Page 12 of 14

Re: Masalah air radiator

Posted: Thu Nov 10, 2016 7:16 am
by merdi
Pa'de Gung wrote:Kalo kerak di ujung selang, coba lepas selang. Kadang ujung inletnya keropos. Kalo ga parah bisa disealer ulang.
Kalo kerak di sambungan thermostat house.. biasanya dalem dah keropos, sebaiknya ganti saja..

Re: Masalah air radiator

Posted: Thu Nov 10, 2016 7:20 am
by merdi
Kebetulan mslhne hmpir sama nih, klo pnya sya jarum temprtur menunjukan 1/4,normal" z dllu sblm dlepas jumpernya n keadaan thermostat dlepas oleh pemilik sblmnya, katanya pernah overheat, trus sya skrng jumpernya dbuka/dstandarin lg ke pabrik, dcoba jarak 10menit 2 kipas muter tapi cm bentar Pa'de kira" 1menitan lah, kmren coba perjalanan dr Pangandaran - Bandoeng AC OFF, temprtr naik hampir 1/4 lg ke H, kondisi jalan menanjak, g bwa penumpang, brenti dlu, terdengar dah suara berdesiis air keluar dr resevoir tank, radiator bergolaaaak mendidih kya mau rebus telor,,hihhihihi....ngeriiiiiRibanget,,,,panaaassss! didiemin bentar, smp desis m golakan aer reda, dibuka tutup radiator trus di isi aer aqua 1lter lebih, ukuran aqua btol gde habis Pa'de....hauuuus benerrrr n kecapean x y...hehe stlh gtu jarum temprtur mnnjukan 1/4 d bawah spt biasa, jalan lg trus dan trus gtu stp 15km prjlnan, tah kumaha Pa'de...apanya, hrus dikuraskah cz terlihat dr lubang tutup radiator terlihat byk ktrn n mamoet gt, apa ada indikasi kerusakan lain gt Pa'de Gung,,,,rencana mau dkuras dlu, tapi saran om Arozi ganti z radiatornya pake koyorad/taiwan...mmmmmmh...mohon sarannya dr para suhu GC.com...
Brp Pa'de hrga sambungan thermostat housenya, cz pnya sya kropos terakhir dperiksa n thermostatnya dcopot pula, kta mekanik g ngaruh terpasang/tdk thermostat, g bakalan apapapa ke mesin, gt Pa'de, menurut Pa'de gmn...? Maaaf jd cerita panjang lebar,hehehe

Re: Masalah air radiator

Posted: Thu Nov 10, 2016 8:38 am
by Pa'de Gung
coba bahas satu per satu ya om..
masalah radiator sebenarnya sederhana, tapi bisa ribet karena areanya lumayan luas.

1. Dipanasin 10mnt kipas muter. (tanpa thermostat)
Sepertinya agak cepet panas dari rata sekitar 20mnt idle,
tapi tergantung suhu awal mesin dan suhu sekitar juga.
Namun kalo dilihat dari lamanya kipas berputar.., lumayan cepet, cuma 1mnt an, berarti kondisi kipas bagus.

2. over head
Yg pertama kali bisa diperiksa saat over head:
1. pastikan kipas berputar saat radiator mendidih dan kontak on.
2. Periksa kondisi tutup radiator, apakah karet sealnya masih bagus.

3. penyebab over head
Yang agak susah, memastikan penyebab over head karena air berkurang lalu over head (berarti ada yg bocor), ato over head lalu berkurang karene meluber ( berarti ada yg buntu)
Untuk yg begini..tindakan sesuai kondisi. kalo memang radiator kelihatan kotor/buntu, ya itu dulu diatasi. Begitu juga kalo curiga ada yg bocor. Kalo dilihat dari poin 1 sih..sepertinya radiator buntu
Hasilnya bisa dilihat apakah ada perbedaan setelah tindakan.
* *kalo kondisi radiator sering bocor sebaiknya ganti aja om, capek bolak balik nambal. Kalo cuma buntu sih..yg baru juga bisa buntu.

masalah thermostat baca di sini ยป viewtopic.php?style=21&f=7&t=9874

Harga water inlet 70rb an.
Harga thermostat house 150rb an.

Re: Masalah air radiator

Posted: Thu Nov 10, 2016 4:16 pm
by merdi
Siap laksanakan pengecekan besok pagi....mudah" hanya radiator z yang bocor atau ada yang mampet,,hehehe....
Kira" Pa'de klo radiator merk denso brp y harganya skrg, x z pa'de tau...hihi
Makasih Pa'de Gung sarannya...

Re: Masalah air radiator

Posted: Thu Nov 10, 2016 5:42 pm
by Pa'de Gung
Seingat saya sekarang 1800rb yg Denso harga madiun.

Re: Masalah air radiator

Posted: Sun Jun 25, 2017 2:28 am
by feryprianas
:smile: salam, mau sharing ni suhu2 semua. perjalanan tgl 23 juni '13 ciamis-bogor berhubungan dengan topik ini.
1. temp norm gc aku 1/2 kurang sedikit. ac on (dengan kondisi kompresor udah gak normal "ada bunyi ngiiiiiiing") dipacu 90-100kph di toll suhu naik ke 3/4. Normalkah? aku turunin kecepatan di batas minimal dalam toll, suhu turun lagi ke normal.
2. cek reservoir di rajamandala, cianjur. air nya udah di batas minimal (sebelumnya ada di maks) normalkah? dengan kondisi mesin udah ada asap putih kl rpm tinggi. nyampe dramaga bogor air di reservoir di batas min lagi.
3. sekalian tanya. 2 kipas itu dua2nya arah flow nya ke mesin ya? (udah pernah dibahas dan dijawab sih tapi belum ketemu jawaban dua2nya atau salah satu aja)
4. alhamdulillah sampai bogor. hari h lanjut ke rangkasbitung. selamat hari raya iedul fitri. mohon maaf lahir bathin

Re: Masalah air radiator

Posted: Sun Jun 25, 2017 7:05 am
by Pa'de Gung
1. Temperatur harus selalu di posisi normal setengah kurang dikit. Tidak naik ato turun dlm kondisi apapun.
2. Saat mesin panas/ jalan jauh, seharusnya reservoir justru lebih dari max, karena saat air di radiator panas, meluber ke reservoir, dan kembali ke max setelah mesin dingin.
Mungkin, saat temperatur melebihi setengah, air berlebihan keluar ke reservoir sampai terbuang, sehingga saat mesin dingin, air di reservoir jadi min.
3. Benar, kedua kipas flow ke arah mesin dan selalu berputar bersamaan.
4. Semoga lancar sampai Rangkasbitung.:)

Re: Masalah air radiator

Posted: Sun Jun 25, 2017 6:37 pm
by feryprianas
terima kasih pak de gung. alhamdulillah sampai rangkasbitung hari ini. dengan sedikit ada gasrot gasrot kerna muatan berlebih. tadi sebelum berangkat sempat liatin radiator waktu dipanasin. air meluber kipas belum muter. kirain kipas gk bakal muter ternyata muter dia. normalnya kipas radiator muter/berhenti barengan ya dua2nya. o iya punyaku belum ada extra fan ac. temperatur normal aja sepanjang perjalanan 1/2 kurang dikit. penyebabnya kemungkinan besar kerna ada yang buntu ya suhu? solusinya? korok aja kah?

Re: Masalah air radiator

Posted: Mon Jun 26, 2017 1:43 am
by Pa'de Gung
Kipas yg kecil itu namanya extra fan ac, walaupun tempatnya di radiator..:)

Betul om.., mungkin radiator ada yg buntu, coba dikorok dulu..

Re: Masalah air radiator

Posted: Mon Jun 26, 2017 6:03 am
by feryprianas
klw tambah kipas lagi boleh ya jadi tiga kipasnya?