berasal dari postingan om papa emy,
saya baru tersadar kalo belum ada topik khusus yang membahas pemasangan head vtec di mesin standar kita.
pembahasan pemasangan head vtec tersebar di beberapa thread
baik dari sisi bahan part apa saja yang dibutuhkan dan apa aje yang perlu di perhatikan...
so saya coba merangkum nih... bahan dari sini
viewtopic.php?f=7&t=3806&p=110084&hilit ... ec#p110084
http://www.grandcivic.com/viewtopic.php ... &start=210
viewtopic.php?f=25&t=1793&st=0&sk=t&sd=a&start=40
viewtopic.php?f=25&t=1722&p=57253&hilit ... tec#p57253
dimulai deh nih tulisannya
apa aje part yang perlu disiapkan?
1. head vtec p-08 tentunya yang lengkap dengan selenoid vtecnya
kalo mau naik head p2j juga bisa ya...
2. fuel pump denso espass or mitsubitshi T120ss or suzuki futura (bisa pake pompa bensin bermerek lain or yang in-tank kalo dana lebih besar)
perlu fuel pump elektrik karena mekanisme rotax bawaan head standar engga bisa dipake
3. packing cyl cop
4. 16 peace seal klep
(bisa pake punya gc yang lebih murah)
5. paking dexel (head)
6. seal busi
no. 3-6 bisa pake punya ferio
7. packing manipol ex
8. packing manipol in
bisa pake standar GC (kalo in bisa pake punya gc yang kertas lebih murah sementara kalo out juga bisa pake punya ferio yang bahan besi biar lebih kuat)
nomer 3 s.d. 8 sebaiknya diganti biar paking dan seal2 baru semua engga ada kebocoran lagi deh
9. radiator coolant
biar sekalian maknyus
10. tachometer atau shiftlight
untuk men-triger on vtecnya karena masih pake karbu kan
11. timing belt city type z
12. cover timing belt city type z
13. kabel busi ferio/city type z (NGK buat d series vtec kalo ada duit)
14. kabel2 secukupnya buat nyambungin fuelpump ke listrik
15. selang bensin untuk ke fuelp pump
16. oli mesin
17. busi
18. tensioner timing belt (tetep pake punya gc)
apa aje yang perlu dimodif?
1. delko standar bagian kaki pegangan bautnya perlu dicoak agar bisa nyetel delko lebih jauh untuk nyari timing yang pas
2. cabut oil jet yg posisinya di antara cyl no 2 & 3 di blok mesin
sumber yang ditulis om papaemy juga jadi resources yang berharga nihPapaEmy wrote:
krn utk semua blok mesin seri D yg non-VTEC mau diconvert mnjadi VTEC, supaya VTEC bisa bekerja secara ideal spt menggunakan blok mesin yg memang didesign dgn vtec head, oil jet di antara cyilinder 2 & 3 harus dilepas, krn ini vital, kl oil jet ngga dilepas, VTEC ngga akan kerja, kalo pun misalnya kerja krn solenoid udah buka salurannya supaya oli naek ke chamber vtecnya bisa membuat VTEC terlambat bekerjanya, misalnya harusnya VTEC engaged di rpm 4800, mungkin baru di rpm 7500 VTECnya engaged, kenapa?
karena pada saat soleniod hidup, utk VTEC kerja, butuh tekanan oli minimal 60 psi di chamber vtecnya, pada head P08 dirancang di sekitaran rpm 4600 tekanan oli sudah mencapai min 60 psi, pada saat ECU memerintah solenoid hidup di rpm 4800 maka VTEC otomatis engaged, pada blok mesin seri D non-vtec oil jet harus dibuka spy menghasilkan tekanan oli yg tinggi di range rpm 4600-4800 saat seharusnya VTEC kicked-in spt pada mesin D16Z6 asli bawaan P08nya..
penyebab2 VTEC ngga kerja ato terlambat kerja pada modifikasi mini-me swap:
1. Solenoid ngga kerja
2. Putaran mesin ngga menghasilkan tekanan oli utk vtec dapat bekerja
3. Oli mesin kurang
4. Oil jet tidak dibuka yg menyebabkan putaran mesin tidak menghasilkan tekanan oli yg ideal pada vtec chamber di rpm yg seharusnya VTEC kicked in.
catatan: pada saat VTEC kicked-in suara mesin otomatis derungnya akan berubah mnjadi kasar, utk yg menggunakan system injeksi, vtec ngga jalan kalo hanya test diam posisi gigi netral krn program ECUnya, tp tidak demikian dengan system carbu+vtec krn pengaktifan solenoidnya bisa menjadi manual, pada saat mesin kemarin mesin dihidupkan sy pikir VTEC udah jalan krn rpm cepat sekali naiknya stlh melewati titik 4500 rpm, bahkan sampe rpm lewat dari daerah merah 8000,tp tidak terdengar suara derung vtecnya, ternyata yg membuat putaran mesin naik drastis bukan krn vtec bekerja, tp lebih dikarenakan ukuran diameter klep P08 yg +/- 0.5mm lebih besar dibanding klep std head PM3 bawaan nouva
http://www.4guk.co.uk/viewtopic.php?t=17211
http://www.angelfire.com/creep/minimeswap/
http://www.angelfire.com/dc2/cyber13/minimeinfo.html
http://www.civic-eg.com/viewtopic.php?t=10
http://honda-tech.com/showthread.php?t=554053
http://crx.honda-perf.org/articles/z6swap/z6swap.html
http://www.wonderbart.com/d16z6/
demikian tulisan saya...
kalo ada saya salah nulis mohon koreksinya nanti akan saya edit tulisan diatas ya
kalo ada pertanyaan, mohon bantuan temen2 semua yang udah pasang head vtec membantu... terutama om papaemy, om krisnadew, om meneer, om uddin dll
terimakasih
info dari om eza di bulan Juni 2013 harga part yang dibutuhkan:
1. paking head ferio 185rb
2. paking tutup head karet 90rb
3. timing belt city type z 200rebuan
4. seal klep gc: 90rebu
5. rotak pake denso esppas 300rb
6. karet baut tutup head 4 biji: 80rb
7. paking head ferio: 185rb
8. paking in gc: 20rebu
9. paking out ferio: 60rb