Aki drop

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Aki drop

Post by pauluspaska » Wed Aug 05, 2009 8:52 am

Wah lagi pusing nih,
Aki kok tiba-tiba ngedrop beberapa hari ini...padahal gak ada perubahan kelistrikan.
Kebetulan ada aki cadangan dan power supply yang bisa charge aki itu...

sudah diperiksa pengisian dari alternator bagus.
waktu mesin nyala idle, kabel positif aki saya cabut, mesin masih tetep nyala. berarti alternator okey.

Apakah alarm menyedot listrik kuat ya?
Tadi pagi juga ngedrop, padahal itu aki udah dicharge malam sebelumnya dan mobil dipake sampe sore.

Kalo ada kabel yang short ke bodi, pastinya kabel udah terbakar. tapi ini kok gak ada yang gosong ya...
BTW aki masih relatif baru
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: Aki drop

Post by ariphrp » Wed Aug 05, 2009 9:22 am

Cek dulu Oom.. switch lampu rem di pedal rem tetap ON nggak waktu diam semaleman.. Saya pernah gitu Oom.. pagi kok akinya loyo.. ternyata masalahnya cuma di situ doang..

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: Aki drop

Post by pauluspaska » Wed Aug 05, 2009 9:47 am

Kalo switch itu on berarti lampu belakang juga nyala? semaleman gak ada lampu yang nyala, kecuali lampu led indikator alarm.
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: Aki drop

Post by meneer » Wed Aug 05, 2009 9:53 am

listrik ada yg bocor kali om...jadi listrik tetep jalan ketika kontak dicabut
pengalaman gw dulu kebocoran listrik ternyata ada di headunit :)
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
batman
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 812
Joined: Thu Jul 24, 2008 4:19 pm
Location: @#$ macet nya Jakarta..

Re: Aki drop

Post by batman » Wed Aug 05, 2009 9:56 am

mungkin aki nya om pp yg sudah kurang bagus untuk nyimpan strum...

User avatar
irwans85
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 972
Joined: Mon Feb 16, 2009 10:32 am
Location: klaten,magelang

Re: Aki drop

Post by irwans85 » Sun Aug 09, 2009 12:02 pm

Numpang tny dthread om pp y..kalo aki normal voltase pas stlh dpake sm pas mati brapa y? Pnyae saya kok cm mentok 13,56 pas hbs jalan n 12,4 pas mati...td smpt g bs dstater pdhl voltase 12,3..kira2 knapa y?

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: Aki drop

Post by pauluspaska » Mon Aug 10, 2009 9:22 am

Nah tuh mulai sama kasusnya hehehe...

Kalo voltage 12 V tidak menunjukan bahwa otomatis bisa menyulut dinamo stater.
Yang menentukan adalah arus yang tersimpan di dalamnya. Dinamo stater itu menyedot arus yang besar sekali.
Kalo di tukang Aki yang baik, ada alat yang memeriksa "Cranking" dari aki. Kekuatan aki menanggung beban.

Memang benar setelah mobil dipakai jalan, arus aki bisa lebih dari 13 V tapi tidak pernah sampai 14 V.

Semoga membantu.
PS: sampai sekarang kasus saya masih belum solved, solusi paling murah: cabut aki kalau parkir lama.
Solusi ribet: ganti semua kabel. Ini bisa berhari-hari.
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: Aki drop

Post by ariphrp » Mon Aug 10, 2009 9:26 am

pauluspaska wrote:Nah tuh mulai sama kasusnya hehehe...

Kalo voltage 12 V tidak menunjukan bahwa otomatis bisa menyulut dinamo stater.
Yang menentukan adalah arus yang tersimpan di dalamnya. Dinamo stater itu menyedot arus yang besar sekali.
Kalo di tukang Aki yang baik, ada alat yang memeriksa "Cranking" dari aki. Kekuatan aki menanggung beban.

Memang benar setelah mobil dipakai jalan, arus aki bisa lebih dari 13 V tapi tidak pernah sampai 14 V.

Semoga membantu.
PS: sampai sekarang kasus saya masih belum solved, solusi paling murah: cabut aki kalau parkir lama.
Solusi ribet: ganti semua kabel. Ini bisa berhari-hari.
Bikin switch cut Off khusus kabel accu aja Oom..

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: Aki drop

Post by pauluspaska » Mon Aug 10, 2009 9:32 am

saya periksa pakai ammeter sewaktu parkir, ternyata listrik yang tersedot oleh Alarm, jam, mobil, dan tape hanya 0,7A saja, tapi kenapa bisa drop di pagi hari ya?
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: Aki drop

Post by pauluspaska » Mon Aug 10, 2009 9:33 am

ariphrp wrote:
Bikin switch cut Off khusus kabel accu aja Oom..
Nah saya kepikiran itu juga tuh om, thanks inpo nya..
Grandcivic Kaca Gelap

Post Reply