Waktu Pengapian (Ignition Timing)
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Waktu Pengapian (Ignition Timing)
Sekadar Share
Setelah bingung mau buat DIY apa lagi, akhirnya mulai masuk mempelajari ke hal-hal dasar mesin.
Waktu pengapian.
Penasaran dengan pengaturan timing mesin GC saya setelah head overhaul, saya beli timing light dari kaskus.
dan dengan bermodal manual mencoba cari tahu berapa timing atau lebih tepatnya dimana timing mesin saya.
Menurut Manual, timing yang bagus-ideal dan disarankan adalah sebagai berikut:
Prosedur memeriksa timing dan mengaturnya,
1. Harus ada timing light 2. Kendurkan 3 baut delko (baut 12)
3. Hubungkan kabel power timing light ke aki
4. Hubungkan kabel induksi timing light ke kabel busi no 1 yang dekat timing belt, perhatikan arah panah kabel induksi. Arah panah induksi harus mengarah ke busi.
5. Nyalakan mesin
6. Arahkan cahaya lampu timing light ke arah pulley, cari tanda: kelompok 3 tanda dan 1 tanda.
Kalau ternyata hasilnya menunjukan timing tidak pas, geser delko maju atau mundur sambil melihat dengan timing light apakah marking sesuai dengan penunjuknya
Gak perlu repot-repot memastikan marking dalam kondisi mesin mati (kalau saat mesin nyala timing sudah lari) sebab dalam keadaan mati juga, marking pasti lari.
ternyata setelah saya pakai timing light posisi timing ada di sini:
Kemudian saya atur posisi delko maju sampai mengarah ke tanda tengah kelompok 3 tanda itu, tapi posisi delko mengubah timing hanya bisa sejauh ini:
Kenapa saya merasa penting mengatur pengapian:
1. Matic terasa menyentak diawal tarikan. Mesin sudah seperti mau lari sprint sehingga maticnya mendapat tekanan tinggi.
2. Mesin tidak dalam putaran idle yang kalem, walau bisa diset idle di 700
Setelah saya atur walau tidak maksimal berikut ini yang saya dapat:
1. Start awal mesin lebih mudah--sangat mudah, sekali putar kunci kontak, mesin langsung nyala walau sebelumnya karbu saya set ulang dengan mengurangi asupan bensin
2. Matic jadi jauh lebih kalem
3. Mesin jauh lebih kalem
Jadi menurut saya kalau temen-teman punya mesin GC STANDAR, usahakan timing pas di 18 derajat. Banyak keuntungan jika punya timing yang pas:
1. menghindari knocking
2. Lebih irit
3. mesin lebih awet
4. Start mesin lebih mudah, langsung 'greng'
Rencana berikutnya: kebengkel untuk ubah posisi timing lagi.
Semoga bermanfaat
Untuk memenuhi permintaan Om Ade, berikut ini adalah cara memposisikan Marking sebelum pemasangan timing belt:
Marking atas di sproket dan bawah harus sejajar, baru pasang timing beltnya
Manfaat yang saya suka: Menyalakan mesin sangat mudah!
Karena logikanya, kalau langkah kompresi sudah sempurna, api harus menyala sehingga pengapian terjadi
*DIY ini bermula dari pernyataan montir yang menyalahkan karbu agar karbu nya disetel ulang yang menyebabkan start mesin butuh lebih dari 1 detik. Saya ragu, sebab karbu mesin saya gak ngawur..
Setelah bingung mau buat DIY apa lagi, akhirnya mulai masuk mempelajari ke hal-hal dasar mesin.
Waktu pengapian.
Penasaran dengan pengaturan timing mesin GC saya setelah head overhaul, saya beli timing light dari kaskus.
dan dengan bermodal manual mencoba cari tahu berapa timing atau lebih tepatnya dimana timing mesin saya.
Menurut Manual, timing yang bagus-ideal dan disarankan adalah sebagai berikut:
Prosedur memeriksa timing dan mengaturnya,
1. Harus ada timing light 2. Kendurkan 3 baut delko (baut 12)
3. Hubungkan kabel power timing light ke aki
4. Hubungkan kabel induksi timing light ke kabel busi no 1 yang dekat timing belt, perhatikan arah panah kabel induksi. Arah panah induksi harus mengarah ke busi.
5. Nyalakan mesin
6. Arahkan cahaya lampu timing light ke arah pulley, cari tanda: kelompok 3 tanda dan 1 tanda.
Kalau ternyata hasilnya menunjukan timing tidak pas, geser delko maju atau mundur sambil melihat dengan timing light apakah marking sesuai dengan penunjuknya
Gak perlu repot-repot memastikan marking dalam kondisi mesin mati (kalau saat mesin nyala timing sudah lari) sebab dalam keadaan mati juga, marking pasti lari.
ternyata setelah saya pakai timing light posisi timing ada di sini:
Kemudian saya atur posisi delko maju sampai mengarah ke tanda tengah kelompok 3 tanda itu, tapi posisi delko mengubah timing hanya bisa sejauh ini:
Kenapa saya merasa penting mengatur pengapian:
1. Matic terasa menyentak diawal tarikan. Mesin sudah seperti mau lari sprint sehingga maticnya mendapat tekanan tinggi.
2. Mesin tidak dalam putaran idle yang kalem, walau bisa diset idle di 700
Setelah saya atur walau tidak maksimal berikut ini yang saya dapat:
1. Start awal mesin lebih mudah--sangat mudah, sekali putar kunci kontak, mesin langsung nyala walau sebelumnya karbu saya set ulang dengan mengurangi asupan bensin
2. Matic jadi jauh lebih kalem
3. Mesin jauh lebih kalem
Jadi menurut saya kalau temen-teman punya mesin GC STANDAR, usahakan timing pas di 18 derajat. Banyak keuntungan jika punya timing yang pas:
1. menghindari knocking
2. Lebih irit
3. mesin lebih awet
4. Start mesin lebih mudah, langsung 'greng'
Rencana berikutnya: kebengkel untuk ubah posisi timing lagi.
Semoga bermanfaat
Untuk memenuhi permintaan Om Ade, berikut ini adalah cara memposisikan Marking sebelum pemasangan timing belt:
Marking atas di sproket dan bawah harus sejajar, baru pasang timing beltnya
Manfaat yang saya suka: Menyalakan mesin sangat mudah!
Karena logikanya, kalau langkah kompresi sudah sempurna, api harus menyala sehingga pengapian terjadi
*DIY ini bermula dari pernyataan montir yang menyalahkan karbu agar karbu nya disetel ulang yang menyebabkan start mesin butuh lebih dari 1 detik. Saya ragu, sebab karbu mesin saya gak ngawur..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by pauluspaska on Wed Mar 27, 2013 11:11 am, edited 3 times in total.
Grandcivic Kaca Gelap
Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)
mantab DIY om om... nah kalo ubah posisi delko udah mentok padahal belum pas timingnya.. kemungkinan kenapa ya? apa timing belt posisinya salah masang kah? atau ada kemungkinan lain ya?
asik juga kalo ada duit buat beli adjustable cam gear biar pasti lebih pas timingnya
asik juga kalo ada duit buat beli adjustable cam gear biar pasti lebih pas timingnya
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)
Kalau cam-nya masih standaran, waktu pasang timing beltnya gak pakai acuan 'marking' cam dan 'marking' pulley bawah sejajar, langsung pasang aja.
Saya periksa waktu mesin mati, saya coba sejajarkan Markingnya, ternyata memang lari. Jadi beltnya yang kudu diatur ulang.
Kalau di manual, saat memasang belt, marking atas dan bawah kudu sejajar dulu baru pasang.
Di internet termasuk youtube ada banyak literatur tentang setting timing.
Saya periksa waktu mesin mati, saya coba sejajarkan Markingnya, ternyata memang lari. Jadi beltnya yang kudu diatur ulang.
Kalau di manual, saat memasang belt, marking atas dan bawah kudu sejajar dulu baru pasang.
Di internet termasuk youtube ada banyak literatur tentang setting timing.
Grandcivic Kaca Gelap
Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)
wih...pendapat atas sy kayanya kenal deh
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)
Hahaha....Saya lagi ngunggu sproket adjustable turun dari langit
Grandcivic Kaca Gelap
Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)
naaah ajarin lagi dong om pasnya marking atas ama bawa sejajar itu seperti apa biar kita juga bisa mengingatkan bengkel
Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)
Buka daleman delco om.. yang distel logam yang berbentuk lingkaran terpotong (ada 3 baut penguatnya)..Ini berpengaruh pada full tidaknya vakum advancer menarik.. Saya lebih suka nyetel delco tanpa vakum advancer, jadi lokasi timing ada di white mark.. cara nyetel tanpa vakum adalah dengan melepas selang yang nancep di vakum advancer kemudian sumbat dengan obeng atau apapun yang bisa dipake nyumbat, soalnya kalo gak disumbat, mesin pasti matiadeindra wrote:mantab DIY om om... nah kalo ubah posisi delko udah mentok padahal belum pas timingnya.. kemungkinan kenapa ya? apa timing belt posisinya salah masang kah? atau ada kemungkinan lain ya?
asik juga kalo ada duit buat beli adjustable cam gear biar pasti lebih pas timingnya
Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)
Eh lupa .. om Ade dah Vtec ya.. Buat yang standaran aja kalo gitu
Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)
heheheh ini kan share info buat semua.... ampun ahzulindra wrote:Eh lupa .. om Ade dah Vtec ya.. Buat yang standaran aja kalo gitu
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: Waktu Pengapian (Ignition Timing)
Kalau Vtec selama Cam nya masih standar masih bisa ikutin prosedurnya kok.
Kalau camnya berdurasi aneh-aneh seperti para senior pakai, nah itumah kudu montir F1 yang bisa bantu.
Kalau camnya berdurasi aneh-aneh seperti para senior pakai, nah itumah kudu montir F1 yang bisa bantu.
Grandcivic Kaca Gelap