WTA : Radiator ngaco? Jarum temp ngaco? atau apa yg ngaco?

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
NIKO PRASETYO
GC Noob
GC Noob
Posts: 73
Joined: Fri Nov 20, 2009 11:32 am
Location: Gresik - Pasuruan - Malang
Contact:

WTA : Radiator ngaco? Jarum temp ngaco? atau apa yg ngaco?

Post by NIKO PRASETYO » Tue Jul 29, 2014 9:18 pm

Assalamuallaikum Wr. Wb
Selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir batin buat om & tante semua..

Mohon advice & sharingnya..
Kronolorginya begini..

Senen perjalanan mudik Gresik - Purwosari ( Pasuruan ) ± 90Km., berangkat setelah Maghrib., cek 2 tekanan Ban, Air Radiator dll OK...

Kluar rumah langsung masuk tol Gresik Surabaya ± 60 Km melaju 80 - 100 Kpj temperatur aman (1/4 )
Kluar tol masuk japanan kondisi tidak terlalu padat bisa melaju ± 60 Kpj tiba2 temp bergerak naik menuju 1/2.
Tapi tiba2 bisa turun ke 1/ 4..
Masuk O turn (entah apa itu namanya) di Gembol kondisi padat merayap tiba2 jadi 3/4., rencana mau berhenti di tepi jalan tapi susah kerena mobil di tengah2., nekat zig zag buat cari celah eh tiba2 temp turun dratis mengikuti RPM yg naik ( turun sampe 1/4 )..
Akhirnya jalan lagi., lancar., tidak dibelakang mobil tiba2 temp naik 3/4 lagi., setelah jalan ± 10Km ketemu perempatan temp masih 3/4., lampu hijau lalu saya gas utk jalan & niat berhenti eh temp turun lagi dengan drastis sampe 1/4..
Lanjut jalan ± 5Km temp naik pelan2., mampir Ind*mar*t segaja ga matiin metin biar kipas ngademin & Air radiator muter ( mboh ini cara bener atau salah )., balik ternyata temp ga turun..
Lanjut jalan dengan tem 3/4., ketemu rel kereta., kurangi kecepatan temp masih 3/4., ketika di gas langsung turun drastis lagi sampe 1/4...
Lanjut jalan., temp naik turun.. Ya 1/2 ya 3/4.., udah deket tujuan ketemu pertigaan lagi., berhenti utk nunggu giliran., temp masih 3/4., dapat giliran langsung gas., eh turun lagi sampe 1/4..
Jalan lagi masuk kampung., pelan2., tapi temp naik jadi 3/4...

NB :
Non AC
Kipas sudah di By Pass.
Tabung reservoir jadi kosong
Isi lagi radiator ± ga sampe 1 liter..

Apa itu normal? Atau tidak normal??
Apa yg harus saya cek dahulu?

Mohon maaf apa bila ceritanya terlalu panjang..
Terima kasih atas masukannya..
Phone : 085648621777 (Whatsapp) - 081234234477
Twitter : @Nikoprast
FB : Niko Prasetyo
Email : Niko_drummer89@yahoo.co.id & Nikobepe89@gmail.com

User avatar
Ctrl_Alt_Del
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 547
Joined: Sun Jun 22, 2008 7:48 am
Location: Bogor

Re: WTA : Radiator ngaco? Jarum temp ngaco? atau apa yg ngac

Post by Ctrl_Alt_Del » Tue Jul 29, 2014 10:33 pm

aer radiator berkurang ya brarti ada yg rembes bocor..
klo radiator mampet justru biasanya reservoir jd penuh n ngeblukbuk..
thermostat gmn? baru ganti? apa dicopot?
coba cek kabel temp di belakang mesin, mungkin kendor, soalnya gw dulu kabel copot, temp jd naek mentok, abis dipasang jd normal koq.
atau mumgkin pompa ga muter / bilah pompa udah tulalit, aliran aer pelan, jd temp panas, pas jalan rpm mesin naek, puteran makin cepet, air mulai ngalir, temp turun lg..
atau pagi² wkt dingin coba buka tutup radiator trus nyalain mesin.
aer radiator muncrat ga? atau berbusa kayak rinso?
klo iya kayaknya kompresi silinder mesin bocor ke sistim pendingin.
aernya ngalir ga klo udah anget²? mungkin thermostat macet / water pump jebol?



.

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: WTA : Radiator ngaco? Jarum temp ngaco? atau apa yg ngac

Post by Pa'de Gung » Wed Jul 30, 2014 12:18 am

Biasanya kasus seperti ini diawali dari saluran air yg buntu. Jika saluran buntu, tekanan air jadi tinggi karena disumbat, dan tekanan lebih ini yg membuat kebocoran.
Karena tersumbat itu pula air yg masuk ke water pump jadi terlambat, sehingga water jacket sempat kosong/sirkulasi terhenti karena anginan dan temperatur naik. Kemudian temperatur turun lagi setelah air di inlet water pump penuh dan air dingin cepat masuk ke water jacket selanjutnya bisa berulang lagi.

User avatar
mahesa
GC Noob
GC Noob
Posts: 27
Joined: Sat Jul 26, 2014 12:11 pm
Location: Sragen (Jawa Tengah)

Re: WTA : Radiator ngaco? Jarum temp ngaco? atau apa yg ngac

Post by mahesa » Thu Jul 31, 2014 11:50 pm

Hampir sama ni suhu permasalahan yg lg sy adepin.
Dulu overheat gr2 kipas mati, trs d repair dan akhirnya bs nyala Lg.
Trs sy servis radiator, tp skrg msh overheat Lg kL sy pakai agak kenceng dikit.
Pas overheat (OH), reservoir tank bLuLk...bLuLk ky Qt masak aer :D
Pas dingin Lg, air d radiator msh penuh, trs sy nyaLain Lg, sirkuLasi air d radiator jg bagus.
Kira2 apa yg hrs sy perbaiki suhu?
Mohon pencerahan :)

kang emmip
GC Noob
GC Noob
Posts: 2
Joined: Fri Aug 01, 2014 7:56 am

Re: WTA : Radiator ngaco? Jarum temp ngaco? atau apa yg ngac

Post by kang emmip » Fri Aug 01, 2014 8:05 am

Sama persis..
pas kemaren pulang mudik,indikator temperatur ga karuan.sesekali naik sampe garis dibawah yang merah ga lama kemudian turun lg sampe ke posisi normal.sepanjang jalan terus seperti itu.
padahal sebelum mudik saya sempetin kuras radiator dulu,malah sebelum kuras radiator indikator suhu normal..
sempet berhenti di pom bensin sama yang dilakukan om di atas,mobil ga dimatiin sambil ngisi tank cadangan,padahal selama ini tank cadangan air tifak pernah samapai kering.kipas jalan normal tp suhu ga turun..
mohon pencerahannya...

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: WTA : Radiator ngaco? Jarum temp ngaco? atau apa yg ngac

Post by Pa'de Gung » Sun Aug 03, 2014 1:31 am

mahesa wrote:Hampir sama ni suhu permasalahan yg lg sy adepin.
Dulu overheat gr2 kipas mati, trs d repair dan akhirnya bs nyala Lg.
Trs sy servis radiator, tp skrg msh overheat Lg kL sy pakai agak kenceng dikit.
Pas overheat (OH), reservoir tank bLuLk...bLuLk ky Qt masak aer :D
Pas dingin Lg, air d radiator msh penuh, trs sy nyaLain Lg, sirkuLasi air d radiator jg bagus.
Kira2 apa yg hrs sy perbaiki suhu?
Mohon pencerahan :)
1. Pastikan dulu putaran kipas ke arah yg benar/ flow nya ke arah mesin.
2. Pastikan fan stabil/ tidak mati saat kena guncangan. Jgn² fan kadang² mati saat dipake jalan.
3. Buka tutup radiator lalu start mesin...apakah air radiator muncrat?

Mungkin itu dulu yg perlu di cek...

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: WTA : Radiator ngaco? Jarum temp ngaco? atau apa yg ngac

Post by Pa'de Gung » Sun Aug 03, 2014 1:43 am

kang emmip wrote:Sama persis..
pas kemaren pulang mudik,indikator temperatur ga karuan.sesekali naik sampe garis dibawah yang merah ga lama kemudian turun lg sampe ke posisi normal.sepanjang jalan terus seperti itu.
padahal sebelum mudik saya sempetin kuras radiator dulu,malah sebelum kuras radiator indikator suhu normal..
sempet berhenti di pom bensin sama yang dilakukan om di atas,mobil ga dimatiin sambil ngisi tank cadangan,padahal selama ini tank cadangan air tifak pernah samapai kering.kipas jalan normal tp suhu ga turun..
mohon pencerahannya...
Mungkin hasil sevis radiator ga bagus om... Banyak kasus radiator masih bocor setelah diservis, ato kurang pas saat pasang fan. Coba dicek lagi...

User avatar
mahesa
GC Noob
GC Noob
Posts: 27
Joined: Sat Jul 26, 2014 12:11 pm
Location: Sragen (Jawa Tengah)

Re: WTA : Radiator ngaco? Jarum temp ngaco? atau apa yg ngac

Post by mahesa » Sun Aug 03, 2014 6:32 am

Pas dingin, mesin nyaLa, air radiator jg muter pakdhe
Mesin Agak panas, muncrat airnya

Kmrn sy check ke bgkL, trnyt bener, kipasnya Lemah
Ini dah sy ganti kipasnya pakdhe
Punya Genio
Lumayan kenceng hembusanya
Tp suaranya agak bising dikit
Pura2 g dgr aj ya :D

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: WTA : Radiator ngaco? Jarum temp ngaco? atau apa yg ngac

Post by Pa'de Gung » Sun Aug 03, 2014 11:52 am

☺нï²◦°◦нïнï◦°◦нï²☺
Oke om.... Mudah²an masalah beres setelah ganti kipas.

User avatar
NIKO PRASETYO
GC Noob
GC Noob
Posts: 73
Joined: Fri Nov 20, 2009 11:32 am
Location: Gresik - Pasuruan - Malang
Contact:

Re: WTA : Radiator ngaco? Jarum temp ngaco? atau apa yg ngac

Post by NIKO PRASETYO » Mon Aug 04, 2014 2:24 pm

Ctrl_Alt_Del wrote:aer radiator berkurang ya brarti ada yg rembes bocor..
klo radiator mampet justru biasanya reservoir jd penuh n ngeblukbuk..
thermostat gmn? baru ganti? apa dicopot?
coba cek kabel temp di belakang mesin, mungkin kendor, soalnya gw dulu kabel copot, temp jd naek mentok, abis dipasang jd normal koq.
atau mumgkin pompa ga muter / bilah pompa udah tulalit, aliran aer pelan, jd temp panas, pas jalan rpm mesin naek, puteran makin cepet, air mulai ngalir, temp turun lg..
atau pagi² wkt dingin coba buka tutup radiator trus nyalain mesin.
aer radiator muncrat ga? atau berbusa kayak rinso?
klo iya kayaknya kompresi silinder mesin bocor ke sistim pendingin.
aernya ngalir ga klo udah anget²? mungkin thermostat macet / water pump jebol?



.
Pa'de Gung wrote:Biasanya kasus seperti ini diawali dari saluran air yg buntu. Jika saluran buntu, tekanan air jadi tinggi karena disumbat, dan tekanan lebih ini yg membuat kebocoran.
Karena tersumbat itu pula air yg masuk ke water pump jadi terlambat, sehingga water jacket sempat kosong/sirkulasi terhenti karena anginan dan temperatur naik. Kemudian temperatur turun lagi setelah air di inlet water pump penuh dan air dingin cepat masuk ke water jacket selanjutnya bisa berulang lagi.




Siap om & Pakde., nti kalo ada waktu saya coba urut cek pelan pelan sesuai advice nya...

Oiya., sekedar tambahan info., pulang dari mudik kmren dengan rute yg hampir sama tapi dibalik.., jarum temp normal normal saja., 90 KM jarum temp anteng di 1/4 padahal jam berangkat lebih sore dari kmren... :D
Phone : 085648621777 (Whatsapp) - 081234234477
Twitter : @Nikoprast
FB : Niko Prasetyo
Email : Niko_drummer89@yahoo.co.id & Nikobepe89@gmail.com

Post Reply