tanya: ciri2 dinamo starter yg lemah dgn aki yg lemah

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
begjes
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 572
Joined: Fri Jan 28, 2011 12:11 am
Location: jakarta timur

tanya: ciri2 dinamo starter yg lemah dgn aki yg lemah

Post by begjes » Thu May 05, 2011 10:29 am

dear om2,

sebagai nubie, saya butuh pencerahaan om2 semua,dah seminggu ini setiap mau start khususnya pagi, GC saya mengalami kejadian "tek tok tek tok" baru beberapa saat mesin GC bisa nyala.kira2 menurut om2 kejadian ini berasal dari dinamo starter atau aki yg lemah?
mengingat budget yg tipis saya harus mempriorotaskan mana dulu yg saya harus beli. takutnya setelah beli aki,ternyata bukan akinya yg soak atau sebaliknya. :D

fyi aki GC saya pake aki kering yg di beli dr tahun 2009. :-?

terima kasih mohon masukan dari om2 semua. :ymapplause:
http://alvispro.blogspot.com/
indrajaya@alvispro.com
exhibition and interior
08111898601

the vintage

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: tanya: ciri2 dinamo starter yg lemah dgn aki yg lemah

Post by adeindra » Thu May 05, 2011 10:59 am

suah prediksinya. harus ke tukang aki yang biasanya juga tukang dinamo untuk dicek keduanya. Tidak hanya dinamo stater tapi juga dinamo amper (altenator)

kalo kata orang sih, jangka waktu pemakaian aki tuh cukup 2 tahun aje...

User avatar
irwans85
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 972
Joined: Mon Feb 16, 2009 10:32 am
Location: klaten,magelang

Re: tanya: ciri2 dinamo starter yg lemah dgn aki yg lemah

Post by irwans85 » Thu May 05, 2011 11:14 am

idem saran om ade...mending bawa ketukang aki...
kalo mau cek sendiri sih bisa juga..
1. coba pinjem aki yang sehat trus dipake dulu...kalo startnya greng berarti aki yang dah soak, kalo masih tek tok tek tok berarti dinamo starter yang soak...
2. cek alternator pake ampere meter, kalo pengisian normal n stabil berarti alternator masih sehat..

ati2 pake aki kering om, kurang bisa terdeteksi kerusakanya, pengalaman sendiri wekekekk.... minggu malem kemaren pas dilampu merah mesin tau2 mati, distater sama sekali g kuat n lampu indikator spedo redup... terpaksa dorong. pas udah nyala sewaktu digas voltase di Cpasitor bank bisa nyampe 13 s/d 14 volt tapi begitu gas dilepas langsung ngedrop jadi 8 s/d 9 volt doang... setelah dicek ternyata akinya dah bener2 soak ga bisa nyimpen arus lagi....padahal sebelumnya fine2 aja ga ada indikasi susah starter dll...
GrayaxX n Ga3ul Lovers...Black Black Black Vorever

zimbah
GC Lover
GC Lover
Posts: 267
Joined: Tue Feb 22, 2011 9:01 pm
Location: bandung-jogjakarta

Re: tanya: ciri2 dinamo starter yg lemah dgn aki yg lemah

Post by zimbah » Thu May 05, 2011 11:29 am

irwans85 wrote:idem saran om ade...mending bawa ketukang aki...
kalo mau cek sendiri sih bisa juga..
1. coba pinjem aki yang sehat trus dipake dulu...kalo startnya greng berarti aki yang dah soak, kalo masih tek tok tek tok berarti dinamo starter yang soak...
2. cek alternator pake ampere meter, kalo pengisian normal n stabil berarti alternator masih sehat..

ati2 pake aki kering om, kurang bisa terdeteksi kerusakanya, pengalaman sendiri wekekekk.... minggu malem kemaren pas dilampu merah mesin tau2 mati, distater sama sekali g kuat n lampu indikator spedo redup... terpaksa dorong. pas udah nyala sewaktu digas voltase di Cpasitor bank bisa nyampe 13 s/d 14 volt tapi begitu gas dilepas langsung ngedrop jadi 8 s/d 9 volt doang... setelah dicek ternyata akinya dah bener2 soak ga bisa nyimpen arus lagi....padahal sebelumnya fine2 aja ga ada indikasi susah starter dll...
ngeri juga pake aki kering ya om?padahal sy pake aki kering jg . . .
makasih om infonya . . .

User avatar
begjes
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 572
Joined: Fri Jan 28, 2011 12:11 am
Location: jakarta timur

Re: tanya: ciri2 dinamo starter yg lemah dgn aki yg lemah

Post by begjes » Thu May 05, 2011 12:32 pm

setahu saya ada semacam areng di dinamo stater yg kadang2 bisa habis sehingga susah di stater...bener ga sih om2 yg budiman?
http://alvispro.blogspot.com/
indrajaya@alvispro.com
exhibition and interior
08111898601

the vintage

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: tanya: ciri2 dinamo starter yg lemah dgn aki yg lemah

Post by adeindra » Thu May 05, 2011 1:08 pm

namanya carbon brush itu pasti ada di setiap dinamo

User avatar
zulindra
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1108
Joined: Tue Mar 02, 2010 8:16 pm
Contact:

Re: tanya: ciri2 dinamo starter yg lemah dgn aki yg lemah

Post by zulindra » Thu May 05, 2011 4:30 pm

Pernah baca referensi.. Aki kering gak boleh terpapar panas.. Umurnya bakalan pendek..

User avatar
begjes
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 572
Joined: Fri Jan 28, 2011 12:11 am
Location: jakarta timur

Re: tanya: ciri2 dinamo starter yg lemah dgn aki yg lemah

Post by begjes » Thu May 05, 2011 6:14 pm

yg di maksud dengan bandik apa ya om?
http://alvispro.blogspot.com/
indrajaya@alvispro.com
exhibition and interior
08111898601

the vintage

User avatar
badooy
Site Admin
Site Admin
Posts: 10094
Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
Contact:

Re: tanya: ciri2 dinamo starter yg lemah dgn aki yg lemah

Post by badooy » Thu May 05, 2011 9:30 pm

cek listrik2 nya, klakson masih nyaring? dipencet lama masih tahan? tahan lama dan gak cepet lemes gitu maksudna? halah jd kamana2..
lampu msh terang? dll... kalo listrik woke, gede kemungkinan ya dinamo staterna dah mulai ngadat...
klo versi scientificna, dicek si accunya ama pengukur kyk apa ya, di tukang accu ada lah...

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: tanya: ciri2 dinamo starter yg lemah dgn aki yg lemah

Post by pauluspaska » Fri May 06, 2011 6:29 am

Kemungkinan besar motor starter om, sdh mulai gejala tuh motor starter gulungan kabelnya. Solenoidnya minta ganti, sy kemarin gitu juga, om zul juga. Dikira aki yang lemah.
Bawa ke tukang dinamo, saya kena 250), harusnya bisa nego lagi, soalnya gulung dinamo listrik aja kenanya segitu, ini kawat lebih sedikit.
Grandcivic Kaca Gelap

Post Reply