Kawans...
Thanks solusinya.....saya coba cek tutup radiator. Kalo kondisi mesin hidup, tidak ada gerakan air di "mulut" radiator. Tapi kira2 apa hubungan antara tutup radiator dengan berkurangnya air di tabung air? Saya harus nambah kurang lebih secangkir air ke tabung air (bukan ke radiator) setiap kali bepergian.
MESIN PANAS
Re: MESIN PANAS
Mmmm... mungkin gini om (mungkin lho)..
kan kerja radiator tu kan mendinginkan mesin. nah, kebayang dong panasnya air radiator karena harus keluar masuk mesin untuk menjaga suhu ideal mesin.. nah, ketika radiator bekerja dan suhu meningkat, maka air pun menguap.. makanya perlu ada reservoir untuk menampung uap air tersebut.. nah,, ketika mesin mati dan mulai dingin, maka air yang tadi ada di reservoir akan tersedot kembali ke radiator, sampai kembali ke keadaan semula. itu terus berulang-ulang. nah,, kalau tutup radiator bocor atau tidak rapat menutup, maka akan ada uap air yang terlepas ke luar, sehingga volume air pun ikut berkurang. itulah mengapa air di reservoir berkurang..
CMIIW... om PP, om onta, om2 yang lain..
kan kerja radiator tu kan mendinginkan mesin. nah, kebayang dong panasnya air radiator karena harus keluar masuk mesin untuk menjaga suhu ideal mesin.. nah, ketika radiator bekerja dan suhu meningkat, maka air pun menguap.. makanya perlu ada reservoir untuk menampung uap air tersebut.. nah,, ketika mesin mati dan mulai dingin, maka air yang tadi ada di reservoir akan tersedot kembali ke radiator, sampai kembali ke keadaan semula. itu terus berulang-ulang. nah,, kalau tutup radiator bocor atau tidak rapat menutup, maka akan ada uap air yang terlepas ke luar, sehingga volume air pun ikut berkurang. itulah mengapa air di reservoir berkurang..
CMIIW... om PP, om onta, om2 yang lain..
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: MESIN PANAS
Wah cakep nih, untuk bisa posting harus ada verifikasi walau sederhana tapi epektip....
Yang diinpokan kang Lukman bener dengan syarat gak ada yang bocor yah...
termasuk air gak masuk ruang bakar..
Yang diinpokan kang Lukman bener dengan syarat gak ada yang bocor yah...
termasuk air gak masuk ruang bakar..
Grandcivic Kaca Gelap
Re: MESIN PANAS
pauluspaska wrote:Wah cakep nih, untuk bisa posting harus ada verifikasi walau sederhana tapi epektip....
Yang diinpokan kang Lukman bener dengan syarat gak ada yang bocor yah...
termasuk air gak masuk ruang bakar..
hehe,, alhamdulillah bener juga... belajar dari pengalaman om..
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: MESIN PANAS
hehehe pengalaman adalah guru yang terbaik....asal kita gak tidur di kelas
Grandcivic Kaca Gelap
Re: MESIN PANAS
pauluspaska wrote:hehehe pengalaman adalah guru yang terbaik....asal kita gak tidur di kelas
hahaha,,,
tapi pas udah pindah haluan mah ga tidur ko om. melek terus..
eh, sori jadi OOT.. piss..
Re: MESIN PANAS
Saya pernah punya pengalaman mirip, ternyata setelah dicek tutup radiator yang tidak berfungsi dengan baik. Ini yang saya lakukan buat ngetes tutup radiator. Panaskan mobil sampai kondisi ideal (temp 1/2 kurang sedikit), tidak perlu jalan. Terus cek di lubang tutup reservoir, apakah ada air yang netes? Kalau ada kemungkinan besar tutup radiator tidak berfungsi dengan baik. Atau mungkin juga kondisi radiator yang sudah kotor, termasuk sirip-sirip luar sehingga tidak bisa mendinginkan air dengan sempurna. Tutup radiator standar honda civic 88 (radiator 1 ply, mesin d15) baru akan membuka pada tekanan 0,9 - 1 bar. Info ini saya dapet dari cd Autodata ver. 3.16 dan dari salah satu mantan pengajar BLK.
Re: MESIN PANAS
si om Iwan udah 2ply kalo ga salah..SuPeRNoVa wrote:klo bikin jadi 2ply itu rubah dudukan ato tidak?bengkel recoment yg bisa buat 2ply dmn ya?kisaran harganya brp?
om Iwaaaannnn.... dimana dikau?
*diforumsebelahdagangannyabanyakbener...
oldskool japanese warrior