makasih atas pencerahannya, mudah2an minggu ini bisa terpasang...krisnadew wrote:P07, P08, B16 solenoidnya sama om
ada petunjuk gak utk pemasangannya om?
kali2 aja bisa masang sendiri, jd bisa ngirit biaya bengkel
makasih atas pencerahannya, mudah2an minggu ini bisa terpasang...krisnadew wrote:P07, P08, B16 solenoidnya sama om
om ade pake shiftlight apaan?adeindra wrote:karet seal selenoidnya mumet juga kalo rusak or getas.. oli mbleber mulu bisa2
head code P07 bukannya sama ama yg dipake Ferio/EK sini? Kalo sama pake punya ferio aja om, seinget ane kmrn wkt ane cari seal buat solenoid P08 di toko onderdil sini ga ada brgnya, coba cocokin pake seal solenoidnya ferio ato city Z jg beda ga cocok ama solenoid bawaan P08jenengkujendoel wrote:Head ane khan p07 om, bisa dipasang selenoid p08 gak ya?
Kmrn beli engine nya gak dikasi selenoid...
iya kah om? beda kah om?PapaEmy wrote:head code P07 bukannya sama ama yg dipake Ferio/EK sini? Kalo sama pake punya ferio aja om, seinget ane kmrn wkt ane cari seal buat solenoid P08 di toko onderdil sini ga ada brgnya, coba cocokin pake seal solenoidnya ferio ato city Z jg beda ga cocok ama solenoid bawaan P08jenengkujendoel wrote:Head ane khan p07 om, bisa dipasang selenoid p08 gak ya?
Kmrn beli engine nya gak dikasi selenoid...
ane akhirnya beli via ebay sekalian ngorder buddyclub vtec controllernya
sorry baru bales, iyaa beda om, ane waktu itu ngebandingin langsung tiga-tiga solenoidnya soalnya, solenoid P08 ane dibandingin ama yg punya Ferio dan City type Z waktu di toko onderdilnya, yg cuma ane ga tau pasti code headnya Ferio berapa, kl bener code headnya Ferio pakenya P7 berartinya punya om bisa pake punyanya Ferio, seinget ane sih dari http://en.wikipedia.org/wiki/Honda_D_engine code headnya Ferio itu P7 dan headnya City type Z itu P2J, tapi ane belom pernah ngecek liat lsg apa bener ato nggajenengkujendoel wrote:iya kah om? beda kah om?PapaEmy wrote:head code P07 bukannya sama ama yg dipake Ferio/EK sini? Kalo sama pake punya ferio aja om, seinget ane kmrn wkt ane cari seal buat solenoid P08 di toko onderdil sini ga ada brgnya, coba cocokin pake seal solenoidnya ferio ato city Z jg beda ga cocok ama solenoid bawaan P08jenengkujendoel wrote:Head ane khan p07 om, bisa dipasang selenoid p08 gak ya?
Kmrn beli engine nya gak dikasi selenoid...
ane akhirnya beli via ebay sekalian ngorder buddyclub vtec controllernya
soalnya ane blm sempat masang selenoid nya sih, jd blm di cocokin.
masih nyariin seal nya, muter2 gak ada yg jual...
kok gw senyum senyum terus ya lihat postingan ini.. hihihi... terutama kalimat terakhir nya...adi_vostro wrote:Hihihihihihihihihihihihi...maksudnya Om Hohox kalo saya nggk salah tangkap,,AFR tu rasio campuran bensin + udara mungkin yah...ketika VTEC On,trus AFR nya jadi lean banget..
Ya menurut saya si ya nggk bisa di setting AFR nya kalo di karburator..dari segi basic pun nggk bisa ketemu nalarnya,soalnya karburator bekerja dengan sensor konvensional (vaccum) sedangkan injeksi bekerja dengan sensor elektronik (Map sensor,TPS,IAT,dll mbuuuhhh marai mumet kakekan sensor wkwkwkwwkwkwkwkwk)..itulah mengapa injeksi bisa lebih irit daripada karburator..
Nah,,ketika kasus di VTEC di padukan dengan karburator,,tetep nggk bisa di setting AFR nya..campuran udara + bensin di karburator bakalan tetep sama dari rpm 0 - mentok.ratio AFR nya tetep sama nggk bisa berubah.,,nggk bisa seperti ECU yg kurva nnya bisa berubah waktu VTEC on, sensor2 membaca,diteruskan ke ECU,,dan ECU bisa merubah rasio bahan bakar + udara menjadi lebih "rich"...kalo pasokan bahan bakar tetep dipaksa "lean",,yang ada waktu VTEC on,mesin jadi "ngelithik",soalnya waktu VTEC on,mesin minta supply bahan bakar yang lebih "rich",,tapi karburator nggk bisa merubah setting'an AFR nya.."Permasalahannya,bukan hanya seberapa banyak pasokan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar,,tetapi juga menyangkut bagaimana rasio udara + fuel nya..rich or lean?"
Belum lagi masalah kurva pengapian distributor (yang kalo injeksi pake sensor,tapi kalo karburator pake vaccum)..kalo dijelasin malah tambah panjang lagi deh..
Itulah mengapa,setiap ada rekan2 yang sharing masalah VTEC,,statement saya pasti "mengganti dengan head VTEC tidak akan pernah bisa maksimal & efisien (bukan berarti nggk bisa pasang head VTEC ya),kalo masih menggunakan karburator...alasannya VTEC BEKERJA dan DIDUKUNG secara elektronik (lewat sensor2) bukan dengan sistem vaccum konvensional seperti karburator..
Itu pendapat pribadi saya lho ya,,maaf kalo ada salah2 dalam mencoba sharing...saya cuma nubie dan tidak begitu paham dengan injeksi,VTEC,dan lain2...karena saya penganut faham "hidup karburator + SOHC non VTEC" (luwih penak le nyetting)...wkwkwkwkwkwwkwkwkwkwk
CMIW