Page 1 of 3

Tanya tentang power steering

Posted: Sat Oct 06, 2012 3:01 pm
by leon_pnj
Permisi om2.. mau nanya nih tentang pwr steering GC
kebetulan setelah dapet GC pengganti yg dulu, ada yg aneh dirasain di pwr steeringnya
yaitu rasanya lebih berat setirnya... dan sempet juga saya bandingin dengan GC om2 disini
waktu lg kumpul di sevel, emg ternyata punya saya lbh berat..

sejarahnya, kata pemilik sebelumnya pompa pwr steeringnya baru aja diganti, bahkan pompa
bekasnya yg lama juga dikasih ke saya.
yang anehnya selain lebih berat, oli pwr steeringnya gak berkurang sama sekali, berarti gak ada kebocoran kan?
trus apa ya yg bikin berat??
kmrn kata opa ade, pwr steering GC itu ada ky semacam setelan, berarti bisa di setel dong ya mau berat apa ringan?
nah pertanyaannya:
- kira2 apa ya yg bikin berat? padahal velg masih standar GC ring 13
- klo memang benar ada setelannya, letaknya dimana ya??

thanks

Re: Tanya tentang power steering

Posted: Sun Oct 07, 2012 2:51 am
by mads
bisa jadi ada masalah dari pompanya itu sendiri om..coba puter sampe abis, nah biasanya rpm kaya aga turun pas stir diputer sampe mentok..klo rpm nya anteng doang ada kemungkinan pompa ps krg tenaga..cek juga belt pwr steering ada kendor atau ngga om, puteran beltnya yg ngaruh ke kinerja PS soalnya..nahhh klo setelan PS ada di rack end nya om, cuma biasanya klo dientengin, setir pasti ada kaya jarak sepeleng yg lebih dibanding sebelom dientengin

Re: Tanya tentang power steering

Posted: Sun Oct 07, 2012 11:01 am
by leon_pnj
mads wrote:bisa jadi ada masalah dari pompanya itu sendiri om..coba puter sampe abis, nah biasanya rpm kaya aga turun pas stir diputer sampe mentok..klo rpm nya anteng doang ada kemungkinan pompa ps krg tenaga..cek juga belt pwr steering ada kendor atau ngga om, puteran beltnya yg ngaruh ke kinerja PS soalnya..nahhh klo setelan PS ada di rack end nya om, cuma biasanya klo dientengin, setir pasti ada kaya jarak sepeleng yg lebih dibanding sebelom dientengin
barusan di coba om, stir diputer2 sampe abis, RPM anteng2 aja tuh gak naik gak turun juga
berarti yg masalah pompa nya nih ya??

Re: Tanya tentang power steering

Posted: Tue Oct 09, 2012 10:55 am
by andezse
sekalian om nimbrung...mau tanya ke om-om semua apakah stir GC ya saat belok terus kembali lagi ke putaran awal... ?? punya saya tidak balik lagi perlu dibantu dengan tangan nih...kira-kira masalahnya dimana ya...apakah PS atau kaki-kaki.....

Re: Tanya tentang power steering

Posted: Fri Oct 19, 2012 11:35 am
by kuntocah
kalau saya mengalami dua2nya, yang pertama berat ( lebih berat sedikit di banding yang lain). kedua, putaran balik harus di bantu dengan tangan. mohon penjelasan dari petinggi2 GC nih.. :-o

Re: Tanya tentang power steering

Posted: Mon Oct 22, 2012 8:16 am
by rezayolando
kuntocah wrote:kalau saya mengalami dua2nya, yang pertama berat ( lebih berat sedikit di banding yang lain). kedua, putaran balik harus di bantu dengan tangan. mohon penjelasan dari petinggi2 GC nih.. :-o
coba om ke bengkel PS,. di bawah ada setelah untuk meringankan dan memberatkan putaran PS. alhasil setir bisa berat dan ringan,. modelnya di tutup cover dan tinggal kendorkan baut aja om kl tidak salah,. #mohon koreksi ya kl salah,.

Re: Tanya tentang power steering

Posted: Wed Dec 26, 2012 11:33 pm
by jenengkujendoel
Iya nih om, nouva 89 saya juga berat nih...
Klo abis belok juga stirnya harus dibantu balikkin nya...
Tanya ke org bengkel, bilang nya sih power steering nouva emang kayak gitu...
Bener gak sih?

Re: Tanya tentang power steering

Posted: Thu Dec 27, 2012 5:25 am
by kempoel888
apa yg dikatakan om mads am om reza memang benar...coba dicek dl om...ntar kl udh disetel kendor msh aj berat tuh stir coba bongkar dl join stirnya siapa tau dl pernah oblak n waktu dipress terlalu kencang...

Re: Tanya tentang power steering

Posted: Thu Jan 03, 2013 1:30 pm
by samdo
idem...menyimak dengan seksama..

Re: Tanya tentang power steering

Posted: Wed Jan 16, 2013 9:17 am
by josi
rezayolando25 wrote:coba om ke bengkel PS,. di bawah ada setelah untuk meringankan dan memberatkan putaran PS. alhasil setir bisa berat dan ringan,. modelnya di tutup cover dan tinggal kendorkan baut aja om kl tidak salah,. #mohon koreksi ya kl salah,.
Pny saya setir nya sekarang jg jd berat dan stirnya harus dibantu balikkin nya.
1. utk meringankan berarti ckp dikendorkan setelan bautnya ya Om?
2. trs biar setir bs balik sendiri kudu diapain Om?
Makasih sebelumnya :x