-an, plus 7-8 liter -CMIIW- oli nya (biaya tentunya tergantung merek yg digunakan)
3. Domisilinya dimana om? ..kalo di Jkt, seputaran radal ada beberapa bengkel yg cukup dikenal, saya terakhir di daerah kebayoran lama..deket bengkel langganan.
Image

Haris Reski
GC Noob
GC Noob
Posts: 14
Joined: Wed Oct 27, 2010 5:47 pm

Re: Oli Matic

Post by Haris Reski » Thu Dec 30, 2010 3:19 pm

realidhed wrote:Hallo Oom Haris, salam kenal yaa..
Sesama pemakai metik kita.. ;-)

Sedikit share, :
GC newbie, perdana jalan jkt-bdg weekend kemarin. Alhamdulillah gakda masalah berarti! :-)
Di jalan yg panjang dan paling nanjak sedikiiit bgt, kickdown pada posisi tuas d4, rpm bertahan konstan di 3000-3200, dan top speed hanya 110-115km/h. Penumpang 4 orang..
Nafas mesin sepertinya masih ada, mungkin transmisi matiknya GC newbie enggak bisa mentransmisikan torsi mesin lebih banyak lagi ke roda. Gak berani kickdown lebih lama lagi karena kondisi radiator belum dikuasai dan engine temp. udah manteng di skala 1/2.
Newbie juga belum kuras oli metik, karena belum dapet bengkel referensi daerah jaksel.. :-(
Beberapa postingan senior (Oom Fieldz dan Oom Paulus) menyatakan bahwa kuras/maintenance saluran oli metik bisa menjaga performa transmisi metik.

Ikut tunggu wangsit dari para senior disini, supaya bisa optimalkan performa GC metik newbie.

Salam,
Salam kenal juga om.
Saya pernah bawa GC saya ini ke bdg bahkan naik ke tangkubanprahu nya sekalian masih kuat om, emang agak berat sih pas naik ke kawahnya tapi so far GC saya kondisinya masih lumayan kalo diajak naik2 ke puncak gunung tinggi2 sekali hehehe :)) ....

Haris Reski
GC Noob
GC Noob
Posts: 14
Joined: Wed Oct 27, 2010 5:47 pm

Re: Oli Matic

Post by Haris Reski » Thu Dec 30, 2010 3:27 pm

pauluspaska wrote:Welcome Om,
Selamat datang pemakai matic!
saya biasa kuras di Sinar Kalimantan Pecenongan Jakarta Pusat.
Pakai oli STP sahaja, sebab saya suka kuras jadi sayang uangnya, yang penting Dextron III
Top speed yang berani digenjot cuma 140 km/j walau masih bisa lagi.
konsumsi BBM 1:10 dalkot
luar kota lebih lagi
btw saya sudah ganti matic yang ex-singapore, yang pertama jebol karena sering dipake buat sprint.

[Post made via Mobile Device] Image

Biasa abis berapa buat ongkos kuras plus olinya om?? saya mau siapin budgetnya nih...
Saya pernah baca kalo kuras oli matic itu yang bagus dengan metode ditambah oli baru sambil buang oli lama sampai oli yang keluar itu bening (oli lama seluruhnya terganti dengan oli baru) bukan dengan mesin penyedot (ATF charger), nah yang di Sinar Kalimantan tempat om itu seperti apa kurasnya??
Makasih sebelumnya...

Haris Reski
GC Noob
GC Noob
Posts: 14
Joined: Wed Oct 27, 2010 5:47 pm

Re: Oli Matic

Post by Haris Reski » Thu Dec 30, 2010 3:31 pm

Fieldz wrote: ikutan sharing..
1. rata2 mekanik si bilang paling bagus ya yg dari merek pabrikan mobil kita tentunya, tp ga tau jg deh, saya sendiri beda2.. terakhir kali mekanik bengkel langganan bilang ga perlu itu.. pake merk "atas satu" udh cukup and so far fine2 aja
2. ongkos jasa kuras oli matic yg pake "mesin"nya itu antara 100-150rb-an, plus 7-8 liter -CMIIW- oli nya (biaya tentunya tergantung merek yg digunakan)
3. Domisilinya dimana om? ..kalo di Jkt, seputaran radal ada beberapa bengkel yg cukup dikenal, saya terakhir di daerah kebayoran lama..deket bengkel langganan.

Oohh begitu om..
Saya domisili ada di tomang jakarta barat...
Kalo bengkel yang om pake itu namanya apa?? servisnya gmn?? recommended gak??
Makasih sebelumnya..

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: Oli Matic

Post by pauluspaska » Mon Jan 03, 2011 12:04 pm

Haris Reski wrote:
Biasa abis berapa buat ongkos kuras plus olinya om?? saya mau siapin budgetnya nih...
Saya pernah baca kalo kuras oli matic itu yang bagus dengan metode ditambah oli baru sambil buang oli lama sampai oli yang keluar itu bening (oli lama seluruhnya terganti dengan oli baru) bukan dengan mesin penyedot (ATF charger), nah yang di Sinar Kalimantan tempat om itu seperti apa kurasnya??
Makasih sebelumnya...
Ongkos jasa, kalau bawa oli sendiri Rp. 150K kalau dari bengkelnya jadi Rp. 100K, mereka pakai shell yang 1 liternya rp. 60K
wah yang ATF charger saya belum pernah lihat yang kayak gimana, yang biasa di bengkel saya, oli baru dimasukin, pada saat yang sama oli lama dikeluarkan sampai oli yang keluar bening. Mesin sambil dinyalain. Biasanya setelah kuras, mobil jadi enteng, diajak sprint nurut.

Kalau STP kira-kira Rp. 37K
Oli butuh 7 liter kuras habis.

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
kokoktama
GC Noob
GC Noob
Posts: 155
Joined: Mon Sep 27, 2010 12:17 pm
Location: Klaten - GunungKidul
Contact:

Re: Oli Matic

Post by kokoktama » Wed Jan 05, 2011 12:08 pm

matic ku dah keberatan naik ke gunung kidul yogyakarta...pake d4 penumpang 4 orang dah ga ngangkat..minimal pake d3..seringnya pake 2 dan klo nanjaknya kelamaan engine temp langsung naik 3/4....kenapa ya?

Post Reply