Starter Mobil

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: Starter Mobil

Post by saitama » Mon Jun 30, 2008 6:53 pm

tuh biasanya kalo ga aki tekor, dinamo amper ga mau ngecas, ya di namo starter udah soak ataw rumah kunci udah mulai aus / rusak

cara ngecek nya gampang siapin avometer dulu sama tang

1. cek kondisi pengecasan aki tes dulu pake avo berapa volt n berapa ampere aki sebelum di start ( untuk start yang bagus minim 12 volt)
2. setelah itu start mobil pas udah nyala cek lagi minim 13-14 volt
3. trus matikan mobil cek lagi harus berkisar di 13 volt
4. tunggu selama 1 - 2 jam cek lagi apakah turun sampe di bawah 12 volt kalo iya berarti aki sudah rusak ( udah ga mau ngecash / ataw ga mau nampung ) tapi kalo liat kasusnya setelah lebih dari sehari baru ga mau berarti aki masih bagus
5. cek dinamo amper apakah pas waktu mobil nyala ( setelah starter ) indikator gambar aki nyala ataw mati kalo nyala berarti dinamo starter ga mau nge charge
6. cek dinamo starter caranya pas waktu nyetarter bunyi suara cetek2 ga?? trus lampu indikator di dashbord nyalanya mendrip2 ga?? kalo terasa berat banget coba di pukul2 dinamo starter nya pake tang ga usah pake alat berat cukup di pukul2 sebentar aja trus coba di starter lagi
7. cek kabel pul kutub aki kendor ataw ga???
8. langkah terakhir cek rumah kunci biasanya udah agak gosong jadi ga mau konek caranya harus di lepas dulu di cek di bawah kalo udah banyak yang gosong n kabel2 udah kendor ya harus ganti

semua langkah di atas adalah alternatif lebih baik bawak ke tukang dinamo untuk pengecekan lebih lanjut

gitu deeehhh

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: Starter Mobil

Post by meneer » Mon Jun 30, 2008 11:23 pm

saitama wrote:tuh biasanya kalo ga aki tekor, dinamo amper ga mau ngecas, ya di namo starter udah soak ataw rumah kunci udah mulai aus / rusak

cara ngecek nya gampang siapin avometer dulu sama tang

1. cek kondisi pengecasan aki tes dulu pake avo berapa volt n berapa ampere aki sebelum di start ( untuk start yang bagus minim 12 volt)
2. setelah itu start mobil pas udah nyala cek lagi minim 13-14 volt
3. trus matikan mobil cek lagi harus berkisar di 13 volt
4. tunggu selama 1 - 2 jam cek lagi apakah turun sampe di bawah 12 volt kalo iya berarti aki sudah rusak ( udah ga mau ngecash / ataw ga mau nampung ) tapi kalo liat kasusnya setelah lebih dari sehari baru ga mau berarti aki masih bagus
5. cek dinamo amper apakah pas waktu mobil nyala ( setelah starter ) indikator gambar aki nyala ataw mati kalo nyala berarti dinamo starter ga mau nge charge
6. cek dinamo starter caranya pas waktu nyetarter bunyi suara cetek2 ga?? trus lampu indikator di dashbord nyalanya mendrip2 ga?? kalo terasa berat banget coba di pukul2 dinamo starter nya pake tang ga usah pake alat berat cukup di pukul2 sebentar aja trus coba di starter lagi
7. cek kabel pul kutub aki kendor ataw ga???
8. langkah terakhir cek rumah kunci biasanya udah agak gosong jadi ga mau konek caranya harus di lepas dulu di cek di bawah kalo udah banyak yang gosong n kabel2 udah kendor ya harus ganti

semua langkah di atas adalah alternatif lebih baik bawak ke tukang dinamo untuk pengecekan lebih lanjut

gitu deeehhh
bisa dijelaskan dengan mendrip2 om? 8-)
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

Nawee
GC Whore
GC Whore
Posts: 2264
Joined: Mon May 26, 2008 3:43 pm
Location: Medan-Banten-Jakarta-Bandung

Re: Starter Mobil

Post by Nawee » Tue Jul 01, 2008 8:28 am

norman wrote:karena tiap hari kerja pake 'raja'....tiap tiga hari ane manasin GC... pas mau distarter... gak ada tanda-tanda 'cengengesan' atau cetek2 tuh... sekitar 10 detik baru nyalah...tapi kadang2 harus beberapa kali putar kunci baru bisa... kira2 kenapa yah?ada yg pernah ngalamin?
sekedar info...aki baru dan altenator ok.
tapi kalo baru nyala dan masih 1 hari...distarter langsung bisa tuh...
akinya baru brp lama om norman, trus pake aki merek apa ?

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: Starter Mobil

Post by meneer » Tue Jul 01, 2008 9:39 am

norman wrote:Om Iwan -> aki yg lama merk G-Force 55A umur sekitar 2 tahun....dan yg sekarang udah gw ganti sama GS 45A...

Om Saitama -> wes lengkap boneng niy...thanks...
poin 1 - 7 kayaknya udah gak ada masalah...karena sebelumnya udah ngecek di tukang altenator dan pas beli aki GS di S&D juga dicek semuanya...
yg no 8 bisa jadi niy... terus mengenai karbon brush...pernah baca...kalo karbon nya kurang...starter jadi kurang jos...memang iya ya?
kalo karbon brushnya berkurang berarti bisa jadi masalahnya ada di situ om...kayanya kudu ganti tuh...
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

Nawee
GC Whore
GC Whore
Posts: 2264
Joined: Mon May 26, 2008 3:43 pm
Location: Medan-Banten-Jakarta-Bandung

Re: Starter Mobil

Post by Nawee » Tue Jul 01, 2008 11:21 am

norman wrote:Om Iwan -> aki yg lama merk G-Force 55A umur sekitar 2 tahun....dan yg sekarang udah gw ganti sama GS 45A...

Om Saitama -> wes lengkap boneng niy...thanks...
poin 1 - 7 kayaknya udah gak ada masalah...karena sebelumnya udah ngecek di tukang altenator dan pas beli aki GS di S&D juga dicek semuanya...
yg no 8 bisa jadi niy... terus mengenai karbon brush...pernah baca...kalo karbon nya kurang...starter jadi kurang jos...memang iya ya?
wuihhh G-Force-nya tahan lama juga yah om, bisa ampe 2 thn...
wkt itu saya pake G-Force blm setaon dah modar, trnyata bnyk yg komplain jg ma G-Force akhirna dganti pake Aki kering Delkor deh...
well aki brarti no problemo dong..
btw GS-nya beli kpn om?

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: Starter Mobil

Post by pauluspaska » Tue Jul 01, 2008 11:43 am

Om Norman,
Kalau gak ada cetak-cetek....diduga arus listrik gak kuat n gak nyampe ke dinamo starter....
Caranya: jumper pakai kabel positif ke terminal (+) dinamo starter...cukup sentuh saja sekilas...biasanya ada percikan api. Biasanya setelah dilakukan ini dinamo bisa jalan lagi dengan memutar kunci starter.

Kalau dinamo masih ngadat padahal dalam keadaan tergesa mobil mau dipakai jalan, putar kunci starter ke posisi On, seseorang di pedal gas, tetap pakai kabel jumper di tahan ke terminal (+) selama 2 - 3 detik sambil seseorang memainkan pedal gas seperti mesin baru start.

Kalau sudah jalan dan suatu ketika masih nagadat lagi sepertinya kuningan (brush) sudah aus...bongkar dan ganti....murah kok cuma Rp. 15 ribu..yang mahal biaya bongkar dan biaya urgencynya..... :mrgreen:
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: Starter Mobil

Post by saitama » Tue Jul 01, 2008 11:28 pm

meneer wrote: bisa dijelaskan dengan mendrip2 om? 8-)
seeekk opo yoh bahasa latinnya mendrip2 hmmm :idea: :idea: :mrgreen: :mrgreen:
aku ora eruuuhhhh aaaarrrghhhh

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: Starter Mobil

Post by saitama » Wed Jul 02, 2008 6:30 pm

norman wrote:Om Iwan -> kebetulan dapat yg bandel kali G-Force na 8-) ...secara GF di GC selama ane pake udah 18 bulan...dan kalo gak salah yg pemilik GC sebelumnya... baru ganti aki sekitar stgh tahunan... jadi total sekitar 2 tahun lebih umur aki GF... hasil cek terakhir 2 sel yg mati....jadi nyerah dan minta pensiun tuh aki....
beli GS 45A tgl 1 jun kemarin....

Om PP -> benar Om PP gak ada bunyi2 apapun pada saat di start...
berarti fokus ke bagian dinamo starter... gw coba deh...tapi kalo binun ke ahlinya aja deh :mrgreen: thanks Om...
kalo di namo starter tuh yang paling sering rusak tuh adalah brostelnya magnet yang ada di dalem di namo kalo udah di pukul2 tetep ga bisa yaaa berarti harus di copot trus di bawa ke tukang cerpis

klao masih gitu juga berarti harus cek soket kuncinya oomm bisa karena carbon brushnya udah habis tuhh

ketchiro
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 721
Joined: Sun May 25, 2008 3:33 pm

Re: Starter Mobil

Post by ketchiro » Wed Jul 09, 2008 6:32 am

dateng aja ke "berkah accu" kg di kibulin deh, tlp : lokasi di deket fuji film matraman 021-3904453, deket kali yg di belakang nya, puter balik di toko buku imanuel, setelah jembatan kali itu dia toko no nya di sebelah kiri, di sana selain jual accu juga bisa service dinamo2 & altenator, gue ganti dinamo amper di sana yg ex spore, yg asli mahal bgt bisa 1 jt keatas, gue aja pernah ganti accu di sana thn 2003 terus beli lagi thn 2007, 4thn jarang2 bisa mento segitu, biasa nya 2 thn udah ganti, sampe2 toko nya bingung kok awet bgt ya?? gue pake yg NS70(yg besar) merek GS now harga nya udah 700rb(sblm bbm naik), untung gue udah gue ganti pas harga nya masih 400rb, hiks2 nyesek....., semoga accu gue bisa awet 4thn lagi, he he

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: Starter Mobil

Post by saitama » Thu Jul 10, 2008 1:47 am

ketchiro wrote:dateng aja ke "berkah accu" kg di kibulin deh, tlp : lokasi di deket fuji film matraman 021-3904453, deket kali yg di belakang nya, puter balik di toko buku imanuel, setelah jembatan kali itu dia toko no nya di sebelah kiri, di sana selain jual accu juga bisa service dinamo2 & altenator, gue ganti dinamo amper di sana yg ex spore, yg asli mahal bgt bisa 1 jt keatas, gue aja pernah ganti accu di sana thn 2003 terus beli lagi thn 2007, 4thn jarang2 bisa mento segitu, biasa nya 2 thn udah ganti, sampe2 toko nya bingung kok awet bgt ya?? gue pake yg NS70(yg besar) merek GS now harga nya udah 700rb(sblm bbm naik), untung gue udah gue ganti pas harga nya masih 400rb, hiks2 nyesek....., semoga accu gue bisa awet 4thn lagi, he he
amieeenn

kuat juga lho kalo bisa bertahan 4 tahun terakhir sih aku ganti tahun 2006 awal tahun ini kemaren ganti lagi ( tuh kasus di mobil adek q amenity ) kalo mobil q sih mulai 2003 baru ganti bulan kemaren tuh sebenernya sih gpp tapi gara2 audio q yang ebjibun jadinya harus pake aki kering yang 75 ampere buseedd udah aki nya gede bener berat banget mahal pulaaaa huffff dasar audiooooo habis gini waktunya balas dendam mau tak protoliii huh ngabisin tabungan aja luu :oops: :twisted: :evil: :evil: :mrgreen:

Post Reply