tanya about knalpot

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
Lebut_MCC
GC Noob
GC Noob
Posts: 76
Joined: Thu Jan 23, 2014 12:58 pm
Location: mataram

Re: tanya about knalpot

Post by Lebut_MCC » Tue May 06, 2014 6:45 pm

Hehehehe maaf newby hihihihi..

User avatar
adi_vostro
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1051
Joined: Sat Jan 02, 2010 10:33 pm
Location: jogja-semarang

Re: tanya about knalpot

Post by adi_vostro » Fri May 09, 2014 9:07 pm

Menurut pendapat saya,,semua perubahan di bagian mesin mengandung konsekuensi..
Termasuk juga di sektor saluran gas buang..
Pabrik Honda tentunya sudah melakukan riset yang mendasar untuk saluran gas buang..segala nya sudah dipikirkan konsekuensi dari berbagai aspek,,misalnya tingkat kebisingan,,efisiensi bahan bakar,,endurance mesin,dll sehingga terciptalah design saluran gas buang standar bawaan mobil..
Perubahan di setiap bagian saluran gas buang pasti ada konsekuensi nya..misalnya :
1. Perubahan di muffler ataupun resonator,,mengganti dengan part Racing (tidak sesuai dengan standarisasi pabrik)..akan didapat perubahan pada tenaga,,bisa meningkatkan tenaga mesin,,tapi juga ada perubahan di faktor lain (perubahan negatif) yaitu suara yg ditimbulkan akan menjadi lebih nyaring,,konsumsi bahan bakar bakal berubah,,endurance mesin juga berubah..tingkat emisi gas buang juga bakal berubah..
2. Contoh yang kedua,,perubahan pada sektor header..memperbaiki atau meriset header bisa mengoptimalkan tenaga mesin..tapi jg mengandung konsekuensi,misalnya tata ruang header di engine bay atau di ground clearence bakal berubah menjadi tidak standar (sering dijumpai pada header 4-1 panjang,,bakal sering mentok karena perbedaan konstruksi dan letak),,konsekuensi yg lain bisa ke perubahan konsumsi bahan bakar (bisa tambah irit ataupun jadi boros tergantung konstruksi header),,dll
3. Perubahan besarnya pipa,,juga terdapat plus minus yang ditimbulkan..
Pabrik Honda tentunya sudah mempertimbangkan semua aspek positif dan negatif tersebut untuk menyesuakan dengan standarisasi market..pernah tau juga di beberapa negara juga menerapkan standarisasi emisi gas buang,,tingkat polusi suara dan udara,,dll untuk setiap merk mobil dan jenis mobil yang dipasarkan di negara tersebut..tentunya honda sudah mendesign produknya,,agar bisa memenuhi standarisasi tersebut..
CMIW....
So,,mau standar apa tidak standar?? Terserah pilihan temen2..karena di indonesiaaaaaaa ini tidak ada regulasi yg jelas.. (Regulasi nya sih ada,,tp penerapannya saja yg blm 100 persen)
Image
whity luphly hunny bunny sweety.......

adiet_playday
GC Noob
GC Noob
Posts: 26
Joined: Mon Apr 28, 2014 10:22 pm

Re: tanya about knalpot

Post by adiet_playday » Sun May 11, 2014 10:19 pm

Wahhh ... bener2 komplit penjelasannya om, makasih bnyk om. Gra2 baca ini, jd mikir lg mau ngubek2 mufler dkk. Hahaha... sampe ga ad yg pngen ditanyain lg saking jelasnya

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: tanya about knalpot

Post by adeindra » Mon May 12, 2014 8:19 am

asik deh kalo om adi vostro udah jelasin panjang x lebar x tinggi

makasih ya om

tetep semangat om adit...

Lebut_MCC
GC Noob
GC Noob
Posts: 76
Joined: Thu Jan 23, 2014 12:58 pm
Location: mataram

Re: tanya about knalpot

Post by Lebut_MCC » Tue May 13, 2014 2:57 pm

Mmmmmmeeeeeetttttttaaaalllllll abis ommmmmmm...

adiet_playday
GC Noob
GC Noob
Posts: 26
Joined: Mon Apr 28, 2014 10:22 pm

Re: tanya about knalpot

Post by adiet_playday » Tue May 13, 2014 10:08 pm

adeindra wrote:asik deh kalo om adi vostro udah jelasin panjang x lebar x tinggi

makasih ya om

tetep semangat om adit...
Huehehe.. mknya itu om , ampe komplit gitu, bener2 luar binasa om .. wkwkwk .. semangaaaatttt

Lebut_MCC
GC Noob
GC Noob
Posts: 76
Joined: Thu Jan 23, 2014 12:58 pm
Location: mataram

Re: tanya about knalpot

Post by Lebut_MCC » Tue May 13, 2014 10:17 pm

Apa yg terjadi kalo dri header trus keluar pipa2 aja om? Bukan kah itu makin los..

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: tanya about knalpot

Post by adeindra » Thu May 15, 2014 4:29 am

Keluar pipa terus 2 sampe belakang? Mesin standar?

Yakin gue mesin malah bakal ngempos kurang tenaga

joehanz
GC Lover
GC Lover
Posts: 303
Joined: Fri Oct 14, 2011 7:57 am

Re: tanya about knalpot

Post by joehanz » Fri May 16, 2014 8:31 am

Corrola 76 temen kantor juga abis header trus dibagi pipa 2 jadi knalpotnya ujungnya 2 pdhl mesin standar dia juga suka kenceng klo nyetir katanya enak2 aja ga ngempos mlah enak katanya..gcnya radit kayake juga gtu..bingung juga hehhehe...btw yg lg cari header n knalpot standar gc saya ada kali aja ada yang minat :)

User avatar
YudhoAW
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 760
Joined: Wed Jun 12, 2013 8:50 am

Re: tanya about knalpot

Post by YudhoAW » Fri May 16, 2014 8:48 am

adi_vostro wrote:Menurut pendapat saya,,semua perubahan di bagian mesin mengandung konsekuensi..
Termasuk juga di sektor saluran gas buang..
Pabrik Honda tentunya sudah melakukan riset yang mendasar untuk saluran gas buang..segala nya sudah dipikirkan konsekuensi dari berbagai aspek,,misalnya tingkat kebisingan,,efisiensi bahan bakar,,endurance mesin,dll sehingga terciptalah design saluran gas buang standar bawaan mobil..
Perubahan di setiap bagian saluran gas buang pasti ada konsekuensi nya..misalnya :
1. Perubahan di muffler ataupun resonator,,mengganti dengan part Racing (tidak sesuai dengan standarisasi pabrik)..akan didapat perubahan pada tenaga,,bisa meningkatkan tenaga mesin,,tapi juga ada perubahan di faktor lain (perubahan negatif) yaitu suara yg ditimbulkan akan menjadi lebih nyaring,,konsumsi bahan bakar bakal berubah,,endurance mesin juga berubah..tingkat emisi gas buang juga bakal berubah..
2. Contoh yang kedua,,perubahan pada sektor header..memperbaiki atau meriset header bisa mengoptimalkan tenaga mesin..tapi jg mengandung konsekuensi,misalnya tata ruang header di engine bay atau di ground clearence bakal berubah menjadi tidak standar (sering dijumpai pada header 4-1 panjang,,bakal sering mentok karena perbedaan konstruksi dan letak),,konsekuensi yg lain bisa ke perubahan konsumsi bahan bakar (bisa tambah irit ataupun jadi boros tergantung konstruksi header),,dll
3. Perubahan besarnya pipa,,juga terdapat plus minus yang ditimbulkan..
Pabrik Honda tentunya sudah mempertimbangkan semua aspek positif dan negatif tersebut untuk menyesuakan dengan standarisasi market..pernah tau juga di beberapa negara juga menerapkan standarisasi emisi gas buang,,tingkat polusi suara dan udara,,dll untuk setiap merk mobil dan jenis mobil yang dipasarkan di negara tersebut..tentunya honda sudah mendesign produknya,,agar bisa memenuhi standarisasi tersebut..
CMIW....
So,,mau standar apa tidak standar?? Terserah pilihan temen2..karena di indonesiaaaaaaa ini tidak ada regulasi yg jelas.. (Regulasi nya sih ada,,tp penerapannya saja yg blm 100 persen)
Ciamik infonya oom Step, eeh oom Vost... :x :D :ymparty:
SH4 A/T 1988 aka CODET
Email : yudho.aw@gmail.com
Phone : 0812 959 8701
GANBATTE....!!!

Post Reply