masang head Vtec

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
Post Reply
User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

masang head Vtec

Post by adeindra » Wed Jan 30, 2013 3:03 pm

Image

berasal dari postingan om papa emy,
saya baru tersadar kalo belum ada topik khusus yang membahas pemasangan head vtec di mesin standar kita.
pembahasan pemasangan head vtec tersebar di beberapa thread

baik dari sisi bahan part apa saja yang dibutuhkan dan apa aje yang perlu di perhatikan...

so saya coba merangkum nih... bahan dari sini

viewtopic.php?f=7&t=3806&p=110084&hilit ... ec#p110084
http://www.grandcivic.com/viewtopic.php ... &start=210
viewtopic.php?f=25&t=1793&st=0&sk=t&sd=a&start=40
viewtopic.php?f=25&t=1722&p=57253&hilit ... tec#p57253

dimulai deh nih tulisannya

apa aje part yang perlu disiapkan?
1. head vtec p-08 tentunya yang lengkap dengan selenoid vtecnya
kalo mau naik head p2j juga bisa ya...

Image

2. fuel pump denso espass or mitsubitshi T120ss or suzuki futura (bisa pake pompa bensin bermerek lain or yang in-tank kalo dana lebih besar)
perlu fuel pump elektrik karena mekanisme rotax bawaan head standar engga bisa dipake

Image

3. packing cyl cop
4. 16 peace seal klep
(bisa pake punya gc yang lebih murah)
5. paking dexel (head)
6. seal busi

no. 3-6 bisa pake punya ferio

7. packing manipol ex
8. packing manipol in

bisa pake standar GC (kalo in bisa pake punya gc yang kertas lebih murah sementara kalo out juga bisa pake punya ferio yang bahan besi biar lebih kuat)

nomer 3 s.d. 8 sebaiknya diganti biar paking dan seal2 baru semua engga ada kebocoran lagi deh

9. radiator coolant
biar sekalian maknyus

10. tachometer atau shiftlight
untuk men-triger on vtecnya karena masih pake karbu kan

Image

11. timing belt city type z
12. cover timing belt city type z
13. kabel busi ferio/city type z (NGK buat d series vtec kalo ada duit)
14. kabel2 secukupnya buat nyambungin fuelpump ke listrik
15. selang bensin untuk ke fuelp pump
16. oli mesin
17. busi
18. tensioner timing belt (tetep pake punya gc)

apa aje yang perlu dimodif?
1. delko standar bagian kaki pegangan bautnya perlu dicoak agar bisa nyetel delko lebih jauh untuk nyari timing yang pas

Image

2. cabut oil jet yg posisinya di antara cyl no 2 & 3 di blok mesin

Image
PapaEmy wrote:
krn utk semua blok mesin seri D yg non-VTEC mau diconvert mnjadi VTEC, supaya VTEC bisa bekerja secara ideal spt menggunakan blok mesin yg memang didesign dgn vtec head, oil jet di antara cyilinder 2 & 3 harus dilepas, krn ini vital, kl oil jet ngga dilepas, VTEC ngga akan kerja, kalo pun misalnya kerja krn solenoid udah buka salurannya supaya oli naek ke chamber vtecnya bisa membuat VTEC terlambat bekerjanya, misalnya harusnya VTEC engaged di rpm 4800, mungkin baru di rpm 7500 VTECnya engaged, kenapa?

karena pada saat soleniod hidup, utk VTEC kerja, butuh tekanan oli minimal 60 psi di chamber vtecnya, pada head P08 dirancang di sekitaran rpm 4600 tekanan oli sudah mencapai min 60 psi, pada saat ECU memerintah solenoid hidup di rpm 4800 maka VTEC otomatis engaged, pada blok mesin seri D non-vtec oil jet harus dibuka spy menghasilkan tekanan oli yg tinggi di range rpm 4600-4800 saat seharusnya VTEC kicked-in spt pada mesin D16Z6 asli bawaan P08nya.. :D

penyebab2 VTEC ngga kerja ato terlambat kerja pada modifikasi mini-me swap:

1. Solenoid ngga kerja
2. Putaran mesin ngga menghasilkan tekanan oli utk vtec dapat bekerja
3. Oli mesin kurang
4. Oil jet tidak dibuka yg menyebabkan putaran mesin tidak menghasilkan tekanan oli yg ideal pada vtec chamber di rpm yg seharusnya VTEC kicked in.

catatan: pada saat VTEC kicked-in suara mesin otomatis derungnya akan berubah mnjadi kasar, utk yg menggunakan system injeksi, vtec ngga jalan kalo hanya test diam posisi gigi netral krn program ECUnya, tp tidak demikian dengan system carbu+vtec krn pengaktifan solenoidnya bisa menjadi manual, pada saat mesin kemarin mesin dihidupkan sy pikir VTEC udah jalan krn rpm cepat sekali naiknya stlh melewati titik 4500 rpm, bahkan sampe rpm lewat dari daerah merah 8000,tp tidak terdengar suara derung vtecnya, ternyata yg membuat putaran mesin naik drastis bukan krn vtec bekerja, tp lebih dikarenakan ukuran diameter klep P08 yg +/- 0.5mm lebih besar dibanding klep std head PM3 bawaan nouva
sumber yang ditulis om papaemy juga jadi resources yang berharga nih

http://www.4guk.co.uk/viewtopic.php?t=17211
http://www.angelfire.com/creep/minimeswap/
http://www.angelfire.com/dc2/cyber13/minimeinfo.html
http://www.civic-eg.com/viewtopic.php?t=10
http://honda-tech.com/showthread.php?t=554053
http://crx.honda-perf.org/articles/z6swap/z6swap.html
http://www.wonderbart.com/d16z6/

demikian tulisan saya...

kalo ada saya salah nulis mohon koreksinya nanti akan saya edit tulisan diatas ya

kalo ada pertanyaan, mohon bantuan temen2 semua yang udah pasang head vtec membantu... terutama om papaemy, om krisnadew, om meneer, om uddin dll

terimakasih :D


info dari om eza di bulan Juni 2013 harga part yang dibutuhkan:
1. paking head ferio 185rb
2. paking tutup head karet 90rb
3. timing belt city type z 200rebuan
4. seal klep gc: 90rebu
5. rotak pake denso esppas 300rb
6. karet baut tutup head 4 biji: 80rb
7. paking head ferio: 185rb
8. paking in gc: 20rebu
9. paking out ferio: 60rb

User avatar
basementproject
GC Whore
GC Whore
Posts: 2305
Joined: Mon Nov 16, 2009 11:40 am
Contact:

Re: masang head Vtec

Post by basementproject » Wed Jan 30, 2013 3:10 pm

mantap,pertamax
email/ym:yuqmail@yahoo.com
fb:yuqmustaqim
Basementproject

web online store
http://basementproject.id/

phone or sms :+628122188622
CINGCAW

bb 749c519f

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: masang head Vtec

Post by adeindra » Wed Jan 30, 2013 3:13 pm

hehehe saya baru sadar tulisan diatas belum ada prosedur bongkar pasangnya dan kendala apa yang mau ditemui
walau si puteh pake head vtec... ane engga ngerti oi... terima beres dari bengkel :D

ada yang mungkin berkenan menambahkan?

User avatar
yudy
GC Whore
GC Whore
Posts: 2935
Joined: Wed Dec 16, 2009 11:18 am
Location: Pancoran-Pinang Ranti-Cibubur-Sentul City
Contact:

Re: masang head Vtec

Post by yudy » Wed Jan 30, 2013 8:09 pm

banyak juga ya yg perlu siapin
Flight Ticket & Residence Voucher
Domestic & International
" WICAKSONO TRAVEL "
Telp : 021 - 6060 1280
PIN : 229E7E15 / 2658EAEA
E-mail : wicaksonotravel@rocketmail.com

User avatar
PapaEmy
GC Noob
GC Noob
Posts: 122
Joined: Mon Mar 07, 2011 1:59 am

Re: masang head Vtec

Post by PapaEmy » Thu Jan 31, 2013 12:22 am

adeindra wrote:hehehe saya baru sadar tulisan diatas belum ada prosedur bongkar pasangnya dan kendala apa yang mau ditemui
walau si puteh pake head vtec... ane engga ngerti oi... terima beres dari bengkel :D

ada yang mungkin berkenan menambahkan?
coba ditest jalan aja Vtecnya mas Ade, ato test dyno jg bisa, bener ngga kicked-in pas solenoid diaktifin, kalo headnya P08 bunyi derung mesinnya beda berubah banget koq..
kalo misalkan ngga kicked-in.. berarti Vtecnya ngga jalan, jangan2 oil jetnya juga wkt pasang ngga dicabut, itu makanya sy kasih link detail gambar blok mesin D16Z6 aslinya (sbg perbandingan dgn blok seri D non-vtec) dan ternyata di blok aslinya D16Z6 pun ngga ada oil jetnya untuk head Vtec

http://www.wonderbart.com/images/10/jun ... uard_2.jpg

secara umum kalo utk hasilnya ganti head std dgn head P08 (misalnya), udah pasti tenaga nambah dan berasa tambah kenceng tanpa Vtec aktif pun, krn ukuran lubang dan klepnya P08 lebih besar dibanding PM3 (head bawaan nouva), apalagi kl VTECnya kicked-in.. apalagi kalo di PnP , sy sampe kaget pas begitu mesin idup rpm bisa lewat 8rb rpm waktu ngegas2 ngetest koq vtecnya ngga bunyi (dengung), begitu liat rpm jarum udah mau mentok he3x :mrgreen:

berikut contoh hasil mini-me swap yg sukses dan yg telat kicked-in vtecnya:

EF2, sukses : http://www.youtube.com/watch?v=Lup-MRHpweU

EF Wagon, sukses : http://www.youtube.com/watch?v=NtFVZN_SM38

EG D13B2 VTEC, agak telat vtec kick-in nya (di rpm 6000an), bisa jadi krn diset segitu ato tekanan olinya kurang: http://www.youtube.com/watch?v=hxzonJckLAU
Last edited by PapaEmy on Mon Feb 04, 2013 1:33 am, edited 1 time in total.

User avatar
arozi
GC Whore
GC Whore
Posts: 5237
Joined: Sun Nov 01, 2009 11:58 am
Location: Bandung

Re: masang head Vtec

Post by arozi » Thu Jan 31, 2013 4:38 am

wihhh
ayo dong tambahin step by step nya
info awal bang ade cukup realistis memperlihatkan swap enjin ke head vtec ternyata
tidak se-seram yang dibayangkan
B J O

User avatar
HaJIIB
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 694
Joined: Wed Apr 28, 2010 9:06 am

Re: masang head Vtec

Post by HaJIIB » Thu Jan 31, 2013 7:35 am

cakep nih infonya.. ;)
estimasi budget yang dibutuhkan ampe head p08 nemplok & tinggal gas berapa tuh??

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: masang head Vtec

Post by adeindra » Thu Jan 31, 2013 7:40 am

HaJIIB wrote:cakep nih infonya.. ;)
estimasi budget yang dibutuhkan ampe head p08 nemplok & tinggal gas berapa tuh??
4-5juta?

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: masang head Vtec

Post by adeindra » Thu Jan 31, 2013 1:41 pm

sebenarnya saya masih ragu akan hal ini
adeindra wrote: 3. packing cyl cop
4. 16 peace seal klep
5. paking dexel (head)
6. seal busi

no. 3-6 bisa pake punya ferio or city type z
bener engga sih? kalo punya ferio or city type z bisa dipake? atau hanya type z aje ya

User avatar
PapaEmy
GC Noob
GC Noob
Posts: 122
Joined: Mon Mar 07, 2011 1:59 am

Re: masang head Vtec

Post by PapaEmy » Fri Feb 01, 2013 12:31 am

adeindra wrote:sebenarnya saya masih ragu akan hal ini
adeindra wrote: 3. packing cyl cop
4. 16 peace seal klep
5. paking dexel (head)
6. seal busi

no. 3-6 bisa pake punya ferio or city type z
bener engga sih? kalo punya ferio or city type z bisa dipake? atau hanya type z aje ya
dua2nya bisa koq ngga beda jauh (tergantung head vtecnya pake yg mana), utk paking head sebaiknya jgn yg dari besi, timing belt pake yg 104 geriginya (lebih pendek 2 gerigi dari aslinya 106 utk nouva), water pump + pipa water pump + thermostat + rumah keong thermostat sebaiknya sekalian diganti mengingat usia mobil dan efisiensi biaya pemasangan

kalo utk pengen naekin performa sebaiknya jgn yg 3 stage vtec, 3 stage vtec kerjanya 3 valve (per cylinder) di bwh rpm 3000, 4 valve (per cylinder) di atas rpm 3000, vtecnya baru kicked-in di rpm 6000, 3 stage vtec lebih bagus dipake kl pengen iritnya dapet tp performa jg ngga hilang, tp utk yg ini keqnya ngga bisa dicustom pake carbu, ECUnya hrs dipasang spy masing2 stage bekerja secara ideal :)

Post Reply