Page 1 of 2

Karburator Bermasalah

Posted: Wed Oct 29, 2014 12:27 pm
by wicaksonoardhee
Bismillah, Thread Pertama Saya setelah kenalan :D
IMG-20130923-WA0000-772040258.jpg
*pinjem gambar om Khrisna :roll:

Saya punya masalah dengan karburator nih om, siapa tau ada yg bisa bantu
Sudah keluar masuk spesialis karbu, sampai ke beberapa bengkel belum juga nemu setelan yang pas dan irit seperti pertama saya dapet ni mobil.
yang ada sekarang, knalpot jelaga item, busi item, injek gas puteran bawah ndut2an begitu juga pas lepas gas juga ndut2an dan yang paling males adalah boros. Saya itung ni mobil cuma dapet sekitar 1:6 sampe 1:8 tanpa AC dalkot :-o

Yang sudah saya lakuin,
Overhaul Karbu (bersihin pake Carburator Cleaner) ganti beberapa part dg repair kit, Setel Ulang karbu
Setel pengapian Delco, Stel Klep

Pertanyaannya:
1. Apalagi yang mesti saya lakuin ya om =)) , Setel sendiri juga g nemu settingannya, bengkel juga tak ada hasil
2. *gambar 1 : Apasih fungsinya ijo2 itu om, apakah vital? sekarang punya saya g ada, kalo selang vacum dipasang ke *gambar2 malah RPM dut2an goyang2, alhasil saya lepas dan saya buntuin. Mesin stabil.
3. *gambar 3 : Bengkel menganalisa inilah yang bikin boros, pas putaran atas 5000rpm bensin ngocor, jadi sekarang dilepas. Apa sih fungsi dan Efek kalo dilepas?
4. Apakah bener kata bengkel spuyer2 di dalem karbu, slow, idle, mainjet di GC paten/g bisa diganti? *yg didalem repairkit cuma stelan angin sama, spuyer kecil 1
5. Kalo terpaksa g bisa dibenerin, ganti DC secara prinsip kerjanya, BBMnya jadi lebih boros/irit ya om?

segitu dulu om, ditunggu sharingnya
Terima Kasih

Re: Karburator Bermasalah

Posted: Wed Oct 29, 2014 12:42 pm
by lexi
Ikut bersedih om....soalnya ane jg pnya mslh percis ky om...si tua lx ane matrenya mntta ampun.udah pnndah2 bengkel ttp aja matre.mlh hari ini sih si tua lx lg d opname buat service carbu dll.ktnyya sih bengkel ne paling recomend buat carbu..y mdah2an.klo msh ttp bros mngkin beli carbu lg.ha

Re: Karburator Bermasalah

Posted: Wed Oct 29, 2014 2:07 pm
by adeindra
untuk yang hijo hijo sudah dibahas disini
http://www.grandcivic.com/viewtopic.php?f=7&t=7653

mungkin untuk jawaban pertanyaan yang lain temen2 bisa bantu

saya coba liat dari pengalaman saya sendiri kalo emang boros belum tentu hanya datang dari karbu juga sih om..
apakah sudah ngecek kompresi mesin untuk tau mesin oke tidak kompresinya
apakah sudah juga cek sisi mesin kayak setelan timing dan posisi timing belt tidak lompat
busi bagus engga pembakarannya
knalpot yakin tidak ada bocor
ac bener kondisi kompresornya bagus jadi tidak membebani mesin
kaki2 kondisi bagus sudah spooring jadi bagus lurus jalannya
rem nya jarak kampas ke permukaan piringan tidak terlalu nempel yang juga bikin jalannya mobil tertahan

kesemua faktor diatas mungkin... mungkin ya om juga turut nyumbang ke borosnya mobil kita

Re: Karburator Bermasalah

Posted: Wed Oct 29, 2014 3:30 pm
by wicaksonoardhee
adeindra wrote:untuk yang hijo hijo sudah dibahas disini
http://www.grandcivic.com/viewtopic.php?f=7&t=7653

mungkin untuk jawaban pertanyaan yang lain temen2 bisa bantu

saya coba liat dari pengalaman saya sendiri kalo emang boros belum tentu hanya datang dari karbu juga sih om..
apakah sudah ngecek kompresi mesin untuk tau mesin oke tidak kompresinya
apakah sudah juga cek sisi mesin kayak setelan timing dan posisi timing belt tidak lompat
busi bagus engga pembakarannya
knalpot yakin tidak ada bocor
ac bener kondisi kompresornya bagus jadi tidak membebani mesin
kaki2 kondisi bagus sudah spooring jadi bagus lurus jalannya
rem nya jarak kampas ke permukaan piringan tidak terlalu nempel yang juga bikin jalannya mobil tertahan

kesemua faktor diatas mungkin... mungkin ya om juga turut nyumbang ke borosnya mobil kita
iya om Ade yang ijo2 sudah dapet jawabannya.
Saya hampir g pernah nyalain AC om, dan kaki kanan ati2 banget dah ngebejek gasnya mentok 1:8 :(
Masalahnya ya itu, busi dan knalpot tetep item walopun udah berkali2 bongkar :((
Liat di thread DC, banyak banget yg mesti diperhatiin, jadi takut nih mau cari kali2 dapet barangnya g komplit kita g tau

Re: Karburator Bermasalah

Posted: Wed Oct 29, 2014 3:41 pm
by adeindra
waduuh parah amet sampe ac kaga nyala

saya matik macet2an aje pake ac masih bisa 1:9 heheheh

kalo soal pengecekan yang saya bilang diatas udah semua dilakuin belum om?

Re: Karburator Bermasalah

Posted: Wed Oct 29, 2014 10:35 pm
by Pa'de Gung
Nambahin jawaban...

Yg ijo² (dashpot valve) ngga terlalu vital.. Artinya kalo terpaksa ga dipasang ga papa.
Kalo dipasang ke gmbr #2 jadi ndut²an berarti membran (gbr#2) bocor.
Gambar # 3 (membran throtle 2nd) memang akan ngocor kalo rpm diatas 3500... TAPI...punya temen² yg laen tetep terpasang dan tidak boros lo..!! Jadi jgn buru² nyalahin throtle 2nd. Justru mesin akan loyo tanpa throtle 2nd ini.
Sebagian spuyer memang paten...tp ini jarang bermasalah asal ga pernah dijailin..

Seting karbu memang gampang² susah... Harus tau bagaimana sebenarnya...baru bisa tau dimana masalahnya.

Re: Karburator Bermasalah

Posted: Thu Oct 30, 2014 9:15 am
by wicaksonoardhee
adeindra wrote:waduuh parah amet sampe ac kaga nyala

saya matik macet2an aje pake ac masih bisa 1:9 heheheh

kalo soal pengecekan yang saya bilang diatas udah semua dilakuin belum om?
Udah om Ade,
cek Pake timing light udah, kemaren kampas nempel tromol sampe cat rontok juga udah :)) <-- udah seneng kirain masalahnya cuma ini, ternyata blm solved. Tinggal cek kompresi aja yg belum
saya g pake ac aja cuma dpt segitu, jadi males nih ngluarin Nopi saya..
daripada bolak bali setting g jadi2 saya kepikiran ganti DC sekalian aja, tapi masih parno bakal ada masalah lain di DC nya #:-s


Pa'de Gung wrote:Nambahin jawaban...

Yg ijo² (dashpot valve) ngga terlalu vital.. Artinya kalo terpaksa ga dipasang ga papa.
Kalo dipasang ke gmbr #2 jadi ndut²an berarti membran (gbr#2) bocor.
Gambar # 3 (membran throtle 2nd) memang akan ngocor kalo rpm diatas 3500... TAPI...punya temen² yg laen tetep terpasang dan tidak boros lo..!! Jadi jgn buru² nyalahin throtle 2nd. Justru mesin akan loyo tanpa throtle 2nd ini.
Sebagian spuyer memang paten...tp ini jarang bermasalah asal ga pernah dijailin..

Seting karbu memang gampang² susah... Harus tau bagaimana sebenarnya...baru bisa tau dimana masalahnya.
Betul bgt om,
Saya masih apal bener nih bunyi knalpot pas dapet settingan irit dan enak kaya pertama dapet, garing renyah...klo yg sekarang basah g enak.
Masalah spuyer paten blm saya cek *dijahilin* ato enggak, soalnya pernah saya bawa ke spesialis karbu dg metode turun temurun, tau deh disogrok2 pake kawat kayanya.

Oh iya om, saya baca di postingan om Pak Dhe Gung stel karbu irit pas turunan engine break itu nembak kenceng gitu ya?
Settingan irit enak saya dulu gitu soalnya om, *Saya pake header 4-1 g pake resonator langsung ke tabung belakang

Apa yg mesti di stel om, apa cuma setelan angin doang?

Makasih ilmunya om2 senior :ymapplause:

Re: Karburator Bermasalah

Posted: Thu Oct 30, 2014 10:51 am
by Pa'de Gung
Knalpot nembak...karena seting karbu ga pas, vacum bocor, ato spec knalpot yg ga sesuai.

Coba cari benkel yg paham betul dg karbu gc.... Kalo sebelumnya normal dan ingat pernah diapain aja...harusnya bisa kembali normal...
Ato barangkali ada faktor lain diluar karbu....??

Re: Karburator Bermasalah

Posted: Thu Oct 30, 2014 11:06 am
by adeindra
dulu pas baru awal dapet enak kan ya..
ada perubahan / modifikasi apa aje yang dilakukan sampai sekarang?

Re: Karburator Bermasalah

Posted: Thu Oct 30, 2014 4:28 pm
by lexi
Om om ssmua ane jg lg ngrasaain hal yg sama.emangg bner kta suhu suhu...bnyak faktor yg mmpengaruhi bkan hnya carbu aj...nah skrng si kolot pnya ane lg nginep dd bengkel .nnanti ane update deh pnyakitnya ap klo udah bner...mdahdahan z pas bnget setingan nya.ane jg ama gan ko sumsi nya 1:6 ampe d simpen mls dpke