Rpm gas tersendat-sendat
Rpm gas tersendat-sendat
Permisi sesepuh Gc.com semua,
Nubie punya sedikit permasalahan mohon bantuannya ya.
1. Belakangan ini kalau mobil dibawa jalan sekitar 5 menit kemudian kenapa Rpm gasnya tersendat-sendat ya ?
Rpm sebelum hidup ac sekitar 500-600 kondisi mesin dingin, kalau mesin panas Rpm naik jadi 800-1000.
Hidup ac Rpm turun sekitar 500-600 . Pas hidup ac ini kalok di gas nyendat-nyendatnya parah
catatan : idle up ac udah diganjal per , temperatur panas mesin seperempat lebih.
2. Apakah gambar no.1 memang seperti itu aslinya? adakah hubungannya dengan kondisi gas tersendat-sendat itu ?
3. Selang digambar no.2 agak kelipat , apakah ada berpengaruh juga?
4. Kondisi kepala kabel busi no.3 dan 4 sedikit sompel/pecah masih aman kah?
Masalah ini terjadi skitar seminggu belakangan ini, sebelumnya tidak terlalu parah.
Atas perhatiannya nubie ucapkan terima kasih.
Nubie punya sedikit permasalahan mohon bantuannya ya.
1. Belakangan ini kalau mobil dibawa jalan sekitar 5 menit kemudian kenapa Rpm gasnya tersendat-sendat ya ?
Rpm sebelum hidup ac sekitar 500-600 kondisi mesin dingin, kalau mesin panas Rpm naik jadi 800-1000.
Hidup ac Rpm turun sekitar 500-600 . Pas hidup ac ini kalok di gas nyendat-nyendatnya parah
catatan : idle up ac udah diganjal per , temperatur panas mesin seperempat lebih.
2. Apakah gambar no.1 memang seperti itu aslinya? adakah hubungannya dengan kondisi gas tersendat-sendat itu ?
3. Selang digambar no.2 agak kelipat , apakah ada berpengaruh juga?
4. Kondisi kepala kabel busi no.3 dan 4 sedikit sompel/pecah masih aman kah?
Masalah ini terjadi skitar seminggu belakangan ini, sebelumnya tidak terlalu parah.
Atas perhatiannya nubie ucapkan terima kasih.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Rpm gas tersendat-sendat
Aslinya tidak spt gbr 1, tp itu tidak masalah.
Gambar 2, sebaiknya selang tidak kelipat, tp itu bukan masalah dlm kasus ini.
Cop busi pecah tidak selalu bermasalah, setidaknya bukan dlm kasus ini.
Coba cek selang vacum yg masuk ke idle up AC. mungkin terbalik.
Gambar 2, sebaiknya selang tidak kelipat, tp itu bukan masalah dlm kasus ini.
Cop busi pecah tidak selalu bermasalah, setidaknya bukan dlm kasus ini.
Coba cek selang vacum yg masuk ke idle up AC. mungkin terbalik.
Re: Rpm gas tersendat-sendat
Ooo jadi permasalahannya bukan dari gambar 1,2 ama cop busi yg pecah ya pakde....Pa'de Gung wrote:Aslinya tidak spt gbr 1, tp itu tidak masalah.
Gambar 2, sebaiknya selang tidak kelipat, tp itu bukan masalah dlm kasus ini.
Cop busi pecah tidak selalu bermasalah, setidaknya bukan dlm kasus ini.
Coba cek selang vacum yg masuk ke idle up AC. mungkin terbalik.
Btw, selang vacum yg masuk ke idle up yg betul gimana ya pakde ?
ada poto ato gambarnya gak pakde, maap nih nubie sedikit ngerepotin
Trims,
- Budi_Mahendra
- GC Noob
- Posts: 168
- Joined: Mon Nov 03, 2014 5:39 am
- Location: Blora-Lasem-Semarang
Re: Rpm gas tersendat-sendat
Tersendat sendat bisa krn karbu dan kabel busi om..
Share sedikit punya saya dg permasalahan yg hampir mirip ya
Gejalanya mobil kalo dibejek agak dalem ga mau akselerasi, mlh jd trsndat2. Kalo diurut masih mau rata akselerasinya.
Nyalain AC mlh tmbh parah brebetnya.
Bau bensin di ujung kenalpot.
Saat idle rpm gamau rata alias kadang drop sendiri.
Diagnosa awal karbu kotor, ssetelah servis bersihin karbu dan seting mixture tetep ga sembuh.
Diagnosa kedua tangki bensin perlu kuras dan filter bensin perlu ganti krn saat servis karbu mekanik bilang bensin dah sprti berpasir, sufah diganti dan blm sembuh brebetnya. Hanya berkurang dikit tp blm sembuh.
Selanjutnya masuk cek pengapian seting delco dan ganti busi, masih brebet.
Nah pas ganti busi ini ketahuan kalo kondisi cop busi hmpir sama kaya punya om. Stlh itu cek kondisi kabel busi,caranya saat mesin hidup cop busi ditarik keatas pelan2, harusnya lompatan listrik hanya keluar dr ujung cop busi tp kabel busi saya loncatan listriknya mlencar2 ke bodi sekitar lubang busi, bocor kabelnya. Setelah ganti kabel busi jadi sembuh total.
Jadi yg saya lakuin pas kena masalah yg mirip2 sama om yaitu.
1. Servis karbu
2. Ganti filter bensin dan kuras tangki bensin
3. Ganti busi
4. Ganti kabel busi.
5. Setel pengapian
6. Ganti selang2 vacum yg longgar atau mengeras (lupa cantumin tadi)
Share sedikit punya saya dg permasalahan yg hampir mirip ya
Gejalanya mobil kalo dibejek agak dalem ga mau akselerasi, mlh jd trsndat2. Kalo diurut masih mau rata akselerasinya.
Nyalain AC mlh tmbh parah brebetnya.
Bau bensin di ujung kenalpot.
Saat idle rpm gamau rata alias kadang drop sendiri.
Diagnosa awal karbu kotor, ssetelah servis bersihin karbu dan seting mixture tetep ga sembuh.
Diagnosa kedua tangki bensin perlu kuras dan filter bensin perlu ganti krn saat servis karbu mekanik bilang bensin dah sprti berpasir, sufah diganti dan blm sembuh brebetnya. Hanya berkurang dikit tp blm sembuh.
Selanjutnya masuk cek pengapian seting delco dan ganti busi, masih brebet.
Nah pas ganti busi ini ketahuan kalo kondisi cop busi hmpir sama kaya punya om. Stlh itu cek kondisi kabel busi,caranya saat mesin hidup cop busi ditarik keatas pelan2, harusnya lompatan listrik hanya keluar dr ujung cop busi tp kabel busi saya loncatan listriknya mlencar2 ke bodi sekitar lubang busi, bocor kabelnya. Setelah ganti kabel busi jadi sembuh total.
Jadi yg saya lakuin pas kena masalah yg mirip2 sama om yaitu.
1. Servis karbu
2. Ganti filter bensin dan kuras tangki bensin
3. Ganti busi
4. Ganti kabel busi.
5. Setel pengapian
6. Ganti selang2 vacum yg longgar atau mengeras (lupa cantumin tadi)
Blackberry 759E60C7
Whatsapp/call 0857405090empatTiga / 0813266679enamTiga
Whatsapp/call 0857405090empatTiga / 0813266679enamTiga
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Rpm gas tersendat-sendat
Dugaan saya begitu om...idle naik saat mesin panas, dan drop saat ac on.
Idle up ac nempel di deket nomor rangka. Selang yg dari intake harus masuk ke lubang bawah solenoid, lubang yg atas ke membran(yg diganjel per itu)
Btw: sebenarnya membran ini tidak perlu diganjal per, karena memang tidak butuh per.
Idle up ac nempel di deket nomor rangka. Selang yg dari intake harus masuk ke lubang bawah solenoid, lubang yg atas ke membran(yg diganjel per itu)
Btw: sebenarnya membran ini tidak perlu diganjal per, karena memang tidak butuh per.
Re: Rpm gas tersendat-sendat
Mirip banget kasus kita mas ,Budi_Mahendra wrote:Tersendat sendat bisa krn karbu dan kabel busi om..
Share sedikit punya saya dgn permasalahan yg hampir mirip ya
Gejalanya mobil kalo dibejek agak dalem ga mau akselerasi, mlh jd trsndat2. Kalo diurut masih mau rata akselerasinya.
Nyalain AC mlh tmbh parah brebetnya.
Bau bensin di ujung kenalpot.
Saat idle rpm gamau rata alias kadang drop sendiri.
Nah pas ganti busi ini ketahuan kalo kondisi cop busi hmpir sama kaya punya om. Stlh itu cek kondisi kabel busi,caranya saat mesin hidup cop busi ditarik keatas pelan2, harusnya lompatan listrik hanya keluar dr ujung cop busi tp kabel busi saya loncatan listriknya mlencar2 ke bodi sekitar lubang busi, bocor kabelnya. Setelah ganti kabel busi jadi sembuh total.
Jadi yg saya lakuin pas kena masalah yg mirip2 sama om yaitu.
1. Servis karbu
2. Ganti filter bensin dan kuras tangki bensin
3. Ganti busi
4. Ganti kabel busi.
5. Setel pengapian
6. Ganti selang2 vacum yg longgar atau mengeras (lupa cantumin tadi)
kalo dibejek gasnya agak dalem ga mau akselerasi, mlh jd trsndat2. Kalo diurut masih mau rata akselerasinya.
Nyalain AC mlh tmbh parah brebetnya.
Saat idle rpm ga mau rata alias kadang drop sendiri.
bedanya gak ada bau bensin di ujung knalpot
Curiga sama cop businya ,
tapi coba ikutin dulu saran pakde cek selang vacum yg masuk ke idle up AC
klok gak ada perubahan baru ganti cop busi sama selang2 vacumnya.
Terima kasih banyak mas Budi,
- Budi_Mahendra
- GC Noob
- Posts: 168
- Joined: Mon Nov 03, 2014 5:39 am
- Location: Blora-Lasem-Semarang
Re: Rpm gas tersendat-sendat
Iya saran pakde dicoba dulu aja. Soalnya kadang sumber mshlnya ga cuma satu. Yg penting dibetulkan dulu yg terlihat ga beres atau brmasalah. Selenoid idle up AC juga dicek om.
Blackberry 759E60C7
Whatsapp/call 0857405090empatTiga / 0813266679enamTiga
Whatsapp/call 0857405090empatTiga / 0813266679enamTiga
Re: Rpm gas tersendat-sendat
Siap pakde... ntar di cek tuh selang nyaPa'de Gung wrote:Dugaan saya begitu om...idle naik saat mesin panas, dan drop saat ac on.
Idle up ac nempel di deket nomor rangka. Selang yg dari intake harus masuk ke lubang bawah solenoid, lubang yg atas ke membran(yg diganjel per itu)
Btw: sebenarnya membran ini tidak perlu diganjal per, karena memang tidak butuh per.
Re: Rpm gas tersendat-sendat
Siap mas.......Budi_Mahendra wrote:Iya saran pakde dicoba dulu aja. Soalnya kadang sumber mshlnya ga cuma satu. Yg penting dibetulkan dulu yg terlihat ga beres atau brmasalah. Selenoid idle up AC juga dicek om.
- rezayolando
- GC Whore
- Posts: 3470
- Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
- Location: Bandung
- Contact:
Re: Rpm gas tersendat-sendat
Di situ saya merasa senang dengan pa de gung yang selalu setia menjawab semua masalah mobil qta.. Dan banyak bgt yang qta bisa pelajari dan menganalisa. Intinya setiap masalah kendaraan wajib di analisa dengan mempelajari sedikit" keluhan.
Seneng banget baca thread kalau pak de muncul dan membahas..
Salut buat pak de gung..
Seneng banget baca thread kalau pak de muncul dan membahas..
Salut buat pak de gung..
--- AERO SH 4 ' 89 ---