All times are UTC + 7 hours

Post new topic Reply to topic  [ 15 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
Offline
 Post subject: Radiator grand civic 91 bermasalah
PostPosted: Sat Nov 17, 2012 4:02 pm 
GC Noob
User avatar

Rank: GC Noob
Posts: 129
Location: Tasikmalaya
Rekan rekan granci.. Saya mempunyai masalah yang sampi saat ni belum terselesaikan mohon bantuannya,. Pencerahaannya bila rekan rekan telah mengalamiapa yang saya alami...

Pertama tama sich selang yang radiator yang dibelakang mesin yang 3 cabang selamg kecil kecil ada kebocoran kecil,. Akhirnya saya ganti selang tsb di bengkelradiator kenamaandi tasik,. Sampai 3 selang kecilnya itu saya ganti,..

Sebulan kemudian saya jalan jauh dilihat di temperatur naiksampai 3/4 ,.. Akhirnyaservice kan lagi,l pas di cek radiatornya kotor,. Dikuraslah radiator,..normalkembali,.

Sebulan kemudian temperatur di spedometer asalnya ke atas,l kalau ini kebawah dia?? Aneh,.. Saya bawalagi keservice,. Katanya ada selang yangbesar yang diatas radiator dandibawah radiator diganti,..

Setelah itu sekitar sebulan kembali,.. Apabila mesintelah dipakai lama mesinpanas,. Sekarang permasalahan yang timbul kalau di gas jarum temperatur radiator kebawah,. Laju normallagi,. Trus gas lagi jarymnya kebawah lagi,.

Pusing 7 keliling....

Apakah kalau jarum temperatur kebawah bermaslah? Kenapa ya om?

Please need helpppp
.

_________________
Erwin Lapiliana
i love my EF civic D1200BY
27830D7C
erwin.lapiliana@gmail.com


Mon Apr 30, 2012 11:08 pm
 Profile  
 
Offline
 Post subject: Re: Radiator grand civic 91 bermasalah
PostPosted: Sat Nov 17, 2012 4:03 pm 
GC Noob
User avatar

Rank: GC Noob
Posts: 129
Location: Tasikmalaya
Mohon informasinya,... Need help

_________________
Erwin Lapiliana
i love my EF civic D1200BY
27830D7C
erwin.lapiliana@gmail.com


Mon Apr 30, 2012 11:08 pm
 Profile  
 
Offline
 Post subject: Re: Radiator grand civic 91 bermasalah
PostPosted: Sat Nov 17, 2012 8:37 pm 
GC Lover

Rank: GC Lover
Posts: 267
Location: bandung-jogjakarta
berarti klo jarum temperatur kebawah dingin dong um mesin nya,jd g mslh kan?


Tue Feb 22, 2011 9:01 pm
 Profile  
 
Offline
 Post subject: Re: Radiator grand civic 91 bermasalah
PostPosted: Sat Nov 17, 2012 9:53 pm 
GC Maniac
User avatar

Rank: GC Maniac
Posts: 1512
Coba cek apakah thermostat terpasang atau tidak. Dia ditempat pangkal dimana selang 3 buah bersatu. Fungsinya kalau mesin dingin, katup menutup. Sampai suhu panas tertentu dia akan membuka dan mengalirkan air ke radiator agar dingin.

cara paling mudah memeriksanya adalah sewaktu mesin baru dinyalakan, mesin masih dingin, buka tutup radiator perlahan, kalau kelihatan air mengalir, berarti thermostat gak terpasang.

_________________
Grandcivic Kaca Gelap


Thu May 22, 2008 1:27 pm
 Profile  
 
Offline
 Post subject: Re: Radiator grand civic 91 bermasalah
PostPosted: Sat Nov 17, 2012 11:59 pm 
GC Noob
User avatar

Rank: GC Noob
Posts: 129
Location: Tasikmalaya
zimbah wrote:
berarti klo jarum temperatur kebawah dingin dong um mesin nya,jd g mslh kan?

Memang bener jg sich om, cuman bikin khawatir neh, harusnya kan diem tuh jarumnya.. Hi.hi

_________________
Erwin Lapiliana
i love my EF civic D1200BY
27830D7C
erwin.lapiliana@gmail.com


Mon Apr 30, 2012 11:08 pm
 Profile  
 
Offline
 Post subject: Re: Radiator grand civic 91 bermasalah
PostPosted: Sun Nov 18, 2012 12:03 am 
GC Noob
User avatar

Rank: GC Noob
Posts: 129
Location: Tasikmalaya
pauluspaska wrote:
Coba cek apakah thermostat terpasang atau tidak. Dia ditempat pangkal dimana selang 3 buah bersatu. Fungsinya kalau mesin dingin, katup menutup. Sampai suhu panas tertentu dia akan membuka dan mengalirkan air ke radiator agar dingin.

cara paling mudah memeriksanya adalah sewaktu mesin baru dinyalakan, mesin masih dingin, buka tutup radiator perlahan, kalau kelihatan air mengalir, berarti thermostat gak terpasang.


Oh,. Om kalau tdk salah sich waktu service tdk pernah ngotak ngatik termostat,. Tapi iya juga sich takutnya ke tekan trkan atau kegimana gt,.
Sip sip,. Makasih om masukannya bsk pagi saya coba cek dan praktekan mksh om ya

_________________
Erwin Lapiliana
i love my EF civic D1200BY
27830D7C
erwin.lapiliana@gmail.com


Mon Apr 30, 2012 11:08 pm
 Profile  
 
Offline
 Post subject: Re: Radiator grand civic 91 bermasalah
PostPosted: Wed Dec 12, 2012 2:42 pm 
GC Noob
User avatar

Rank: GC Noob
Posts: 122
ane coba bantu yaa..

1. kalo dari ceritanya.. kemungkinan mslhnya bukan di radiator, tp cluster (modul speedometer) temperaturnya udah pernah diutak-atik, itu kalo dibuka pada modul tempratur ada gulungan, gulungan itu ada 2 ujungnya, kemungkinan salah 1 nya putus, dulu pernah ngalamin salah 1 nya putus gara2 kecolek pas bersih2an debu, begitu kontak idup, temp lsg naek full, mgkn yg kasus mas whien kabel yg 1 nya lg putus makanya dia turun, coba periksa dulu deh, oya hati2 itu nyambungnya ribet harus diamplas dulu ujung kabel yg putus sblum disolder, kl ga diamplas suka ga nyambung dia walaupun tersolder rapi, kemungkinan lain kalo diperiksa gulungannya bagus ga ada yg putus, coba cek di modul motherboard clusternya, kemungkinan juga bisa groundnya putus.

2. untuk ngeyakinin temperatur radiator bener2 ngga apa2, coba pagi2 sblum mobil idup buka tutup radiatornya, kalo air kurang tambahin, setelah itu idupin mesin, panasin spt biasanya tapi tutup radiator jgn di tutup, sambil di gas kira2 rpm 2 ato 3 ribu, airnya berbusa ngga? ato kalo parah.. muncrat ngga? kalo berbusa itu tanda cyl head udah melenting ada yg rembes, kalo muncrat udah gede rembesnya, mksdnya rembes adalah rembes tekanan hasil pembakaran ke saluran air blok mesin, yg menyebabkan ada gelembung udara panas dalam saluran air makanya berbusa ato muncrat kalo rembesnya udah parah, kalo udah gini terlepas modul temperatur di dashboard bener ato ga cepet ato lambat mobil akan overheat.. solusinya bubut cyl-headnya, paling ringan turun 1/2 mesin kl blok mesin bagus, tapi kalo pas head dibuka bloknya ada yg kropos, yaa udah.. kepaksa turun semua rapiin semua resikonya.

3. kalo misal bener kasusnya adalah yg nmr 2 di atas, trus kl tau2 ini terjadi pas lg di jalan, tau2 overheat, jangan panik, berhenti aja ke pinggir, enaknya honda di selang air yg dari blok mesin ke radiator (dkt distributor/delco) ada pentilnya (kalo belom dibuang/modif), ambil kunci 10, kendorin pentilnya nanti akan kluar sisa air dan uap air dari situ (awas kena muka/tangan krn dia akan muncrat walo pun kebukanya sedikit), jangan buka tutup radiatornya, tunggu sampe muncratan uap air dan airnya melemah kira2 5 menitan biasanya, baru buka tutup radiatornya, baru skrg isi lagi air radiatornya sampe kluar dari pentilnya jg, kemudian kencengin lagi pentilnya, terus penuhin air radiatornya kl belom penuh, stlh itu tutup, udah beres, siap ngelanjutin perjalanan, nanti kl begitu lg ulangi lg prosedurnya, kl rembesnya belom parah biasanya intervalnya lama, tp kl udah parah intervalnya lebih deket sampai tempratur naek lagi, apalagi kondisi lg macet.. udah deh.., bentar2 nambah bisa2

ok deh gitu aja yaa.. mudah2an bisa ngejawab masalahnya :)


Mon Mar 07, 2011 1:59 am
 Profile  
 
Offline
 Post subject: Re: Radiator grand civic 91 bermasalah
PostPosted: Wed Dec 12, 2012 6:09 pm 
GC Maniac
User avatar

Rank: GC Maniac
Posts: 1157
wuih penjelasan om papa ni memang berbobot...dl lx ane jg pernah bocor radiatornya kaya kencing anak kecil gitu..cur..cuuuur..cur (halah bahasanya ni lho)
kebocoran memanjang tepat di bagian bawah radiator...alhasil setiap 2km hrs berhenti krn temp naik 3/4 n hrs isi aer dngn teknik seperti yg om papa bilang...radiator bagian atas n bawah udh dimodif pake kuningan jd lebih gampang nambalnya....

untung aj posisi di solo pas lg mudik jd langsung aj plg ke rumah ortu...eeeng...ingg...enggg.. dengan panduan bapak tercinta tangan kanan disuruh pegang obor yg biasa buat solder pengrajin emas , tangan kiri pegang stick yg terbuat dr timah trus solder ampe rapi di letak kebocoran . :geek: ..setelah itu tes kebocoran dngn menggunakan ember besar penuh air trus lubang radiator bagian atas n bawah dikasih balon yg biasa buat anak2 ultah...ato kl mau bisa pake kon**m pasti lebih rapet.. =)) :)) .. wkwkwkwk

waktu dimasukkan kedalam aer gelembung udara sudah tidak terlihat lagi berarti udh sembuh ni radiator...tanpa basa basi langsung dah tak pasang tuh radiator :)

hasilnya GA BOCOR alias ADEEEEMMM :D :D

semua itu berkat babe gue yg punya segudang pengalaman walau tidak seputar otomotif tp ide n teori2nya bisa diterapkan di GC kita...
aku bangga punya ayah spt beliau... :ymapplause: :-*


Mon Sep 10, 2012 7:27 pm
 Profile  
 
Offline
 Post subject: Re: Radiator grand civic 91 bermasalah
PostPosted: Sun Dec 30, 2012 1:53 am 
GC Noob
User avatar

Rank: GC Noob
Posts: 129
Location: Tasikmalaya
Mantap pencerahannya,... Makasih banget

Iya bener memang yang bermasalah modul spedometernya,... Tapi sekarang alhamdulilah sdh baikan om,.. Ceritanya begini
Saya pakai meskipun dengan hati yang selalu degdegan waktu jalan,.. Saya takutkan overheat,.. Alhasil waktu saya jalan luarkota,.. Untungnya sdkt lagi sampai,. Eh di temgahjalan tiba tiba jarumnya ke atas banget alias mangkreng,.. Berhentiin tuh mobil, saya cek teruata selang atas radiator lepas hadeuhhh,.. Dari situ di istirahatin sekitar 1 jam panggil tukang radiator, di seal sama keling sekrup,.. Alhamdulilah sampai sekarang jarumnya itu tdk ngadat lagi, ( mungkin karena pengaruh ke atas banget jd normal lg)...he.he..

Kata org bengkel harus ganti modulnya,, mahal 700rban hadeuhhh,.. Tp bisa diperbaiki ya om

_________________
Erwin Lapiliana
i love my EF civic D1200BY
27830D7C
erwin.lapiliana@gmail.com


Mon Apr 30, 2012 11:08 pm
 Profile  
 
Offline
 Post subject: Re: Radiator grand civic 91 bermasalah
PostPosted: Wed Jan 02, 2013 1:35 pm 
Site Admin
User avatar

Rank: Site Admin
Posts: 11975
bisa diperbaikin kok kalo cluster rusak


Thu May 22, 2008 3:23 pm
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest

Copyright © www.grandcivic.com 2013 Powered by phpBB